Pembinaan Karakter melalui Upacara
Penulis : Lisaman Harefa
Pendidikan menjadi kunci utama dalam menghadapi degradasi moral. Di era digital saat ini indonesia banyak mengalami degradasi moral yang akan berdampak buruk untuk bangsa dan negara, karena bisa diartikan degradasi akan cenderung menuju pada kehancuran.
Menurut pendapat Daryanto (2013), degradasi identik dengan penyusutan atau kemerosotan derajat. Sedangkan moral menurut Widjaja (2016), menjelaskan bahwa moral adalah kepribadian baik dan buruk yang dimiliki oleh makhluk sosial. Dari pernyataan diatas bisa penulis simpulkan bahwa degradasi moral memiliki arti kepribadian baik yang dimiliki setiap manusia sangat rendah atau memiliki moral yang sangat rendah.
Hadirnya pendidikan menjadi salah satu penentu nasib Indonesia dimasa yang akan datang. Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mendidik karakter yang baik bagi generasi bangsa untuk saat ini, karakter yang baik menjadi kunci
utama untuk menggagalkan degradasi moral yang sudah berkembang biak di generasi Z.
Pendidikan karakter menjadi solusi untuk membentuk moral generasi Z di era di gital saat ini. Maka dari itu penulis memberikan 3 pendidikan karakter untuk mempersiapkan generasi Z menghadapi degradasi moral saat ini.
Pertama, keluarga. Keluarga menjadi dasar untuk mendidik anak agar memiliki moral yang baik, karena anak sejak dalam kandungan sudah dianggap sebagai keluarga dan anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan keluarga. Maka dari itu sangat penting keluarga untuk membentuk nilai-nilai moralitas kepada anak dimulai dari usia dini.
Kedua, lingkungan pendidikan. Bangku sekolah menjadi rumah kedua anak, pendidikan disekolah
memiliki tugas untuk membentuk karakter siswa menjadi lebih baik, pendidikan tidak seharusnya
menuntut siswanya untuk pintar akan tetapi pendidikan di sekolah menuntut siswanya agar memiliki karakter yang baik. Karena dalam undang-undang No. 23 tahun 2003 dijelaskan bahwa
pendidikan bermanfaat untuk membangun keahlian dan membentuk karakter beserta kebudayaan
bangsa yang berguna dalam bentuk untuk menceraskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pendidikan supaya menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Ketiga, Masyarakat. Lingkungan masyarakat merupakan lingkungan dalam skala yang sangat
besar dan setiap makhluk sosial tidak akan lepas dengan lingkungan masyarakat, pendidikan karakter yang didapat dari keluarga dan sekolah akan dibawa dan di implementasikan di lingkungan masyarakat, karena pendidikan karakter akan ditentukan oleh lingkungan dimana makhluk sosial itu sendiri. Lingkungan masayarakat yang positif secara tidak langsung membentuk pendidikan karakter bagi generasi Z saat ini.
Pendidikan karakter akan menentukan baik, buruknya generasi Z dimasa yang akan datang, dari pernyataan diatas maka penulis bisa simpulkan untuk mengatasi degradasi moral yang sudah banyak menghacurkan generasi Z saat ini yaitu dengan mengimplementasikan pendidikan karakter baik itu dari keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat, tiga hal ini yang akan menentukan kualitas Generasi Z di 2045, karena pada hakikatnya moral yang baik akan menjadi kunci kesuksesan.
Referensi
Khoirina, R., & Akhmad, F. (2014). Pendidikan karakter sebagai upaya mengatasi degradasi moral
remaja di era globalisasi. In Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan ( pp. 250-255).
0 comments:
Posting Komentar