Senin, 28 Agustus 2023

SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Gelar ANBK 2023.

SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Gelar ANBK 2023.

EdPenaMu

Senin (28/8) suasana SMA Muhammadiyah 2 Singaraja sedikit berbeda, agak tenang dan ada kesibukan di salah satu ruangan yang dijadikan ruangan pengawas pelaksanaan ANBK 2023. 

Peserta ANBK yang dikiuti oleh seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 23 orang sejak 07.00 telah siap berada di sekolah dan dengan disiplin dan teratur memasuki ruang Assessment di lantai 2 gadung SMA Muhammadiyah 2 Singaraja mulai pukul 07.30 sampai 10.00 dan dilanjutkan oleh sesi kedua pada pukul 10.30 hingga 12.30. 
Pada ANBK tahun 2023 ini, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dibantu oleh seorang pengawas yang berasal dari SMA LAB Undiksa Singaraja. 

Adapun materi yang didapatkan oleh para peserta ANBK 2023 adalah hari I literasi dan survey karakter hari II Numerasi dan survey lingkungan belajar.

FOTO GIAT ANBK 2023

SELAMAT DAN SUKSES BAGI PIMPINAN BARU PCM/PCA SE DENPASAR.

SELAMAT DAN SUKSES BAGI PIMPINAN BARU PCM/PCA SE DENPASAR.

EdPenaMu
Selamat Bertugas bagi para Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah  se Denpasar yang telah terpilih  pada gelaran Musyawarah Cabang Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Denpasar pada hari Ahad (27/8) 2023.

Pimpianan Cabang Muhammadiyah dan 'Aisyiyah adalah wadah dan garda terdepan yang dimiliki Muhammadiyah dan 'Aisyiyah guna dapat memberikan pelayanan baik kepada masyarakat umum maupun menjadi pusat lahirnya kader-kader Muhammadiyah maupun 'Aisyiyah di garda paling depan.

Menjadi perhatian serius bagi Lembaga Pengembangan Cabang, Ranting dan Pembinaan Masjid PWM Bali kepada PCM - PCM agar dapat bergerak dan bersinergi bersama PCA dan ortom-ortom setingkat demi syiar Muhammadiyah yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selamat melaksanakan amanah kepada bapak-bapak :
1. Lila Rahmat Sujatmika selaku Ketua PCM DENSEL dan bapak M. Arif Subagiyo selaku sekretaris.
2. Edi Indra Saputra, S.E selaku Ketua PCM DENUT dan Zulfian, S.Pd selaku sekretaris.
3. Eddy Sarwono,S.E selaku Ketua PCM DENBAR dan Safarudin, S.Pd.I selaku sekretaris.
4. M. Syaiful Ridha, S.E selaku Ketua PCM DENTIM dan A.A.Andi Harianto,S.T selaku sekretaris.

Minggu, 27 Agustus 2023

Semarak Menyambut Kemerdekaan RI ke-78

Semarak Menyambut Kemerdekaan RI ke-78

fajar007.blogspot.com

            Tau ngga sih? Perlombaan yang diadakan setiap 17 Agustus ternyata diciptakan oleh masyarakat indonesia sendiri loh. Masyarakat pada saat itu ingin memperingati hari kemerdekaan dengan cara yang menyenangkan yaitu dengan mengadakan berbagai macam perlombaan yang hingga saat ini menjadi rutinitas kegiatan menjelang HUT RI 17 Agustus setiap tahunnya.

Ngga mau ketinggalan, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja juga turut merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia dengan mengadakan berbagai macam perlombaan yang penuh warna dan semangat juang yang pastinya seru banget loh! Ada lomba estafet gelas dengan balon, lomba makan kerupuk, lomba bola sarung, lomba bola tembak, lomba estafet air dengan karet, lomba tarik tambang, lomba ular balon, dan lomba menghias kelas. Banyak ‘kan lomba-lombanya? Ini kalau di sekolahku,  kalau di sekolahmu gimana?

Seperti tahun-tahun sebelumnya kegiatan perlombaan menjelang Hari Kemerdekaan, dilaksanakan selama dua hari sebelum diadakannya Upacara pengibaran bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 2023, yaitu pada tanggal 15 dan 16 Agustus.  

          Perlombaan dimulai pada tanggal 15 Agustus, pada pukul 11.00 setelah kegiatan pembelajaran. Perlombaan pertama dimulai dari lomba estafet gelas dengan balon, Selain perwakilan kelas yang mengikuti perlombaan, siswa yang tidak mengikuti perlombaan bersama-sama menghias kelas. Memasuki waktu shalat dzuhur, berakhir pula sesi lomba pertama, dan pelaksanaan perlombaan kedua dilanjutkan kembali setelah pelaksaan shalat dzuhur berjamaah yaitu, lomba makan kerupuk.

Readers  tau ngga sih filosofi dibalik lomba makan kerupuk ini? Jadi, lomba makan kerupuk ini merupakan sebuah reminder buat kita tentang kondisi rakyat Indonesia saat zaman penjajahan yang sangat memprihatinkan dan sulit, sehingga muncullah perlombaan makan kerupuk ini. Kegiatan dihari pertama ditutup dengan lomba sepak bola sarung. So, diperlombaan  sepak bola kali ini ada yang berbeda, loh! Sesuai dengan nama lombanya, setiap anggota tim pada perlombaan sepak bola kali ini menggunakan sarung selama permainan. 

 

           Pada tanggal 16 Agustus sesuai dengan arahan kepala sekolah (Pak Edy) perlombaan dimulai dari pagi setelah pembiasaan pukul 08.00. Diawali dengan lomba lomba bola tembak yang berisikan 6 orang dari masing-masing kelas. Pada perlombaan boltem (bola tembak) yang cukup sengit ini terjadi beberapa perdebatan antar tim yang membuat suasana menjadi sedikit memanas. Namun, permasalahan berhasil teratasi oleh para panitia. Kemudian dilanjutkan dengan lomba estafet air dengan karet,lomba ini merupakan lomba yang berisi 4 orang setiap timnya, lomba ini sangat seru per masing-masing tim berusaha untuk bekerja sama dengan anggota tim agar terciptanya kekompakan,kesabaran dan keberhasilan demi mencapai tujuan.

Tidak kalah serunya, yaitu lomba tarik tambang. Melalui perlombaan ini setiap tim akan menunjukkan rasa solidaritas, persatuan serta kekuatan yang besar. Kekompakan yang diutamakan dan saat menarik tambang dilakukan dengan menggunakan aba-aba yang sudah disepakati. Pada lomba tarik tambang guru-guru laki-laki pun turut berantusias mengikuti perlombaan. Siswa melawan gurunya? Wah sangat ngga diperbolehkan! tetapi kalau dalam perlombaan tarik tambang beda cerita yaa.. hihi . Setelah lomba tarik tambang siswa siswi diberi waktu rehat sejenak sembari dilakukan penilaian kebersihan dan menghias kelas oleh panitia, nih Readers.

Tak terasa kita telah tiba pada di perlombaan terakhir sebagai penutup kegiatan perlombaan dalam rangka menyambut HUT RI ke-78 ini yaitu lomba ular balon, Perlombaan ini berisikan 5 orang pemain dimana mereka harus saling berpegangan dan bersatu menjaga balon yang dibawa oleh teman paling belakang agar tidak dipecahkan oleh lawan, Lomba ini sangat sengit ketika kelas 10 putri melawan kelas 12  putri, setiap tim terlihat sangat sigap untuk menjaga balon mereka agar tidak pecah sehingga memakan waktu perlombaan yang cukup lama, sehingga panitia mengistirahatkan sementara untuk kedua tim karena telah memasuki waktu dzuhur, ngga peduli seseru apapun permainannya, tetap panggilan dari Allah harus tetap diutamakan, Ya! Siswa siswi diarahkan menuju masjid Al-Manar untuk shalat berjamaah. Setelah melaksanakan shalat dzuhur, perlombaan kembali dilanjutkan dan hasil akhir tim kelas 10 perempuan mengalami kekalahan yang balonnya berhasil dipecahkan oleh tim kelas 12 perempuan. Usailah perlombaan pada dua hari menjelang penyambutan 17 Agustus 2023 ini.

Di puncak acara, yakni tanggal 17 Agustus dilakukan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI ke-78 dengan menggunakan Pasukan 8 untuk pengibaran Sang Saka Bendera Merah Putih

 

Kreator: Sinta Karunia

Senin, 21 Agustus 2023

Curhatmu Guru, Kami Dengar.

Curhatmu Guru, Kami Dengar.

EdPenaMu

Memasuki dunia pendidikan sebagai pendidik memang memiliki tantangan tersendiri. Sebagian besar orang tua memasukkan anak mereka ke sekolah baik sekolah biasa maupun sekolah luar biasa atau Internasional, fikiran mereka orang tua adalah "segala perkembangan anak saya, sudah saya serahkan kepada para guru di sekolah".

Ya gak papa sebenarnya ketika mereka beranggapan seperti itu, tapi mereka lupa untuk membisikan kata-kata pesan kepada anak-anak mereka, " nak, ketika disekolah anggaplah semua gurumu adalah pengganti kami sebagai orang tua, jadi simak, dengar dan patuhilah semua kata-kata gurumu sebagaimana kalian mendengar, menyimak dan mematuhi kata-kata kami sebagai orang tua." 

Dengan memberikan pesan kepada anak-anak disaat akan berangkat kesekolah seperti itu sungguh suasana kebathinan si anak akan menjadi berbeda karena mereka merasa akan bertemu dan berhadapan dengan para pengganti orang tua mereka di sekolah. Disaat mereka akan membantah atau bahkan akan melawan guru, mereka akan ingat dengan pesan kedua orang tua mereka yang mengingatkan demikian.

Namun itu hanya sebuah harapan yang entah kapan akan terwujud, yang terjadi saat ini adalah masalah sekolah sepertinya hanya menjadi urusan para guru dan pihak sekolah lainnya. Sangat minim para orang tua mau sensitif dan agresif terkait dengan perkembangan pendidikan anak-anak mereka. Apapun permasalahannya, orang tua cenderung pasive dan akhirinya diam dengan berbagai permasalahan yang dihadapi anak-anak mereka di sekolah. 

Miris memang, tapi demikianlah realitanya. Si anak yang memasuki era milenial seperti sekarang ini dan diperparah dengan pandemi yang sempat membelenggu membuat hubungan yang dulu pernah ada antara guru dan siswa yang sangat lekat dan dibalut adab, kini nyaris hilang dan para guru harus bersusah payah mengembalikan moral dan adab yang dulu pernah ada.

Kami sebagai guru apalagi di Sekolah Muhammadiyah sangat konsen dengan kondisi degradasi moral yang terjadi pada generasi-generasi penerus bangsa yang besar ini.

Ketaatan, hormat dan lembut dalam berucap seakan hilang dari anak-anak kita. 

Ya...tapi inilah realitanya dan kami tidak tinggal diam. Dalam rasa keprihatinan dan kagundahan melihat sikap dan karakter anak-anak saat ini, kami tetap istiqamah dalam sabar dan  berharap mereka akan dapat kami didik menjadi generasi yang kembali menjunjung adab dan moral sebagai ilmu yang tertinggi. 

Dalam letih dengan berbagai permasalahan lainnya yang pastinya tidak boleh kami bawa-bawa saat berada disekolah, kami akan tetap dengan tulus mengajar dan mendidik mereka, karena setiap kebaikan yang dialami oleh anak-anak adalah semangat dan kebanggan kami sebagai pendidik.

Ba'da Ishak 210823

Kamis, 17 Agustus 2023

Dengan Hikmad, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Gelar Upacara Kemerdekaan ke 78 Tahun.

Dengan Hikmad, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Gelar Upacara Kemerdekaan ke 78 Tahun.

EdPenaMu
Derap langkah pasukan 'Delapan' pengibar bendera PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja membahana menggetarkan relung hati seluruh peserta Upacara Bendera Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 78. 

Mengambil tempat di halaman sekolah yang cukup minimalis, Upacara Bendera pengibaran bendera Merah Putih tahun ini diikuti oleh seluruh peserta didik dari kelas X hingga kelas XII dan segenap pegawai beserta Dewan Guru SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Upacara bendera peringatan Kemerdekaan RI ke 78 yang persiapannya dikomandoi oleh Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan didampingi oleh Ferdiansyah selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan berjalan dengan hikmad walau penuh dengan kesederhanaan. 

Dengan didahului pelaksanaan Semarak Lomba Kemerdekaan 2 hari sebelumnya dan latihan-latihan yang hanya 4 hari, seluruh pelaksana atau petugas upacara khususnya pengibar bendera yang berjumlah 8 orang, dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Nyoman Dody Irianto, S.Pd sebagai Pembina Upacara sekaligus selaku Ketua DIKDASMEN PDM Buleleng mengingatkan melalui amanatnya kepada seluruh peserta upacara jangan sampai melupakan dan tidak tahu sejarah perjuangan bangsa khususnya yang terjadi di Singaraja.

" bagaimana peran kampung Bugis dan masyarakatnya saat mengusir penjajah Belanda yang bahkan menjadi benteng terdepan menghadapi Belanda disaat akan menyerang Puri Buleleng. Sangat menyusahkan tentara Belanda saat itu hingga mereka mundur dan menyerang menggunakan meriam melalui laut, dan Kampung Bugislah yang menjadi benteng pertahanannya." Ucap Ketua FASI Buleleng ini.

Selain dihadiri oleh seluruh warga sekolah, upacara kali ini juga mengundang Pembina SMA Muhammadiyah 2 Singaraja bunda Frida, PD IPM dan PC IMM Kabupaten Buleleng. 

Mengakhiri upacara bendera kali ini, panitia Semarak Lomba Kemerdekaan juga membagikan banyak hadiah yang telah dimenangkan oleh seluruh peserta perlombaan.

Selasa, 15 Agustus 2023

SEMARAK KEMERDEKAAN RI KE 78 SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

SEMARAK KEMERDEKAAN RI KE 78 SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu
Semangat Kemerdekaan Republik Indonesia sudah sangat membahana dan terpatri di hati generasi muda penerus bangsa khususnya di seluruh peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, 3 hari menuju hari Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023 ini sudah menggelar Semarak Kemerdekaan yang diisi dengan berbagai kegiatan lomba.

Dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan kegiatan Semarak Kemerdekaan 17 Agustus 2023 dimulai hari ini. 

Seluruh peserta lomba sangat antusias dan bersemangat dalam menyelesaikan semua jenis lomba yang diadakan hari ini. Hari ini Selasa (15/8) adalah hari pertama kegiatan Semarak Kemerdekaan yang memperlombakan beberapa jenis lomba antara lain lomba makan kerupuk, lomba sepak bola sarung dan lainnya. Semua perlombaan ini diikuti oleh antar kelas dari kelas X hingga kelas XII. Dan perlombaan berikutnya akan dilanjutkan esok hari di hari Rabu (16/8) 2023. 
Akhir dari Semarak Kemerdekaan RI ke 78 SMA Muhammadiyah 2 Singaraja adalah tepat di tanggal 17 Agustus akan menyelenggarakan Upacara Pengibaran Bendera dihalaman sekolah yang akan diikuti oleh seluruh warga sekolah dengan Ketua Dikdasmen PDM Buleleng sebagai Pembina Upacara.