Sabtu, 14 Oktober 2023

Musim Lomba


Ada siswa pilihan di kami, semangatnya pun luar biasa. Terjaga konsistennya, apalagi kalau di tawari lomba, berapi-api ingin mengikuti. 

Dulu ada dian & alya. Dian sudah lulus menjadi alumni smamudaraja. Mereka lumayan, menjadikan harum nama sekolah di daftar prestasi siswa, meski tidak juara pertama, namun pengalaman berharga bisa berpartisipasi di ajang turnamen catur tingkat se-Bali. Pertama kali di saat itu. 

Saat ini lagi panas-panasnya musim, gencar pula tawaran lomba menghampiri, kita pun makin menjadi-jadi untuk ikut. Kedua kali momen lomba catur untuk tahun ini kita turut serta. Tak hanya itu, di sekelas kampus Undhiksa, menawarkan beragam lomba yang tiap fakultas mengadakan. 

Lomba catur, lomba debat, lomba essay. 3 kompetisi ini, kita coba masing-masing siswa bisa mewakili, syukur mereka antusias, tak ada yang dipaksa, mereka minat dengan sendirinya. 

Alya yang saat ini berada di kelas XII IPS masih menjadi andalan siswa kami untuk diikut sertakan di lomba catur, ditemani pula dengan faiz sebagai pemain putra. Keduanya memiliki gaya permainan berbeda. 

Sebagai guru matematika, saya gemar melihat style main catur, adu pikir, adu rasa, serta strategi di dalam papan catur, meski saya belum pernah sama sekali tanding dengan mereka. Lebih sering guru-guru lain, seperti pak ferdi, pak anshar, pak dayat, beliau ini pelatih alami yang membersamai alya dan faiz saat bermain. 


Sementara tiga serangkai, diantaranya nabil, fatimah, dan yuni, ikut di ajang lomba debat. Sebagai pembimbing Ibu Ila Guru Mapel Bahasa Indonesia yang sekaligus mendampingi Shinta di lomba essay. Di lomba debat, Cocok mereka, sama-sama kelas XII, nabil didampingi 2 selir, yang keduanya cerdas, sebagai pelengkap nabil yang memang dia lihai bicaranya. Saya senang dengan profil si Nabil, dia ceriwis ngomongnya, namun logis, dan sesekali senang mengeluarkan wacana kekinian jika di kelas sedang saya berikan kesempatan bebas belajar. 

Berlomba-lombalah untuk mendapatkan yang terbaik anak-anak, dapat membanggakan diri, orang tua, serta nama baik sekolah pastinya, Aamiin.

By ; Ahmad Fajarisma

fajar007.blogspot.com

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar