Senin, 30 Oktober 2023

KREATIFITAS PENDIDIK MUHAMMADIYAH SINGARAJA.

KREATIFITAS PENDIDIK MUHAMMADIYAH SINGARAJA.

EdPenaMu
Sekolah Muhammadiyah sebagai tempat pendidikan karakter keislaman (akhlak mulia, keikhlasan, kepedulian, kerjasama) sudah sejak lama diimplementasikan/ dilaksanakan oleh para pendidik sekolah muhammadiyah singaraja.

Adanya gerakan amal jariyah pagi, jariyah tenaga (kebersihan lingkungan), it’s market day (kewirausahaan) dan lain sebagainya bagi siswa ditingkat SMP, kemudian gerakan kebersihan kelas, kotak infaq, membuat dan mempresentasikan produk  bagi siswa SD.  

Sedangkan  ditingkat SMA ada kegiatan infaq jum at, podcast (untuk ketrampilan berbahasa), 
PKDTM yang dilaksanakan setiap tahun oleh PR IPM, (melatih kerjasama,kepemimpinan, merencanakan/ pembuatan proposal, melaksanakan kegiatan, berkomunikasi), itulah kreatifitas dan kecerdasan para pendidik dalam memilih kegiatan kegiatan  yang sesuai usia/ jenjang sekolah.

Sekolah Muhamadiyah sebagai fungsi pengkaderan juga membanggakan,  mengingat alumni-alumni sekolah ada beberapa yang masih berkiprah di organisasi kemuhammadiyahan dan aktif berkomunikasi dengan kader kader dibawahnya.

Semoga kedepannya muncul kreatifitas-kreatifitas baru baik dibidang akademis, ketrampilan maupun kreatifitas professional sebagai seorang pendidik.

Penulis : Drs. Sarwanto Ketua Dikdasmen PDM Buleleng.

Rabu, 25 Oktober 2023

Gelar Bulan Bahasa! Angkat Tema " Literasi Dalam Kebhinekaan Untuk Kemajuan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan Bangsa ".

Gelar Bulan Bahasa! Angkat Tema " Literasi Dalam Kebhinekaan Untuk Kemajuan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan Bangsa ".

EdPenaMu

Menyambut dan memeriahkan Bulan Bahasa 2023, hari ini Kamis (26/10) SMA Muhammadiyah 2 Singaraja menggelar acara pembukaan Pagelaran Bulan Bahasa 2023 dengan mengambil tema " Literasi Dalam Kebhinekaan Untuk Kemajuan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan Bangsa ".

Perhelatan pagelaran Bulan Bahasa yang akan diadakan selama 2 hari yang dimulai hari ini hingga esok siang menjelang Jumatan dihadiri oleh seluruh siswa-siswi, dewan guru dan pegawai serta pembina SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Dalam memberikan laporan selaku Ketua Panitia pelaksana pagelaran Bulan Bahasa, Ahmad Ferdian melaporkan pagelaran Bulan Bahasa tahun ini akan diadakan selama 2 hari dan diisi dengan berbagai kesenian dan budaya, seperti pembacaan puisi, story telling, karaoke, tari saman, theatre/drama dan berbagai pagelaran lainnya seperti akustik dan stand up komedi.

Diwaktu yang berbeda, disaat memberikan sambutan, Edy Suprayitno selaku Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja membacakan sebuah puisi karyanya sendiri yang berjudul "Belajar Bersama Waktu" yang memiliki pesan bahwa belajar telah dimulai sejak lahir hingga mati. Dan pandai-pandai mengambil hikmah dalam proses kehidupan sehingga semua memberikan makna.

" Poleslah waktumu dan marakkan dengan belajar. Karena waktu tanpa belajar bagai patung yang hanya dijajar.
Warnailah waktu hidupmu dengan kalimah (belajar). Karena hidup tanpa kalimah bagai buku tanpa hikmah karena tidak pernah dijamah." demikian sebagian isi puisi yang dibacanya.

Sementara Sarwanto selaku Ketua Dikdasmen PDM Buleleng disaat memberikan sambutan dan sekaligus membuka , menyampaikan pesan kepada pesereta didik dan seluruh hadirin yang hadir agar senantiasa berliterasi dalam proses belajar dan mengajar.

" sesuai dengan tema, Literasi Dalam Kebhinekaan Untuk Kemajuan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan Bangsa, maka kita harus mau terus berliterasi atau juga disebut kemelekan yang artinya membuka diri untuk terus mengisi diri demi kemajuan Sekolah dan Bangsa." Ungkapnya.

Setelah pembukaan usai penampilan perdana ditampilkan pembacaan puisi oleh siswa kelas XII dan selanjutnya pembacaan story telling dan lainnya.

Pagelaran Bulan Bahasa SMA Muhammadiyah 2 Singaraja selanjutnya akan dilanjutkan esok hari dengan menampilkan Tarian Saman dari seluruh siswi gabungan kelas X, XI dan XII, Theater dari siswa dan siswi gabungan kelas juga dan tampilan akustik serta dimeriahkan dengan karaoke oleh siswa dan beberapa guru. 

Selasa, 17 Oktober 2023

Mengintip Persiapan Para Siswi Menyambut Bulan Bahasa 2023.

Mengintip Persiapan Para Siswi Menyambut Bulan Bahasa 2023.

EdPenaMu
Menyambut pelaksanaan Bulan Bahasa yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 - 27 Oktober pekan depan, anak-anak putri gabungan kelas X, XI dan XII SMA Muhammadiyah 2 Singaraja jauh-jauh hari telah melakukan persiapan berupa latihan tari yang dipandu oleh Ibu Bunga pengampu Mapel Seni Budaya dan Ibu Illa pengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 

Dalam rangka memeriahkan Bulan Bahasa tahun ini SMA Muhammadiyah 2 Singaraja akan menggelar Panggung Literasi Seni dan Budaya yang akan menampilkan beberapa kesenian seperti pembacaan puisi, bernyanyi, menari, teater dan beberapa seni lainnya.

Khusus untuk seni menari yang akan ditampilkan adalah tarian Aceh yang akan dipersembahkan oleh seluruh siswi putri yang telah dipilih sebelumnya. Melalui garapan ibu Illa yang diampingi oleh ibu Bunga, anak-anak telah melakukan beberapa kali latihan sejak awal bulan September sampai saat ini.

Sedikit mengetahui sejarah asal muasal Bulan Bahasa, karena bulan Oktober terdapat peristiwa penting, yakni Sumpah Pemuda. Saat itu, para pemuda mengakui bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang mengikat keberagaman bangsa Indonesia sebagai bangsa yang satu.



Minggu, 15 Oktober 2023

Silaturahmi Menembus Batas ! SMP Muhammadiyah 1 Denpasar Datang Membawa Program.

Silaturahmi Menembus Batas ! SMP Muhammadiyah 1 Denpasar Datang Membawa Program.

EdPenaMu
Sore kurang lebih pukul 16.30 di hari Ahad (15/10) mentari diseputaran Singaraja masih cukup terik pun dilingkungan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

HP saya berdering, dan terdengar suara dari seberang sana yang mengatakan bahwa rombongan dari Denpasar sudah memasuki jalan camar depan asrama tentara. Saya langsung jawab "siap langsung masuk saja ke halaman sekolah, saya sudah tunggu di kantor." 

Rombongan kawan-kawan guru dari SMP Muhammadiyah 1 Denpasar yang di komandoi oleh bapak Afdilah yang menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan sekaligus sebagai pengampu Mata Pelajaran Kimia, memasuki halaman sekolah dengan pasukan sebanyak 5 orang.
" jadi tujuan kami datang ke Singaraja ini adalah yang pertama bersilaturahmi dan kedua ingin membicarakan rencana kegiatan outbound yang rencananya akan kami laksanakan di Singaraja khusus bagi ananda-ananda kita kelas IX SMP bulan Desember nanti." Ungkap Afdillah yang juga menjadi Sekretaris Majelis Kader PWM Bali.

Saya selaku Kepala Sekolah tentu sangat mendukung rencana yang akan diadakan nanti dan pastinya harus ada persetujuan dan sepengetahuan Majelis Dikdasmen PDM Buleleng. 

Pada kesempatan silaturahmi dan survey kegiatan ini, pak Ali Susanto selaku Ketua PDM Buleleng pun hadir dan memberikan respon yang sangat positif dan berharap kegiatan ini bisa benar-benar terlaksana.

" wah bagus ini mas afdillah, paling tidak ini tour pertama sekolah Muhammadiyah yang berlokasi di Kota Denpasar melakukan outbound atau tour ke daerah. Supaya anak-anak kita di Kota biar tahu bahwa ada saudara-saudaranya yang sama di daerah, khususnya di Singaraja ini." paparnya disaat ngobrol asik ditengah-tengah pertemuan.
Sore semakin menuju petang, setelah perbincangan sudah dirasa cukup akhirnya kawan-kawan berpamitan untuk melanjutkan survey ke Krisna Land. 

Sabtu, 14 Oktober 2023

Musim Lomba

Musim Lomba

fajar007.blogspot.com

Ada siswa pilihan di kami, semangatnya pun luar biasa. Terjaga konsistennya, apalagi kalau di tawari lomba, berapi-api ingin mengikuti. 

Dulu ada dian & alya. Dian sudah lulus menjadi alumni smamudaraja. Mereka lumayan, menjadikan harum nama sekolah di daftar prestasi siswa, meski tidak juara pertama, namun pengalaman berharga bisa berpartisipasi di ajang turnamen catur tingkat se-Bali. Pertama kali di saat itu. 

Saat ini lagi panas-panasnya musim, gencar pula tawaran lomba menghampiri, kita pun makin menjadi-jadi untuk ikut. Kedua kali momen lomba catur untuk tahun ini kita turut serta. Tak hanya itu, di sekelas kampus Undhiksa, menawarkan beragam lomba yang tiap fakultas mengadakan. 

Lomba catur, lomba debat, lomba essay. 3 kompetisi ini, kita coba masing-masing siswa bisa mewakili, syukur mereka antusias, tak ada yang dipaksa, mereka minat dengan sendirinya. 

Alya yang saat ini berada di kelas XII IPS masih menjadi andalan siswa kami untuk diikut sertakan di lomba catur, ditemani pula dengan faiz sebagai pemain putra. Keduanya memiliki gaya permainan berbeda. 

Sebagai guru matematika, saya gemar melihat style main catur, adu pikir, adu rasa, serta strategi di dalam papan catur, meski saya belum pernah sama sekali tanding dengan mereka. Lebih sering guru-guru lain, seperti pak ferdi, pak anshar, pak dayat, beliau ini pelatih alami yang membersamai alya dan faiz saat bermain. 


Sementara tiga serangkai, diantaranya nabil, fatimah, dan yuni, ikut di ajang lomba debat. Sebagai pembimbing Ibu Ila Guru Mapel Bahasa Indonesia yang sekaligus mendampingi Shinta di lomba essay. Di lomba debat, Cocok mereka, sama-sama kelas XII, nabil didampingi 2 selir, yang keduanya cerdas, sebagai pelengkap nabil yang memang dia lihai bicaranya. Saya senang dengan profil si Nabil, dia ceriwis ngomongnya, namun logis, dan sesekali senang mengeluarkan wacana kekinian jika di kelas sedang saya berikan kesempatan bebas belajar. 

Berlomba-lombalah untuk mendapatkan yang terbaik anak-anak, dapat membanggakan diri, orang tua, serta nama baik sekolah pastinya, Aamiin.

By ; Ahmad Fajarisma
SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Dalam Aksi di Undhiksa.

SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Dalam Aksi di Undhiksa.

EdPenaMu

Ahad (15/10) 2023, dua orang siswa SMA Muhammadiyah 2 Singaraja yaitu Faiz aqilansyah dan Alliya sabila izzatii yang merupakan siswa dan siswi kelas XII IPA dan IPS mengikuti perlombaan catur yang dihelat oleh UNDHIKSA dalam rangka memeriahkan ulang tahun jurusan Fisika dan Pengajaran IPA. 

Setelah melakukan beberapa persiapan dan latihan yang cukup dengan cara berlatih tanding dengan beberapa teman dan guru, kedua atlet perlombaan catur SMA Muhammadiyah 2 Singaraja sudah merasa siap bertanding dengan segala persiapan yang telalah dilaksanakannya. 
Pertandingan catur kali ini memakai sistem cepat 10 menit dengan 7 babak dan pemenang akan ditentukan dari perolehan point terbanyak.

Didampingi oleh wakil kepala sekolah bidang kesiswaan bapak Ahmad Ferdian, Faiz dan Yayak demikian kedua siswa dan siswi ini biasa dipanggil sejak pagi tadi sudah berada di auditorium Undhiksa guna mengikuti lomba catur yang diikuti oleh peserta sebanyak 71 orang dari SMA, MA dan SMK se-Bali. 

Dua hari sebelumnya tepatnya Jumat ( 13/10) 3 orang siswa SMA Muhammadiyah 2 Singaraja juga telah mengikuti lomba debat yaitu Fatimah Azzahra, Nabil Khairul Ulum, dan Yuni Safitri, Bapak. Perlombaan debat ini diadakan oleh Fakultas Bahasa dan Seni Undhiksa Singaraja yang dimemas dalam acara Ajang Kreativitas Mahasiswa (AKM).


Jumat, 13 Oktober 2023

Evaluasi Bulanan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Evaluasi Bulanan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu
Sore hari ini Jumat (13/10) 2023, setelah melaksanakan shalat Jumat para Dewan Guru dan pegawai kembali melakukan Rapat Evaluasi bulanan yang telah menjadi acara rutin diawal bulan setiap bulannya. 

Diikuti oleh seluruh dewan guru dan pegawai SMA Muhammadiyah 2 Singaraja,  Rapat Evaluasi yang hari ini tumben diselenggarakan setelah jumatan yang biasanya diadakan pada pagi hari dipukul 10.00 hingga menjelang pelaksanaan shalat jumat.

Diawali dengan makan siang bersama yang memang sudah menjadi kegiatan rutin bagi keluarga besar SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, mengingat proses belajar mengajar dilaksanakan dengan cara full day. Rapat evaluasi bulanan ini dibuka oleh bapak Ferdian selaku moderator yang sehari-harinya sebagai pengajar Kimia. 

Didahului penyampaian evaluasi pelaksanaan PBM dengan segala proses pendukung-pendukungnya, bapak Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja menekankan beberapa point terkait dengan pelayanan dan karakter peserta didik yang harus dengan lebih serius diperhatikan. Dilanjutkan dengan mengevaluasi beberapa perbaikan dan pembenahan yang berhubungan dengan program-program yang selama ini sudah berjalan, seperti pembenahan web site, podcast, ruang BP dan lain lainnya. 

Selain evaluasi bulanan, rapat bulanan kali ini juga mengangkat beberapa agenda yang dibahas antara lain Persiapan PAS Ganjil yang akan diadakan akhir November, menetapkan pembagian raport tengah semester dan juga membahas rencana Kemah akhir tahun yang akan diadakan pada bulan Desember paska pembagian raport. 



Rabu, 11 Oktober 2023

Kunjungan Dikdasmen Orde Baru: Transformasi Pendidikan  di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja

Kunjungan Dikdasmen Orde Baru: Transformasi Pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja

fajar007.blogspot.com

Rabu, 11 Oktober 2023, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja kedatangan Tim Dikdasmen. Rombongan Tim Dikdasmen disambut hangat oleh Kepala Sekolah, Wakil-wakil kepala sekolah, dan Tim pengajar di ruang Guru, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Kunjungan kali ini merupakan kunjungan pertama setelah serah terima jabatan baru ketua dikdasmen. 

Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Singaraja melakukan kunjungan dan beraudiensi dengan Kepala sekolah, Wakil- wakil Kepala Sekolah, dan Tim Pengajar.

Kunjungan berlangsung kurang lebih 4 jam dimulai dengan pembukaan dan lantunan ayat suci al Quran oleh Pak Ahmad Fajarisma yang merupakan guru pengampu mata pelajaran Matematika, sambutan Pak Edy selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, kemudian laporan dan evaluasi dari masing-masing Wakil Kepala Sekolah dilanjutkan dengan Sharing Section antara Kepala Sekolah, Wakil-wakil Kepala Sekolah dan Tim Pengajar dengan Tim Dikdasmen. Acara ditutup dengan doa dan berakhir dengan acara makan bersama. 

Penulis: Nazila Munif Al KhatibF

Foto: Sie Dokumentasi

Senin, 09 Oktober 2023

Kelas Kecil

Kelas Kecil

fajar007.blogspot.com

 

Saya sengaja memotret aktifitas mereka, ternyata ada yang sadar kamera, sebelah paling kiri siswi bernama nesya, sambil bergaya meringis dia itu.

Kelas ini mini, hanya terdiri 6 peserta didik. Statusnya sudah 2 tahun menjadi program IPA, dulu menjadi pioner kita di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Punya kakak tingkat, yang akan lulus nanti, tinggal menghitung bulan saja. 

Mengajar di kelas kecil, santai, rileks, cukup suara lirih tanpa ngoyo sekalipun sudah dapat merasuk ke pikiran anak-anak dalam menerima pelajaran. Meski tidak semua senang dalam mapel matematika. Hanya 2 siswa yang menonjol, benar-benar perhatian dengan materi yang saya sajikan. 

Sempat sekali waktu, saya membuka curhat dengan mereka, menanyakan mata pelajaran apa yang paling disuka, ternyata banyak yang menjawab, pertama kimia, lalu kedua biologi, dan terakhir saya pikir matematika. Ternyata tidak. Saya ketawa bersama mereka, entahlah apa yang disuka pada urutan ketiga ini. Lanjut saya penasaran tanya kembali, mereka menyampaikan bahwa, siswa kelas kecil ini tidak suka pelajaran matematika, namun suka gurunya saja dibanding materinya. Sambil saya tutup kegiatan belajar mengajar saat itu dengan guyonan bersama.

By : Ahmad Fajarisma

Sabtu, 07 Oktober 2023

Kunci Jawaban

Kunci Jawaban

fajar007.blogspot.com


Cara ini, begitu banyak dilalui dari guru tempo dulu hingga kini, pun malah sekarang banyak juga masih menggunakannya, mengkoreksi jawaban dengan melubangi kunci jawaban, lalu ditempel pada LJK siswa. Jika lubang jawaban tidak sesuai kunci jawaban, maka status salah. Itulah acuan guru untuk menghitung berapa salah dan benar saat siswa menjawab.

Jika sudah diketahui berapa benar, lalu formula untuk menghitung menjadi nilai akhir, cukup gampang, hanya berapa soal benar, dibagi dengan keseluruhan jumlah soal, kemudian kalikan saja dengan nilai seratus. Dan nilai-nilai akan nampak nanti dengan alat bantu kalkulator. Kita sepakati saja, 2 angka dibelakang koma untuk memberikan pada kolom nilai di LJK.

LJK seperti ini bagi saya, turun temurun, sejak dari ayah seorang guru matematika, ibu yang guru SD, mbah kakung ditempat desanya bekerja, yang semua temannya saat mengkoreksi melubangi jawaban. Cara lain, pakai semacam kertas plastik, diarsir warna hitam pada bagian jawaban, lalu tempel saja pada LJK yang siap untuk dicari jawaban salah. 

Sebetulnya cara lebih cepat dari itu banyak, tinggal sorot pakai HP ke LKJ, lalu otomatis nilai muncul seketika. Ini perlu dilakukan pengaturan pada lembar jawaban. Mungkin akan kita gunakan pada penilaian semester depan nanti. 

5 hari lalu, siswa kita sudah melakukan Penilaian Tengah Semester, saatnya guru sekarang mengkoreksi dengan target pengumpulan nilai di hari Senin Tanggal 9 Oktober. Semoga saja semua bisa kompak terhimpun nilai semua mata pelajaran di hari yang telah ditentukan. 

Bila telah terkumpul nilai, agenda selanjutnya tiap wali kelas tinggal mengolah nilai raport, yang kemudian dibagikan kepada siswa-siswi.

Semangat rekan-rekan guru semua.

By : Ahmad Fajarisma

Jumat, 06 Oktober 2023

Gelar PKDTM 1, PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Targetkan Cetak Kader Yang Kritis dan Militan.

Gelar PKDTM 1, PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Targetkan Cetak Kader Yang Kritis dan Militan.

EdPenaMu
Jumat (6/10) 2023 Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja kembali menggelar Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I atau biasa disingkat PKDTM 1 bagi siswa-siswi kelas X dan kelas XI, XII yang belum mengikuti PKDTM 1 sebelumnya.

Mengangkat tema " Membentuk kader berkarakter, kritis, militan untuk ipm di masa depan " PKDTM 1 ini akan digelar selama 3 hari dimulai dari hari ini Jumat (6/10) hingga Ahad (8/10) 2023 yang mengambil tempat di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Pada PKDTM 1 tahun ini, jumlah peserta adalah sebanyak 28 orang dimana sejumlah 6 orang adalah siswa kelas XI yang tahun lalu belum bisa mengikuti PKDTM 1 dikarenakan beberapa hal. Selama 3 hari para peserta akan mendapatkan berbagai materi terkait dengan ke-Islaman, Keorganisasian, Kepemimpinan dan juga seni komunikasi dan kesigapan berupa baris berbaris yang akan diberikan oleh KOKAM Buleleng. 

Saat memberikan sambutan diacara pembukaan tadi pagi, Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja menyampaikan agar seluruh peserta benar-benar mempersiapkan diri untuk mengikuti PKDTM 1 ini, sehingga akan memberikan manfaat dan dapat mengambil hikmah dari Pelatihan ini. 

" jadi ananda semua, 3 hari kedepan kalian akan bersama-sama disini dan berpisah dengan keluarga dirumah, jangan sia-siakan sehingga merugi tidak mendapatkan apa-apa. Ikuti dan yakinkan diri untuk mengikuti kegiatan PKDTM 1 ini, sehingga nanti diakhir kegiatan tema yang akan dituju bisa kita capai bersama." Ucapnya.

Sementara Ketua Dikdasmen PDM Buleleng Bapak Drs. Sarwanto disaat memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara memastikan kepada seluruh peserta, bahwa kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat untuk para siswa yang sekaligus anggota IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

" dengan mengikuti kegiatan seperti ini para peserta akan dilatih mandiri dan mengatur baik diri sendiri maupun mengatur banyak orang. Jadi, ikuti dengan baik dan bersungguh-sungguh." Tuturnya sekaligus membuka PKDTM 1 dengan mengucap Basmallah bersama-sama.

Rabu, 04 Oktober 2023

Pengawas Ujian

Pengawas Ujian

fajar007.blogspot.com

Pelaksanaan PTS di sekolah berlangsung selama 5 hari, dari Senin hingga Jum'at, tepat tanggal 2 sampai 6 Oktober 2023. Tentu segala pihak pasti mempersiapkan dengan seksama, mulai menghimpun soal, kemas, serta mendistribusikan ke siswa yang akan mengerjakannya.

Sebagai panitia penyelenggara, kita juga membuat jadwal pelajaran disertai pengawas yang akan menjaga pada tiap ruang kelas nanti. Penilaian Tengah Semester kali ini, agak sedikit berbeda, pengawas dimintai 2 tanggung jawab memantau peserta saat mengerjakan ujian. Meski siswa sudah diatur pola tempat duduk secara acak atau random, berbaur dengan tingkat kelas lainnya, beberapa siswa ada yang mengerjakan diluar kelas.


Bisa dibilang, anak tersebut masih memiliki tanggungan administrasi di sekolah, seperti bayar spp dan biaya PPDB yang belum tuntas. Jadi kesepakatan panitia memperlakukan mereka dengan mengerjakan soal ujian diteras depan ruang kelas masing-masing. 

Ada sekitar 15 peserta, mereka duduk sambil menggarap soal, dan menyilang jawaban pada LJK itu. Justru makin asyik, mengerjakan dengan suasana udara bebas, berselabahan dengan taman depan ruang kelas, sambil sesekali menjawab tiap butir soal yang harus diselesaikan. 

Meski begitu, kami sebagai panitia tidak membiarkan begitu saja, masih dalam proses pemantauan, dan sambil memberikan peringatan kepada siswa ini agar tetap konsen mengisi, serta juga berharap dapat menuntaskan administrasi secara bertahap kedepannya nanti.

By : Ahmad Fajarisma