Sabtu, 15 Juli 2023

Membumikan Visi Dan Misi Sekolah.

Sebagai sebuah organisasi pendidikan, sekolah pastinya memiliki Visi yang akan dijadikan tujuan atau arah dari pendidikan yang akan dan sedang dijalankan. Dengan adanya Visi, perjalanan sekolah akan terarah dan jelas tujuan yang ingin dicapai.

Tidak kalah dengan sekolah-sekolah pada umumnya termasuk sekolah negeri, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja memiliki Visi sekolah yang sangat sederhana namun sarat dengan makna. 

Mengusung Visi " Insan Berkemajuan dan Berakhlak Mulia " SMA Muhammadiyah 2 Singaraja sejak 2 tahun disaat hampir Pandemi Covid 19 menghilang telah melakukan pembenahan-pembenahan baik secara sarana maupun program sekolah itu sendiri. 

Mencoba memahami Visi sekolah yang diusung, untuk menuju tercapainya insan yang berkemajuan dan berakhlak mulia tentu dibutuhkan program-program yang mendukung Visi tersebut. 

Berkemajuan artinya perubahan positif. Bagaimana cara kita bisa mencapai perubahan yang berkemajuan, harus dimulai dari diri kita sendiri. Harus mulai dari Kepala sekolah, para guru/pegawai dan pastinya juga seluruh siswa dan warga sekolah.

Perubahan positif atau berkemajuan akan dapat kita capai apabila kita semua menyadari semua kesalahan dan kekurangan kita saat ini dan mau kita evaluasi dan akhirnya kita rubah agar menjadi lebih baik dan semakin baik.

Bagi Kepala sekolah harus senantiasa membersamai proses pembelajaran dan program yang sedang dijalankan dan senantiasa melakukan MONEV atau monetoring dan evaluasi. Sementara para pendidik harus setiap saat menjadi garda terdepan dalam memberikan tauladan kepada para siswa baik contoh nyata maupun nasehat.

Sementara para siswa yang menjadi tujuan utama dari Visi ini harus menyadari peran dan tugasnya agar Visi sekolah dapat tercapai. Peran siswa dalam mencapai Visa sangat sederhana, ikuti dan patuhlah dengan semua pengajaran dan didikan semua gurumu yang juga sudah dicantumkan dalam lembar Tata Tertib sekolah.

Tentu dalam mencapai Visi, sekolah juga harus menyediakan progran dan kegiatan yang mendukung tercapainya Visi sekolah. Dengan segala keterbatasan  sarana dan prasarana sejak tahun ajaran 2021/2022 SMA Muhammadiyah 2 Singaraja telah membuka PODCAST yang diberi nama PODCAST SMAMUDA RAJA dan membuat Website sekolah. Adapun tujuan dibukanya podcast dan Website sekolah ini adalah guna memberikan ruang kepada semua warga sekolah untuk mengekspresikan minat dan bakatnya dalam bidang tulis menulis dan brotcasting atau radio. Dan juga diperuntukan mensyiarkan segala informasi terkait program sekolah, kegiatan Muhammadiyah dan capaian-capaian atau prestasi siswa SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Akhirnya, penting bagi kita semua dalam rangka mencapai Visi sekolah, hal rutin yang harus kita lakukan adalah kerjakan tugas dan fungsi kita masing-masing apapun status dan jabatan kita dengan bersungguh-sungguh dan amanah, lalu kita evaluasi bersama selanjutnya kita lakukan perubahan-parubahan dari hasil evaluasi dan lanjutkan tugas dan fungsi kita kembali.

EdPenaMu

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar