Minggu, 18 Februari 2024

*Memaknai Arti Sebuah Tanggung jawab.* *(Didedikasikan untuk kader IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja)*

Tak ada kemewahan dan kebanggaan yang patut kita banggakan dan syukuri pada diri kita kecuali adanya rasa tanggung jawab di hati kita.

Tanggung jawab adalah kemewahan moral yang tidak dimiliki oleh semua orang apapun dasar pendidikannya. Tanggung jawab bukanlah milik mereka yang memiliki title atau status pendidikan yang tinggi. Pun, tanggung jawab juga bukan melulu milik mereka yang memiliki kekayaan dan status sosial yang tinggi.

Memaknai kata tanggung jawab secara terminologi bahasa menurut KBBI, " Tanggung jawab adalah keadaan untuk wajib menanggung segala sesuatunya. Saat seseorang sadar akan kewajiban untuk menanggung segala akibat dari sesuatu yang telah diperbuatnya dan melakukan hal tersebut, maka ia disebut bertanggung jawab."

Dari pemahaman makna tanggung jawab diatas, jelas bahwa tanggung jawab adalah hanya milik mereka yang *sadar dan mau menyadari akibat dan kewajiban* yang melekat dari apapun yang telah kita lakukan sebelumnya. 

Tanggung jawab adalah imbas dari kesadaran yang ada pada diri kita atas apapun yang sudah kita lakukan. Kita sadar resiko dan konsekwensi dari jabatan yang kita emban, kita sadar imbas dari kerja yang kita ambil. Dan ketika kita sadar atas resiko dan konsekwensi atas apa yang kita telah lakukan, maka kita akan disebut bertanggung jawab. Namun sebaliknya, disaat kita telah melakukan apapun dan kita tidak sadar resiko atau konsekwensi  yang mengikuti atas aktifitas kita, disaat itu kita disebut tidak bertanggung jawab.

Sebuah contoh sederhana dalam kehidupan kita sehari-hari selaku pendidik maupun siswa. Dalam sebuah kegiatan, alhamdulillah kita semua sudah berhasil menyelesaikan sebuah kegiatan dan sekaligus kita sebagai panitianya. Namun, karena kegiatan sudah berakhir semua panitia atau peserta pulang dan tidak sadar belum membereskan tempat yang dipakai dalam keadaan berantakan atau tidak sama kondisinya seperti disaat belum dipakai. Kenapa hal ini bisa terjadi?, karena masing-masing kita tidak sadar dan tidak menyadari bahwa tugas kita tidak hanya menyelesaikan kegiatan tapi juga menyelesaikan semua imbas atau resiko lain dari suatu kegiatan yang kita lakukan. 

Yuk kita bisa, memberi nilai tinggi kepada diri kita masing-masing dengan menjaga amanah dan sadar atas tanggung jawab yang menyertainya. 

EdPenaMu

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar