Senin, 22 April 2024

" Pentingnya Supervisi Dalam Proses Pembelajaran ". Pengawas Managerial SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.


Pengawas Managerial Gusti Nyoman Astika, M.Pd

Setelah hampir selama 3 pekan berliburan paska Ramadhan, hari ini Senin (22/4) 2024 seluruh Civitas Akademika SMA Muhammadiyah 2 Singaraja kembali bergeliat. 

Diawali dengan pembiasaan berupa tadarus Al-Quran bersama dipagi hari di halaman sekolah, kegiatan dilanjutkan dengan acara Halal Bihalal bersama-sama seluruh siswa, para guru, pegawai dan ditambah para Mahasiswa Undiksha yang sedang melaksanakan Asistensi Mengajar di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Setelah kegiatan Halal Bihalal, kegiatan dilanjutkan berupa bersih-bersih di dalam kelas masing-masing dan di area halaman sekolah mengingat sudah cukup lama ditinggalkan.

Tepat pada pukul 10.00 waktu setempat, bapak Gusti Nyoman Astika, M.Pd selaku Pengawas Managerial sekolah hadir sebagai bentuk tanggung jawab rutin yang dilakukan setiap bulan sekali hadir dan memberikan pendampingan dan pembinaan kepada SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Kali ini pak Gusti, demikian biasa ia dipanggil, hadir untuk membicarakan dan mendiskusikan terkait dengan Kegiatan Supervisi yang harus Kepala Sekolah laksanakan sebagai bentuk pembinaan dan pendampingan Kepala Sekolah terhadap proses pembelajaran yang dilakukan para guru kepada peserta didik. 

Dalam obrolan yang dikemas seperti diskusi, pak Gusti banyak mengarahkan dan mengingatkan kami bahwa pelaksanaan Supervisi sangat penting dalam usaha evaluasi diri atas pelaksanaan proses pembelajaran dan kesiapan para guru dalam melengkapi diri mereka dengan berbagai perangkat pembelajaran yang dibutuhkan.
" tentu dalam proses Supervisi pembelajaran di kelas akan ada diskusi paska supervisi, mana yang kurang dan mana hal yang harus diperbaiki, ada proses pembinaan disana bukan membinasakan " ucapnya sambil tersenyum. 

Disamping membicarakan terkait supervisi, pak Gusti juga mendiskusikan dan mengingatkan pentingnya Komunitas Belajar atau " KomBel " SMA Muhammadiyah 2 Singaraja senantiasa bisa lebih banyak bergerak. 

" banyak hal yang bisa kita angkat dalam KomBel, misal mendiskusikan berbagai dinamika proses pembelajaran yang terjadi diantara para pendidik tentunya berbeda, nah...itu bisa kita jadikan materi dalam KomBel. " tuturnya.

Sebagai Pengawas Managerial pak Gusti sangat intens berbagi informasi terkait dengan info-info kepada SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan sangat rajin hadir setiap bulannya atau bahkan lebih hadir ke Sekolah guna memberikan pendampingan dan pembinaan.

EdPenaMu

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar