Minggu, 28 April 2024

Dunia Sastra Indonesia Berduka !

Dunia Sastra Indonesia Berduka !

EdPenaMu
Kabar duka dari dunia sastra Indonesia. Penyair terkemuka, Joko Pinurbo atau yang dikenal juga sebagai Jokpin meninggal dunia pada hari ini (27/4) di usia 61 tahun. Joko Pinurbo, penyair yang dikenal dengan karya-karya yang penuh dengan keindahan dan kedalaman makna, meninggalkan jejak yang tak terlupakan dalam sastra Indonesia. Diantara karya-karya yang fenomenal, salah satu puisi yang terkenal bejudul 'Celana'. 

Reaksi duka cita pun mengalir dari kalangan sastrawan, budayawan, dan para penggemar karya Joko Pinurbo. Mereka mengenang kehadiran beliau sebagai sosok yang telah memberikan kontribusi besar dalam memperkaya khazanah sastra Indonesia.
Adapun syair terakhir yang diunggah pada laman instagram @jokpin. jogja yang berbunyi, 

"Yang berduka

dalam tralala

akan bersuka

dalam trilili"

Secara sederhana, syair itu menggambarkan suka dan duka yang saling susul-menyusul. Bahwa, setiap kesusahan tidak ada yang abadi. Bahwa, setiap hujan ujungnya pelangi. Bahwa, setiap jiwa akan selalu menemukan kesenangan dikehidupannya. 
Jenazah Jokpin akan disemayamkan di rumah duka PUKY di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan akan dimakamkan di Kabupaten Sleman, DIY, pada Minggu (28/4).

Penulis : Nazila Munif Al Khatib
Peringati HKB Nasional 2024: SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Gelar Kegiatan Edukasi Bencana

Peringati HKB Nasional 2024: SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Gelar Kegiatan Edukasi Bencana

EdPenaMu
Singaraja, 26 April 2024 - Sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja menggelar kegiatan khusus dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) Nasional 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 26 April 2024, dipandu oleh Bapak Kepala Sekolah, Dewa Made Edy Suprayitno, S.Pd.

Dalam kegiatan ini, Bapak Edy Suprayitno menyampaikan teori mengenai kesiapsiagaan bencana kepada seluruh siswa. Materi yang disampaikan mencakup teori dasar kesiapsiagaan bencana, langkah-langkah yang harus diambil dalam situasi darurat, serta pentingnya memiliki pengetahuan tentang tindakan medis awal. Tak hanya itu, beliau juga memberikan praktek langsung tentang pembalutan luka kepada para siswa.
Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh seluruh siswa, yang diberikan kesempatan untuk mencoba praktek pembalutan luka secara langsung. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam menangani keadaan darurat, yang dapat berguna dalam situasi bencana.

Pada sesi terakhir kegiatan, dilaksanakan sesi foto bersama yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, staf, serta mahasiswa Asistensi Mengajar. Selain itu, untuk memperkuat pesan kesiapsiagaan, mereka juga membuat video dengan mengumandangkan slogan "Siap Untuk Selamat".

Dengan kegiatan ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya kesiapsiagaan bencana semakin meningkat di kalangan siswa dan masyarakat, sehingga dapat mengurangi risiko dan kerugian akibat bencana di masa depan.

Penulis : Ni Kadek Siwi Cipta Dewi

Sabtu, 27 April 2024

Proker KKN Mahasiswa Asistensi Mengajar: Jumat Sehat di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja

Proker KKN Mahasiswa Asistensi Mengajar: Jumat Sehat di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja

EdPenaMu

Suasana Senam Sehat Program Asistensi Mengajar

Singaraja, 26 April 2024, Mahasiswa program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Pendidikan Ganesha yang tergabung dalam program Asistensi Mengajar melaksanakan program kerja KKN kedua mereka, yaitu Jumat Sehat di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 26 April 2024, diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan mahasiswa Asistensi Mengajar. Sebelumnya, program kerja ini telah dibimbingkan dengan Dosen pembimbing dan juga telah disetujui oleh Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Kegiatan Jumat Sehat dimulai dengan kegiatan pembiasaan pagi berupa doa bersama, dilanjutkan dengan kegiatan senam bersama pada jam pagi. Terdapat dua jenis senam yang dilakukan. Pertama adalah senam Maumere yang dipandu oleh mahasiswa Asistensi Mengajar, dan kedua adalah senam Pramuka yang dipandu oleh kolaborasi antara mahasiswa Asistensi Mengajar dan perwakilan siswa. Kedua kegiatan senam ini diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh peserta.

Setelah selesai dengan kegiatan senam, mahasiswa Asistensi Mengajar menyampaikan program kerja KKN berikutnya, yaitu lomba kebersihan kelas. Lomba ini akan diikuti oleh siswa kelas X, XI, dan XII, dengan pemenang akan diumumkan pada 17 Mei 2024. Lomba kebersihan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan sekolah dan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan sejak dini.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Jumat Sehat berupa kegiatan senam ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi siswa dan lingkungan sekolah, serta mempererat hubungan antara mahasiswa Asistensi Mengajar dengan siswa dan guru di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Penulis : Ni Kadek Siwi Cipta Dewi (Mahasiswa Asistensi Mengajar Undiksha)

Jumat, 26 April 2024

FGM Buleleng Support MDMC Peringati HKB 2024 Serempak.

FGM Buleleng Support MDMC Peringati HKB 2024 Serempak.

EdPenaMu
Ananda SMP Muhammadiyah 2 Singaraja latihan membuat tandu darurat.

Dalam rangka menyemarakkan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2024 dan meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam, seluruh murid Muhammadiyah Buleleng mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA melaksanakan pelatihan singkat terkait kesiapsiagaan bencana  berupa pertolongan pertama dan sosialisasi bencana Jumat (26/4) 2024. 

Pelatihan tersebut ada yang berupa simulasi jika terjadi gempa, sosialisasi bencana terkait jenis dan karakter bencana maupun latihan penanganan korban luka dan pembuatan tandu. Semua kegiatan tersebut dilaksanakan serempak di halaman sekolah masing-masing di waktu yang sama 

Khusus kegiatan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana yang diselenggarakan oleh SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, diikuti dan disimak oleh seluruh Keluarga Besar sekolah dan juga dibersamai oleh para mahasiswa Undiksha yang sedang melaksanakan kegiatan Asistensi Mengajar selama 4 bulan di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Dan kegiatan yang diberikan adalah berupa sosialisasi jenis dan karakteristik bencana dan juga praktek singkat membalut luka yang terjadi di pelipis atau kepala.
Kegiatan HKB 2024 tahun ini cukup semarak dan semua sekolah di bawah Dikdasmen Buleleng dapat mengambil bagian dalam mendukung program pemerintah ini yang juga merupakan bagian dari program MDMC Buleleng. 

Dalam himbauannya melalui Chat WA group, Imaduddin Syamil selaku Ketua FGM Buleleng mengingatkan kepada seluruh Kepala Sekolah di bawah pembinaan Dikdasmen PDM Buleleng agar semua bisa mendukung dan memeriahkan peringatan HKB 2024.   

" Kita tidak akan pernah tau, kapan bencana alam seperti gempa bumi akan terjadi. Melatih mereka untuk siap siaga adalah suatu hal yang penting sekali. Agar meminimalkan korban jiwa, gangguan layanan, dan kerugian harta benda saat terjadinya bencana." Demikian ulasan Imad yang juga Kepala SMP Muhammadiyah 2 Singaraja ini memotivasi. 

‘Indonesia Tangguh, Indonesia Hebat’

----------------------------------------------------------
Pendaftaran Peserta Didik Baru Sekolah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Tahun Pelajaran 2024/2025 masih terbuka. Segera daftarkan putra putri Ayah Bunda di sekolah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Buleleng
----------------------------------------------------------
Sekolah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Buleleng 
Religius dan Berkemajuan 
TK • SD • SMP • SMA 
Telp: 
087864844842 (Bu Nisa)
081936322184 (Bu Farida)
087701342406 (Pak Imad)
 085737411410 (Pak Edy)

Kamis, 25 April 2024

Halalbihalal: Momen Keharmonisan Pasca Hari Raya Idul Fitri di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja

Halalbihalal: Momen Keharmonisan Pasca Hari Raya Idul Fitri di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja

EdPenaMu
Mahasiswa Undiksha Asistensi Mengajar 2024

Pada hari Senin, 22 April 2024, suasana bahagia dan rasa kebersamaan terasa begitu kental di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Tanggal tersebut merupakan hari pertama sekolah setelah hari libur lebaran selama dua minggu. Acara spesial yang dinanti-nantikan oleh seluruh siswa, guru, dan staf ini merupakan wujud dari kebersamaan dan keharmonisan dalam mempererat silaturahmi.

Acara dimulai dengan pembiasaan pagi berupa doa bersama yang dilaksanakan oleh seluruh siswa, guru, dan staf yang dipimpin oleh siswa IPM yang bertugas. Suasana hening dan khidmat tercipta saat doa-doa dipanjatkan untuk keselamatan dan keberkahan di hari pertama kembali ke sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di lapangan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Setelah doa bersama, dilanjutkan dengan arahan oleh Bapak Ahmad Ferdian, S.Pd selaku Waka Kesiswaan. Beliau memberikan motivasi dan arahan kepada seluruh siswa untuk bersikap lebih baik lagi dan selalu patuh pada peraturan sekolah.

Tak kalah penting, arahan juga diberikan oleh Bapak Dewa Made Edy Suprayitno selaku Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Beliau menyampaikan harapannya agar seluruh siswa, guru, dan staf dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan dalam menghadapi segala tantangan yang ada. Khusus untuk siswa kelas 12 yang akan segera menamatkan studinya di sekolah ini, harapannya adalah tetap dapat mematuhi aturan sekolah yang ada serta melakukan refleksi atas tiga tahun pembelajaran yang telah dilalui di SMA.
Suasana Halal Bihalal SMA Muhammadiyah 2 Singaraja
Acara puncak dari halalbihalal ini adalah kegiatan saling memaafkan dan mempererat silaturahmi antara seluruh siswa, guru, staf, serta mahasiswa Asistensi Mengajar. Momen ini menjadi waktu yang tepat untuk melupakan segala kesalahpahaman, serta menjalin kembali kebersamaan yang erat di antara warga sekolah.

Dengan adanya acara halalbihalal ini, diharapkan dapat terus terjaga keharmonisan dan kekompakan di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Semoga semangat kebersamaan yang tercipta dalam acara ini dapat terus menginspirasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan harmonis, baik pada hari ini maupun di masa yang akan datang.

Penulis : Ni Kadek Siwi Cipta Dewi

Rabu, 24 April 2024

Gelar Program Pembelajaran Khusus. Kelas XII  SMA Muhammadiyah 2 Singaraja diharap Sukses Kuliah Sukses Bekerja.

Gelar Program Pembelajaran Khusus. Kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Singaraja diharap Sukses Kuliah Sukses Bekerja.

EdPenaMu
Motivasi Kepala Sekolah kepada Siswa Kelas XII

Mengusung Visi sekolah " insan berkemajuan dan berakhlak mulia ", SMA Muhammadiyah 2 Singaraja mengawali giatnya paska liburan Lebaran khususnya bagi peserta didik kelas XII, dengan program Pembelajaran Khusus paska Ujian Sekolah dimulai dengan 2 kegiatan yaitu Pengayaan materi UTBK bagi siswa yang akan melanjutkan kuliah berupa pemberian materi yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. 

Sementara bagi siswa yang belum melanjutkan untuk kuliah diberikan pendampingan berupa materi-materi baik berupa materi motivasi maupun materi-materi yang berisi peluang-peluang bisnis online, serta materi berupa cara sederhana menyablon yang dilengkapi dengan prakteknya. 

Untuk materi teori pengayaan bahan-bahan UTBK dan materi motivasi diberikan mulai hari Selasa hingga Jumat, sedangkan materi praktek menyablon akan diberikan hari Sabtu dan Ahad (27-28/4) 2024.
Materi Pengayaan Mapel Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas XII.

Senada dengan Visi dan Misi Sekolah, dari tahun ke tahun program Pembelajaran Khusus ini terus dilakukan perubahan dan perbaikan sesuai dengan pengamatan dan evaluasi yang dilakukan setelah pelaksanaan program. 

Tahun ini dalam pelaksanaan program Pembelajaran Khusus, anak-anak kelas XII diberikan 2 macam kegiatan paskan Ujian Sekolah yaitu Kegiatan Teori dan Kegiatan Study Lapangan dengan langsung datang ke Dunia Usaha dan instansi Pemerintah.

Adapun tujuan dari dijalankannya program Pembelajaran Khusus ini adalah, guna memberikan pendampingan dan motivasi serta membuka wawasan dan pengetahuan mereka akan potensi-potensi serta peluang-peluang yang ada di masyarakat paska menamatkan sekolah di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Berharap anak-anak yang akan kuliah mampu melewati Test UTBK dan lulus, serta anak-anak yang belum ada kesempatan kuliah tahun ini mendapatkan sedikit ketrampilan khususnya menyablon dan tentunya diharapkan mendapatkan informasi peluang-peluang usaha yang mungkin bisa diambil dan ditekuni. 

Senin, 22 April 2024

" Selesaikan Amanah Sampai Tuntas " ! Halal Bihalal SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

" Selesaikan Amanah Sampai Tuntas " ! Halal Bihalal SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu
Senin (22/4) 2024 adalah hari pertama SMA Muhammadiyah 2 Singaraja memulai aktifitas pembelajaran setelah selama 2 pekan lebih menikmati liburan Lebaran paska Puasa Ramadhan 1445 H. 

Pada hari pertama masuk sekolah ini, proses pembelajaran efektif belum dilaksanakan, mengingat perlu diadakan pembersihan ruang kelas terlebih dahulu. Proses pembersihan dilakukan oleh masing-masing siswa di kelas mereka masing-masing.

Sebelum proses pembersihan dilaksanakan, seluruh civitas akademika SMA Muhammadiyah 2 Singaraja terlebih dahulu melaksanakan Halal Bihalal bersama di halaman sekolah. 

Dalam proses Halal Bihalal yang dilaksanakan dengan sangat sederhana dihalaman sekolah, seluruh anak-anak kelas X,XI dan XII, para dewan guru dan pegawai termasuk para Mahasiswa Undiksha yang sedang melaksanakan Asistensi Mengajar berbaris di halaman sekolah dengan tertib.

Kegiatan Halal Bihalal dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran secara bersama kemudian dilanjutkan dengan arahan dan nasehat dari Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Memulai sambutan singkatnya diacara Halal Bihalal, Kepala Sekolah menyampaikan selamat Idul Fitri dan tidak lupa menyampaikan permintaan maaf yang setulus-tulusnya kepada semua peserta Halal Bihalal serta berharap tahun depan bisa bertemu kembali bersama bulan Ramadhan kembali.
Ia menyampaikan bahwa " selama sebulan kita dilatih untuk menjadi diri yang pandai bersyukur dan sabar. Sabar untuk "tidak"  melakukan hal-hal yang dihalalkan oleh Allah seperti makan dan minum, tentu paska Ramadhan kita akan mampu menghindarkan diri dari hal-hal yang dilarang Allah. Kitapun dilatih untuk pandai bersyukur dan ikhlas dalam menjalani suasana Ramadhan yang semua orang pasti memiliki perbedaan." Tuturnya.

" nah paska Ramadhan kita harusnya pertahankan dan lanjutkan hal-hal baik yang kita lakukan di Bulan Ramadhan. Kita usahakan harus menjadi insan yang lebih baik sebagaimana visi sekolah kita menjadi "insan berkemajuan dan berakhlak mulia". Sambungnya.

Diakhir sambutannya, Edy Suprayitno mengajak semua peserta Halal Bihalal untuk tetap bersemangat dalam melaksanakan dan menyelesaikan amanah.
" khususnya kelas 12, kalian jangan merasa sudah selesai di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja ini lantaran sudah selesai mengahadapi Ujian Sekolah. Belum, kedepan kalian masih akan mengikuti beberapa kegiatan, seperti Pengayaan materi bagi yang akan menghadapi UTBK, materi pembekalan dan motivasi bagi yang belum akan kuliah dan semua wajib ikut disaat pemberian materi teknik penyablonan sederhana dari pak Andi guru SMK Negeri 1 Sukasada di hari Sabtu dan Ahad nanti." Imbuhnya.

" dan di bulan Mei kalian akan mengadakan kunjungan belajar ke beberapa tempat seperti, Raider, Secata, Undiksha, Toko Hakiky, Museum Buleleng, Pabrik Kopi Banyuatis dan lainnya." Pungkasnya menutup sambutan. 

Kegiatan Halal Bihalal akhirnya ditutup dengan saling bermaaf-maafan diantara para peserta. 
" Pentingnya Supervisi Dalam Proses Pembelajaran ". Pengawas Managerial SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

" Pentingnya Supervisi Dalam Proses Pembelajaran ". Pengawas Managerial SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu

Pengawas Managerial Gusti Nyoman Astika, M.Pd

Setelah hampir selama 3 pekan berliburan paska Ramadhan, hari ini Senin (22/4) 2024 seluruh Civitas Akademika SMA Muhammadiyah 2 Singaraja kembali bergeliat. 

Diawali dengan pembiasaan berupa tadarus Al-Quran bersama dipagi hari di halaman sekolah, kegiatan dilanjutkan dengan acara Halal Bihalal bersama-sama seluruh siswa, para guru, pegawai dan ditambah para Mahasiswa Undiksha yang sedang melaksanakan Asistensi Mengajar di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Setelah kegiatan Halal Bihalal, kegiatan dilanjutkan berupa bersih-bersih di dalam kelas masing-masing dan di area halaman sekolah mengingat sudah cukup lama ditinggalkan.

Tepat pada pukul 10.00 waktu setempat, bapak Gusti Nyoman Astika, M.Pd selaku Pengawas Managerial sekolah hadir sebagai bentuk tanggung jawab rutin yang dilakukan setiap bulan sekali hadir dan memberikan pendampingan dan pembinaan kepada SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Kali ini pak Gusti, demikian biasa ia dipanggil, hadir untuk membicarakan dan mendiskusikan terkait dengan Kegiatan Supervisi yang harus Kepala Sekolah laksanakan sebagai bentuk pembinaan dan pendampingan Kepala Sekolah terhadap proses pembelajaran yang dilakukan para guru kepada peserta didik. 

Dalam obrolan yang dikemas seperti diskusi, pak Gusti banyak mengarahkan dan mengingatkan kami bahwa pelaksanaan Supervisi sangat penting dalam usaha evaluasi diri atas pelaksanaan proses pembelajaran dan kesiapan para guru dalam melengkapi diri mereka dengan berbagai perangkat pembelajaran yang dibutuhkan.
" tentu dalam proses Supervisi pembelajaran di kelas akan ada diskusi paska supervisi, mana yang kurang dan mana hal yang harus diperbaiki, ada proses pembinaan disana bukan membinasakan " ucapnya sambil tersenyum. 

Disamping membicarakan terkait supervisi, pak Gusti juga mendiskusikan dan mengingatkan pentingnya Komunitas Belajar atau " KomBel " SMA Muhammadiyah 2 Singaraja senantiasa bisa lebih banyak bergerak. 

" banyak hal yang bisa kita angkat dalam KomBel, misal mendiskusikan berbagai dinamika proses pembelajaran yang terjadi diantara para pendidik tentunya berbeda, nah...itu bisa kita jadikan materi dalam KomBel. " tuturnya.

Sebagai Pengawas Managerial pak Gusti sangat intens berbagi informasi terkait dengan info-info kepada SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan sangat rajin hadir setiap bulannya atau bahkan lebih hadir ke Sekolah guna memberikan pendampingan dan pembinaan.