Kamis, 28 Maret 2024

Puasa Adalah Tameng dan Kontrol Atas Hawa Nafsu Setan.

EDISI KHUSUS RAMADHAN


Puasa ke 18 dan malam ke 19 hari ini Kamis (28/3) 2024 kembali Singaraja khususnya di komplek Masjid Al-Manar kembali diguyur hujan yang agak sedang hingga memasuki waktu shalat Ishak dan Taraweh berjamaah.

Terlihat jelas formasi jamaah tidak lagi seramai diawal puasa bulan Ramadhan tahun ini, sedikit maju dan " berkemajuan " namun semangat dan hiruk pikuk anak-anak sama sekali tidak atau belum terkalahkan oleh waktu. 

Sedikit informasi giat pembelajaran para peserta didik yang berada di komplek Masjid Al-Manar pun, seperti SD, SMP dan SMA Muhammadiyah walaupun puasa sudah memasuki nyaris dipenghujung 10 hari terakhir, pelaksanaan proses belajar mengajar tidak kendor dan berkurang sedikitpun. 
Kondisi ini terjadi karena semua umat Islam termasuk keluarga besar Pendidikan Muhammadiyah menyadari bahwa Ibadah Puasa adalah ibadah yang sangat penting dan rahasia yang hanya Allah yang mengetahui dan Allah langsung yang akan mengganjar pahalanya.

Sebagaimana Kuliah Tujuh Menit yang disampaikan oleh Ananda Dhafrian Ababil selaku Ketua Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja malam ini.

" para jamaah shalat Ishak dan Taraweh yang dirahmati Allah, Ibadah puasa adalah Ibadah yang sangat rahasia yang hanya diketahui oleh yang sedang berpuasa dengan Tuhannya atau ibadah yang merupakan interkasi manusia hanya bersama Allah " tutur siswa kelas XI IPA ini.

Selanjutnya Ababil demikian sebutan akrab siswa yang bercita-cita menjadi Polisi ini menambahkan " manfaat dari kita berpuasa adalah salah satunya dalam rangka menaklukan setan dengan cara mengntrol hawa nafsu kita, karena setan cenderung berada dibalik hawa nafsu manusia." Imbuhnya.

Dipenghujung Kultumnya Ababil mendoakan kita semua semoga puasa tahun ini menjadi puasa terbaik  dibandingkan dengan puasa-puasa tahun sebelumnya." Pungkasnya.

EdPenaMu

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar