Minggu, 31 Maret 2024

Bhakti Sosial, Program Kerja Pertama Mahasiswa Asistensi Mengajar di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja

Di tengah padatnya kegiatan akademik, mahasiswa Program Asistensi Mengajar dari kampus Undiksha, Singaraja, berdedikasi dalam menyumbangkan waktu dan tenaganya untuk kegiatan sosial di lingkungan sekolah. 

Kegiatan sosial ini sebagai bentuk dedikasi lebih dalam dari mahasiswa untuk melaksanakan Program Asistensi Mengajar. Salah satu kegiatan yang baru-baru ini dilaksanakan yaitu pembersihan ruang serbaguna di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Meskipun dilaksanakan di hari weekend, Sabtu (30/3/2024) tidak menyurutkan semangat dan antusiasme mahasiswa.

Kegiatan ini merupakan program kerja pertama yang dijalankan oleh mahasiswa pelaksana asistensi mengajar setelah melakukan tahap observasi pada PLP 1 yang telah disetujui oleh Bapak Edy Suprayitno selaku kepala sekolah. Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi siswa dan juga guru. 

Ruang serbaguna ini dilengkapi dengan perpustakaan yang di desain minimalis, ruang tamu yang nyaman, mini studio Podcast serta ruang guru sebagai pusat koordinasi dan persiapan mengajar. 

Pelaksanaan program ini dilaksanakan dengan cara membetuk beberapa tim untuk memaksimalkan efisiensi pembersihan. Mulai dari membersihkan rak buku, merapikan buku, dan juga membersihkan lantai dilakukan dengan penuh semangat.

Selain memberikan dampak positif bagi lingkungan sekolah, kegiatan ini juga memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa pelaksana. Mereka belajar tentang kerja tim, koordinasi antar mahasiswa pelaksana, dan belajar bertanggung jawab. 

Program kerja pertama ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara perguruan tinggi dengan sekolah. Dengan saling membantu dan bekerja sama, kedua lembaga pendidikan ini semakin erat dalam membangun jaringan kerja sama yang positif dan berkelanjutan.

Dengan demikian, kegiatan ini memiliki manfaat dan dampak positif yang besar bagi lingkungan sekolah, mahasiswa, dan perguruan tinggi.

Penulis : Ni Kadek Siwi Cipta Dewi

EdPenaMu

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar