Selasa, 19 Desember 2023

Menumbuhkan Rasa Empati Pada Siswa, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Ajak Kemah Di Bedugul.

Menutup Penilaian Akhir Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja mengadakan Perkemahan Perdana di Akhir semester ganjil bersama seluruh siswa, para guru, pegawai dan Dikdasmen PDM Buleleng yang diwakili oleh bapak Alif Alfi Syahrin  M.Pd., selaku Pembina SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan juga sempat dikunjungi oleh bapak Dody Irianto selaku wakil ketua PDM Buleleng, selama 2 malam 3 hari di Straberry Camp Baturiti, Bedugul Tabanan.

Diikuti oleh sebanyak 70 orang siswa dan 14 orang guru dan pegawai, Perkemahan ini adalah kegiatan perkemahan pertama kali yang dilakukan oleh SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan mengambil lokasi di daerah wisata Straberry Camp Tabanan. Pada saat membuka di malam pertama pelaksanaan perkemahan, Edy Suprayitno selaku Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja mengajak kepada seluruh siswa untuk dapat mengambil hikmah dari kegiatan yang diadakan ini. 

" apa hikmah yang harus kita ambil dari kegiatan ini anak-anak? Ya, kita mencoba empati dengan saudara-saudara kita di Palestin atau yang saat ini sedang kesusahan, yang harus kehilangan rumah susah makan dan minum. Nah disini paling tidak kita ikut sedikit merasakan bagaimana tidur di tenda dan makan dijatah." Tuturnya.
Dikarenakan kondisi cuaca yang agak didominasi oleh rintik hujan, kegiatan yang telah dipersiapkan sejak awal, baru bisa direalisasikan esok pagi dengan diawali kegiatan jelajah alam berjalan kaki dari camp menuju Masjid Al Hidayah yang berjarak kurang kebih 500 mter. Dan disepanjang jalan peserta diwajibkan mewawancarai beberapa pedagang kaki lima dengan bermaksud untuk mengetahui penghasilan dan kehidupan mereka sehari-hari. 

" tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak-anak mendapatkan pembanding kehidupan masyarakat dengan kehidupan mereka dengan maksud memunculkan rasa syukur mereka." Ucap Ferdian selaku Koordinator lapangan kegiatan ini.

Pada malam kedua yang diisi dengan Pentas Seni atau PENSI dari masing-masing kelompok, Alif Alfi Syahrin  M.Pd., mewakili Ketua Dikdasmen disaat membuka Malam Pentas Seni tersebut, mengajak seluruh anak-anak untuk rajin belajar dan dapat mengambil hikmah dari kegiatan perkemahan yang diselenggarakan ini. " dan mulai sekarang pastikan kalian akan bersungguh-sungguh dalam belajar untuk mencapai cita-cita yang kalian telah inginkan." Imbuh dosen Sosiologi Undhiksa ini. 

Sebagai informasi tambahan, sehari sebelum pelaksanaan perkemahan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja mengundang seluruh orang tua atau wali siswa dalam acara silaturahmi sebelum pembagian rapot dilaksanakan. 

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah senantiasa mengingatkan dan mengajak seluruh orang tua siswa yang sempat hadir untuk senantiasa dapat meluangkan waktu untuk ikut memperhatikan perkembangan pendidikan putra atau putrinya. 

" Karena masalah pendidikan anak-anak tidak selesai dan tidak berhasil jika hanya diserahkan semata-mata kepada sekolah," pungkasnya.

EdPenaMu

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar