Selasa, 25 Juni 2024

WORKSHOP REVIEW KURIKULUM SMA MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA T.A 2024/2025


Pada hari selasa 25 Juni 2024 dilaksanakan workshop dan review kurikulum  di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2024/2025. Kegiatan review ini dihadiri oleh ketua dikdasmen Bapak Drs. Sarwanto, pembina SMA Bapak Andi Wadi, M.Pd dan Bapak I Gusti Nyoman Astika, S.Pd, M.Pd. selaku pengawas manajerial sekolah.

Kegiatan review kurikulum dimulai dari puku 08.00-12.00 Wita, diikuti dengan seksama oleh bapak ibu dewan guru dan pegawai SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 
Sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan review kurikulum oleh Bapak Sarwanto dimana beliau menyampaikan “semoga kegiatan hari ini bermanfaat dan mendapatkan tujuan sesuai apa yang ditargetkan serta selamat belajar untuk bapak ibu guru”

Setelah dibuka oleh Bapak Sarwanto kesempatan berikutnya langsung diserahkan kepada bapak Gusti selaku pengawas manajerial sekolah dan memandu bapak ibu guru dalam workshop review kurikulum. Bapak Gusti mejelaskan materi awal mengenai “implementasi kurikulum merdeka sebagai upaya pemulihan pembelajaran. 
Pak Gusti menjelaskan dengan detail mengenai kurikulum merdeka sehingga dewan guru dapat memahami dengan baik penjelasan yang disampaikan oleh beliau. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dimana penanya pertama yaitu pak Sarwanto terkait dengan perangkat modul ajar kurikulum merdeka dan penanya kedua yaitu pak Busyairi terkait dengan Kokulikuler, KKTP, tujuan dan capaian pembelajaran pada kurikulum merdeka. Diskusi dan tanya jawab berlanhsung dengan efektif dan kondusif. 
Sebelum memasuki acara selanjutnya yaitu diskusi dan telaah Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Kita menyelinginya dengan coffe break selama kurang lebih 10 menit. Tepat pukul 10.00 wita kita memasuki acara berikutnya yaitu “Diskusi dan telaah kurikulum operasional satuan Pendidikan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja” yang dipandu oleh ibu Latifah, S.Pd. dan didampingi oleh Pak Gusti. Curah pendapat dan diskusi mengenai KOSP berlangsung menarik, guru terlibat aktif dalam diskusi tersebut dan dibimbing oleh pak Gusti. Pak Gusti banyak memberikan masukan dan membimbing kami dalam proses review KOSP, banyak hal yang disampaikan dan didiskusikan bersama terkait KOSP dan rancangan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang untuk tahun ini mengalami sedikit perubahan karena pada tahun sebelumnya P5 hanya dilakukan dijenjang kelas X dan untuk tahun ini dilaksanakan didua jenjang yaitu kelas X dan XI, serta nanti akan dilakukan diskusi finalisasi mengenai tema yang akan diangkat serta waktu pelaksanaanya. 
Setelah kegiatan diskusi dan curah pendapat selesai dilaksakana maka ditutup dengan makan siang bersama antara guru, dikdasmen dan pengawas manajerial sekolah.

Penulis : Bunga Mustika

EdPenaMu

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar