Kamis, 18 Juli 2024

KEGIATAN PEMBIASAAN SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

KEGIATAN PEMBIASAAN SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu
 
Kegiatan pembiasaan hari ini Kamis (18/7) 2026, dimulai dengan Tadarus Alquran yang dipandu oleh IPM yaitu Nafis, Ababil dan Hakim. Pembacaan Alquran berlangsung khidmat dan diikuti dengan tertib oleh seluruh siswa SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Setelah tadarus Alquran selesai dilanjutkan dengan pengumuman yang diberikan oleh Waka Kesiswaan, terkait informasi kegiatan fortasi yang akan dilakukan pada hari ini dan kegiatan untuk kelas XI dan XII yaitu stor hafalan, menginformasikan tentang jadwal pelajaran dan pembersihan kelas. 

Setelah informasi disampaikan dilanjutkan oleh pak Sarwanto selaku ketua Dikdasmen untuk menyapa siswa SMA Muhammadiyah dan menginstruksikan kepada siswa untuk menuliskan saran dan masukkan kedepannya untuk kemajuan proses belajar mengajar di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja agar lebih baik kedepannya dan berkemajuan. Siswapun menuliskan saran dan masukkannya diselembar kertas dan diserahkan kepada Pak Sarwanto. Hal ini tentunya sangat berarti bagi sekolah sebagai bahan masukkan untuk lebih baik kedepannya dalam memfasilitasi siswa dalam proses pembelajaran.

Penulis : Bunga Mustika, M.Pd

Senin, 15 Juli 2024

SEMANGAT FORTASI DI TAHUN AJARAN BARU 2024-2025

SEMANGAT FORTASI DI TAHUN AJARAN BARU 2024-2025

EdPenaMu


Tidak terasa tahun ajaran baru 2024/2025 sudah di depan mata, seluruh siswa bersemangat untuk memulai kegiatan belajar di sekolah baik dari tingkat TK, SD, SMP, SMA/SMK. Seluruh siswa bergembira menyambut tahun ajaran baru ini terutama bagi siswa yang naik tingkat ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi serta siswa yang naik ke kelas berikutnya. 

Semarak fortasi ( Forum Ta’aruf Siswa) juga begitu terasa di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. SMA Muhammadiyah 2 Singaraja yang digawangi oleh IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan didampingi dewan guru mempersiapkan dengan baik dan maksimal masa Ta’aruf siswa ini sebagai ajang pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru. 
Kegiatan fortasi dimulai pada hari Senin 15 Juli 2024 dibuka secara serentak pada tingkat SMP dan SMA oleh Ketua Dikdasmen, Bapak Drs. Sarwanto, sekaligus penyematan kartu tanda peserta secara simbolis kepada siswa baru tingkat SMP dan SMA. 

Kegiatan fortasi berlangsung dari tanggal 15 Juli – 19 Juli 2024, dan diisi dengan berbagai kegiatan bermanfaat serta penyampaian materi fortasi mulai dari materi pengenalan visi misi sekolah, pengenalan wiyata mandala dan kurikulum, pengenalan lingkungan sekolah dan tata tertib sekolah, materi keislaman dan kemuhammadiyahan dan dilanjutkan dengan materi pelajar anti bullying, pencegahan pergaulan bebas dan kejahatan remaja, ke-IPMan. 
Kegiatan berlangsung padat dan tertib seluruh siswa baru mengikuti rangkaian agenda fortasi dengan baik dan disiplin. Materi-materi yang diberikan selama kegiatan fortasi ini diharapkan dapat dipahami dan dicerna dengan baik oleh seluruh peserta sehingga dalam kegiatan pembelajaran di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dapat berjalan sesuai dengan lancar dan disiplin sesuai dengan aturan yang berlaku, serta siswa dapat termotivasi dalam belajar dan mengembangkan diri sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki dan menjadi siswa yang berkemajuan dan berakhlak mulia.  

Senin, 01 Juli 2024

Merawat "Berkemajuan",  SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Merawat "Berkemajuan", SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu
Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu, hingga menyisakan beberapa hari lagi persiapan perhelatan pembelajaran Tahun Pelajaran 2024/2025 akan segara dimulai. 

Dengan tetap mengusung semangat Visi " Insan Berkemajuan dan Berakhlak Mulia ", kami mulai melakukan pembenahan-pembenahan guna menyambut perhelatan pembelajaran Tahun Pelajaran 2024/2025.

Ruang guru adalah ruang central dimana generator penggerak proses pembelajaran akan direncanakan, dirancang dan akhirnya dieksekusi kepada peserta didik. Ruang guru tidak hanya sebuah tempat penghilang lelah, penat atau sekedar tempat duduk sambil menunggu waktu akan mengajar atau tempat menyedot kopi setelah selesai mengajar.

Namun ruang guru adalah, berpusatnya semua ide dan pemikiran para guru akan nasib dan masa depan para peserta didik kedapan. 
Menjadi sangat penting ruang guru di poles, ditata dan dipersiapkan dengan sebaik dan senyaman mungkin sehingga para guru dan semua komponen pelaku pendidikan dapat mengkonsentrasikan dirinya dalam mempersiapkan proses pembelajaran. Sehingga dapat menghasilkan program dan kegiatan yang sejalan dengan Visi dan Misi sekolah.

Semoga dengan semangat "Insan Berkemajuan dan Berakhlak Mulia", SMA Muhammadiyah 2 Singaraja selalu menjadi ruang yang menyenangkan dan menginspirasi baik bagi para Pendidik maupun para peserta didik, sehingga tercapai kader-kader yang memiliki pemikiran terbuka, cerdas dan dibalut dengan adab dan akhlak yang mulia.