Rabu, 31 Mei 2023

Dikomandoi Fajriyah, S.Pd PIMDA 19 Tapak Suci PDM Buleleng Mulai Bergeliat.

Dikomandoi Fajriyah, S.Pd PIMDA 19 Tapak Suci PDM Buleleng Mulai Bergeliat.

EdPenaMu
SMAMUDARAJA.SCH.ID. Setelah sekian lama fakum akhirnya Seni Bela diri Putra Muhammadiyah Tapak Suci Buleleng berhasil menghidupkan kembali Pimpinan Daerah 19 yang sudah lama terbentuk ditandai dengan SK Pimda oleh Pimpinan Pusat Tapak Suci.

Dengan dikomandoi oleh Fajriyah, S.Pd selaku Ketua Umum Pimda 19 , hari ini Rabu (31/5) telah diadakan rapat perdana dalam rangka membicarakan berbagai hal yang dianggap penting dan sekaligus sebagai ajang silaturahmi dikalangan pengurus baru. 

Dalam pertemuan perdana yang diadakan di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja siang ini, diputuskan beberapa hal mendasar antara lain : Segera malakukan silaturahmi ke PDM Buleleng, IPSI Buleleng dan tokoh-tokoh senior Tapak Suci Buleleng, menertibkan kurikulum pelatihan bagi Siswa-siswa anggota TS unit sekolah. 

Adapun susunan Pimpinan Daerah 19 Tapak Suci Putra Muhammadiyah PDM Buleleng adalah sebagai berikut :

Ketua : Fajriyah, S.Pd
Ketua Dewan Pelatih : Husein Umar, S.Ag
Sekretaris : Latifah, S.Pd
Bendahara : Muh. Fardiyansyah, S.Or
Ketua Departemen Pembinaan Prestasi : Anika Norazila
Bidang Pembinaan Prestasi : I Nebgah Imam Mahdi, S.Pd
Bidang Pembinaan Wasit/Juri : Rian Bahtiar, S.Pd
Bidang Pembinaan KOSEGU : Hari Prayitno, A.Md
Ketua Departemen Pembinaan Organisasi dan Kader : Din Prestasi, SS., M.Pd
Bidang Pembinaan Organisasi dan Cabang : Setio Utomo
Bidang Pembinaan Al Islam dan Kemuhamamdiyahan : Sarif Hidayat, SE.
Bidang Pusaka Komunikasi : Ahmad Fajarisma, M.Pd
Ketua Departemen Pendayagunaan Sumber Daya : DM. Edy Suprayitno, S.Pd
Bidang Pendayagunaan Sumber daya dan usaha : Nurzaman
Bidang Pendayagunaan Disiplin dan Hukum : Didin Samsul Ma'arif, S.Pd.

Selasa, 30 Mei 2023

Siswi SMA MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA Bersiap hadapi OSN Provinsi Bali.

Siswi SMA MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA Bersiap hadapi OSN Provinsi Bali.

EdPenaMu

 

Shinta Karunia sebagai Narsum Podcast SMAMUDA RAJA.

 

Mengisi waktu paska Penilaian Akhir Tahun yang telah berakhir senin (29/5) 2023, hari ini kembali PODCAST SMAMUDA RAJA mengudara dengan mengundang salah satu siswi dengan nama Shinta Karuia kelas X IPA yang lolos sebagai peserta OSN Tingkat Provinsi 2023 sebagai nara sumber.

Mengingat kembali bagaimana ananda Shinta lolos dari OSN tingkat kabupaten dengan menyisihkan banyak peserta dari berbagai sekolah yang ikut khusus di bidang Biologi, hingga meloloskan 8 orang yang akan mewakili Kabupaten Buleleng.

Dalam mengisi PODCAST SMAMUDA RAJA saat diundang sebagai Nara Sumber, Shinta mengaku sudah melakukan persiapan-persiapan guna menghadapi OSN Provinsi  nanti bulan depan tepatnya ditanggal 7 Juni 2023.

" saya dari kecil memang suka hal-hal yang berbau biology seperti tanaman, hewan dan lainnya yang berhubungan dengan mahluk hidup dan turunnya." ungkap siswi yang mendapatkan ranking 2 di kelasnya.

Menghadapi OSN Tingkat Provinsi ini Shinta telah melakukan berbagai program persiapan yang akan di bimbing langsung oleh Guru mata pelajaran Biologinya. 

Semoga berhasil dalam lomba nanti dan menjadi pengalaman yang berharga dalam kehidupan ananda kelak.

 

Minggu, 28 Mei 2023

ITBM Bali Sabet Juara III Nasional Dalam Lomba Studentpreneur Bootcamp PTMA Se-Indonesia.

ITBM Bali Sabet Juara III Nasional Dalam Lomba Studentpreneur Bootcamp PTMA Se-Indonesia.

EdPenaMu


SMAMUDARAJA.SCH.ID. Alhamdulillah mahasiswa ITBM Bali Atas Nama Priska Maskanah Jurusan Kewirausahaan Semester 2 berhasil meraih juara 3 dalam lomba Studentpreneur Bootcamp seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTMA) se Indonesia yang diadakan di Unmuh Purworejo Jawa Tengah & Bukit Menorah Gunungkidul Yogyakarta dari tanggal 26-28 Mei 2023.

Dari perolehan kemenangan ini saudari Priska Maskanah berhak mendapatkan pendanaan dari investor. Kegiatan yang diinisiasi oleh Muhammadiyah Center for Entrepreneurship and Business Incubator (MCEBI) ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta di seluruh Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ Aisyiyah (PTMA) se Indonesia.

Menurut M Faturohman S.Pd.Si.,MM selaku Dosen ITBM Bali sekaligus Dosen Pembimbing acara ini, menyatakan bahwa kegiatan ini sudah dipersiapkan 1 bulan sebelumnya dengan cara menyeleksi proposal Usaha mahasiswa kemudian lanjut memberikan pendampingan mulai dari cara presentasi, membuat canvas model dan sebagainya.

" Yang pasti ini adalah salah satu tujuan ITBM Bali mencetak Para Wirausaha Muda yang handal dan berkualitas serta memiliki daya saing & prestasi, dan Ini adalah sejarah prestasi pertama ITBM Bali di Tingkat Nasional." Ujarnya.

Temu Investor dan Mahasiswa di  Studentpreneur Bootcamp MCEBI

Mengingat kembali acara temu investor dan studentpreneur MCEBI di Menoreh Glamping, kegiatan dilanjutkan dengan Temu Investor di hotel Dafam SIA 28 Mei 2023. Acara ini dihadiri juga oleh Deputi Digital dan Produksi Kreatif Kemenparekraf, Niel Hilman sebagai keynote speaker, wakil ketua MLH PP Muhammadiyah Gatot Supangkat, serta para pengusaha muda yang memberikan banyak inspirasi, Antonius Bong founder Bobobox dan Achdiyat Nurhartata creative manager dari Lazada. Niel Hilman sangat mengapresiasi kegiatan temu investor ini, ia berharap dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan, para generasi muda juga antusias dalam menggerakkan industri pariwisata.

Sehari sebelumnya para juri yang ditetapkan panitia MCEBI, telah memilih peringkat 20 besar dari para studentpreneur. Kemudian menyeleksi lagi 10 terbaik untuk bertemu dengan para investor. Pada akhirnya investor memilih 5 orang studentpteneur untuk mendapatkan pendanaan. Kelima studentpreneur tersebut

1. Chocoblast, Atikah (UMJ)
2. Stevia Tea, Putri Jasmine, (UM Bandung)
3. Kurayu , Priska (ITBM Bali)
4. Kristoven Cokorodang , Nita Suryanti, ( UM Ponorogo)
5. Journey Shoes and Care, Hairul Gunawan (UM Jember)

Ketua MCEBI Endang Rudiatin berharap kegiatan mempertemukan studentpreneur dengan para investor mendapat dukungan dari para mitra MCEBI, Kemenparekraf, BI, BSI dan mitra-mitra yang lain serta para pengusaha  Muhammadiyah. Investor kali ini Heri Zudianto, Ismoyo, Komang Johny dan Adi Nugroho. Diharapkan pada bootcamp selanjutnya semakin banyak investor terlibat.

Sekedar informasi bahwa di ITBM Bali ada 3 jurusan yakni Kewirausahaan (S1), Bisnis Digital (S1) & Teknologi Pangan (S1) dan tentunya ada Beasiswa menarik untuk para wirausaha, kader Muhammadiyah, Tahfidz Qur'an. Info Lebih lanjut bisa menghubungi bagian pendaftaran di 081138111165.

Musyda X PDM dan PDA Buleleng Berakhir Dengan Baik dan Menggembirakan.

Musyda X PDM dan PDA Buleleng Berakhir Dengan Baik dan Menggembirakan.

EdPenaMu



SMAMUDARAJA.SCH.ID. Setelah berbagai persiapan dilaksanakan akhirnya perhelatan Musyawarah Daerah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah dapat dilaksanakan dan berakhir dengan lancar tanpa kendala dan halangan yang berarti.

Memasuki masa sidang setelah pembukaan, Musyda PDM Buleleng melanjutkan kegiatan Musyawarah diawali dengan sidang pleno sidang pleno dan akhirnya memasuki sidang pleno ke 3 dilakukan pemilihan 9 nama dari 27 nama yang sudah menjadi calon tetap PDM Buleleng 2022-2027.

Adapun 27 nama sebagai calon tetap adalah sebagai berikut :
Abdul Gafur, Alif Rahman Hidayat, Amoeng A. Rahman, Ardianto, Bahrudin Basnan, Churiyanto, Fery Sarjono, Ghozali, Hasyim, Imam Syafi'i, M. Khumaidy, M. Ali Susanto,  Mujoko, Mukhlison, Muliawan, Muwafikni, Nyoman Dody Irianto, Rizani, Soleh Abidin, Sudarmo, Sukarno Alfarizi, Suryansyah, Tedy Suhargo, Teguh Saputra, Us Husaini, Yahya Umar dan Yus Rosadi.

Dalam pemilihan selanjutnya dilakukan pemungutan suara untuk menjaring 27 nama menjadi 9 nama yang akan menjadi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buleleng periode 2022-2027. Dari 56 orang peserta yang memiliki hak suara, hanya 52 suara yang di nyatakan sah dan 4 suara tidak sah dikarenakan beberapa penyebab.

Setelah melalui pemungutan suara yang berjalan lancar dan penuh dengan semangat persaudaraan akhirnya diperoleh 9 nama yang nanti akan menjadi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buleleng periode 2022-2027 sebagai berikut :
M. Ali Susanto memperoleh 51 suara, dr. Rizani dengan 46 suara, Imam Syafi'i dengan 44 suara, Muafikni dengan 43 suara, Sudarmo 40 suara, Soleh Abidin dengan 35 suara, Hasyim dengan  30 suara, Nyoman Dody Irianto dengan 24 suara dan Fery Sarjono dengan perolehan 23 suara. Dalam rapat 9 formatur terpilih, akhirnya ditetapkan bapak Ali Susanto, M.Pd kembali diamanahkan sebagai Ketua PDM Buleleng periode 2022-2027.

Sementara itu dalam pemilihan yang dilakukan oleh Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Buleleng menetapkan 9 nama sebagai berikut : ibu Sriyani Sadikin, ibu Siti Maryam, ibu Supartini Syarif, ibu Anik Rusmiati, ibu Syafiyah, ibu Siti Nurul Hidayati, ibu Rahayu Safitri, ibu Darmiati dan ibu Nurani Anwar.

Setelah melakukan rapat formatur akhirnya memilih ibu Supartini Syarif selaku Ketua PDA Buleleng 2022-2027

Jumat, 26 Mei 2023

Puluhan Door Prize Ramaikan Pawai Ta'aruf Musyda X PDM dan PDA Buleleng.

Puluhan Door Prize Ramaikan Pawai Ta'aruf Musyda X PDM dan PDA Buleleng.

EdPenaMu


SMAMUDARAJA.SCH.ID. Mengawali perhelatan Musyawarah Daerah X Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Buleleng, hari ini Ahad (27/5) 2023 diadakan Pawai Ta'aruf, Donor Darah dan Pengecekan Kesehatan di Eks. Pelabuhan Buleleng.

Diikuti oleh 1000-an peserta Pawai Ta'aruf, seluruh peserta telah berkumpul dan berbaris di depan panggung tepat di depan museum sunda kelapa ditengah-tengah area Pelabuhan Tua Buleleng pada pukul 06 30 pagi.

Diawali dan dikomandoi oleh pasukan marching band milik SMP Muhammadiyah 2 Singaraja,  peserta pawai Ta'aruf dikuti oleh seluruh peserta didik, pendidik dan pegawai milik Muhammadiyah dari TK 'Aisyiyah, SD Muhammadiyah, SMP Muhammadiyah hingga SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Tidak ketinggalan lembaga pendidikan lainpun seperti Mts Mardlatillah dan warga Muhammadiyah serta masyarakat Singaraja yang simpati dengan gerakan Muhammadiyah.


Melepas Pawai Ta'aruf, Bapak Ali Susanto, M.Pd selaku Ketua PDM  Buleleng didampingi Bunda Prof. Dr. Siti Maryam, M.Kes selaku Ketua PDA Buleleng mengangkat bendera start sebagai tanda dilepasnya peserta Pawai Ta'aruf yang akan menyusuri jalan Hasanudin, jalan Sutomo, jalan Diponogoro, jalan Airlangga dan kembali ke Eks. Pelabuhan Tua Buleleng.

Dalam pawai ta'aruf ini semua peserta sangat bersemangat dan antusias mengikuti jalan sehat hingga berakhir. Mereka sabar menunggu semua proses pembagian dan pengundian door prize hingga beberapa orang peserta ada yang melakukan cek kesehatan dan sebagian berhasil mendonorkan darahnya. Peserta donor darah dalam rangka pawai ta'aruf  berhasil mendonor sebanyak 25 orang dan peserta yang cek kesehatan kurang lebih sebanyak 20 orang.

Bapak Sudarmo selaku Ketua Panitia saat dihubungi disela donor darah, kembali mengingatkan bahwa rangkaian Musda X PDM dan PDA Buleleng akan dimulai hari ini yaitu jam 2 sore nanti berupa Musyawarah Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah yang masing-masing mengambil tempat di SD Muhammadiyah dan SMP Muhammadiyah. Sementara untuk Musyawarah Daerahnya sendiri akan diadakan esok pagi hari Ahad (28/5) 2023 di Rumah Makan Manalagi Singaraja. 

Kamis, 25 Mei 2023

PODCAST SMAMUDA RAJA

PODCAST SMAMUDA RAJA

EdPenaMu

 

 Yuk simak semua giat kami SMA Muhammadiyah 2 Singaraja di sini ya....

...Juga PODCAST kami di You Tube kami, mohon dukungannya untuk share, Like, comment dan subscribe ya.....

 Klik Video Disini

MERAWAT SEMANGAT

MERAWAT SEMANGAT

EdPenaMu

 


Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun,  tahun Pelajaran 2022/2023 hari ini Jumat (26/5) telah berakhir. Selama sepekan atau 5 hari seluruh peserta didik kelas 10 dan 11 mengikuti Penilaian Akhir Tahun sebagai prasyarat kenaikan jenjang mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Sangat terasa diasaat mereka masih belajar didetik-detik akan menghadapi Ujian, tampak keseriuasan dan kesibukan baik para pengajar maupun siswa belajar di kelas masing-masing. Ada juga mereka para peserta didik yang khusus mendatangi guru mereka masing-masing guna bertanya dan meminta penjelasan khusus terkait pelajaran yang belum mereka pahami.

Tampak juga dipojok perpustakaan beberapa siswa IPA membuat lingkaran kecil sedang berdiskusi membahas materi Fisika yang nampak belum mereka pahami. Ada kegelisahan akan ketidakpahaman mereka, ada semangat keingintahuan mereka akan materi yang belum mereka pahami. 

Tepat dihari Senin (22/5) 2023 Penilaian Akhir Tahun dimulai hingga Jumat (26/5) hari ini. Selama sepekan mereka mencurahkan tenaga dan fikiran mereka untuk menghadapi PAT Tahun Pelajaran 2022/2023 yang akan menjadi penentu apakah mereka akan berhak naik ke jenjang yang lebih tinggi atau tetap berada di jenjang sebelumnya, itu semua tergantung NILAI dan SIKAP mereka selama setahun belakangan.

Akhirnya semua telah berakhir dan tinggal merawat semangat yang dulu ada, dengan tetap menjaga dan merawat semangat jangan sampai layu apalagi mati, karena perjuangan dalam belajar belum berakhir dan akan terus ada.

Selasa, 23 Mei 2023

Antusiasme Kader Muhammadiyah Buleleng Dalam Sambut Musyda X PDM dan PDA Buleleng 2023.

Antusiasme Kader Muhammadiyah Buleleng Dalam Sambut Musyda X PDM dan PDA Buleleng 2023.

EdPenaMu


SMAMUDARAJA. Geliat persiapan Musyawarah Daerah Muhammadiyah Buleleng semakin terasa dan terlihat. Gerak panitia pelaksana Musyda sangat terlihat dihari-hari mendekati hari  pelaksanaannya yaitu Ahad (28/5) 2023 beberapa hari lagi.

Tidak ketinggalan Panitia Pemilihan  atau Panlih Musyda X PDM dan PDA Buleleng telah melaksanakan tugasnya sebagai Panitia Pemilihan yang salah satu tugasnya adalah menseleksi para calon Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buleleng untuk periode 2022 - 2027.

Sebagai Panlih tentu memiliki tugas yang sangat penting terkait dengan kepemimpinan selanjutnya perserikatan Muhammadiyah Buleleng untuk 5 tahun kedepan.

Ada beberapa regulasi yang dibuat dan harus dipenuhi oleh seluruh calon pimpinan PDM Buleleng berikutnya, khususnya terkait syarat-syarat menjadi pimpinan PDM Buleleng, sebagai berikut ;

a. Taat beribadah dan mengamalkan ajaran Islam;
b. Setia pada prinsip-prinsip dasar perjuangan Muhammadiyah;
c. Dapat menjadi teladan dalam Muhammadiyah;
d. Taat pada garis kebijakan Pimpinan Muhammadiyah;
e. Memiliki kecakapan dan berkemampuan menjalankan tugasnya;
f. Telah menjadi anggota Muhammadiyah sekurangkurangnya satu tahun dan berpengalaman dalam kepemimpinan di lingkungan Muhammadiyah bagi Pimpinan tingkat Daerah, Wilayah dan Pusat;
g. Tidak merangkap jabatan dengan pimpinan organisasi politik dan pimpinan organisasi yang amal usahanya sama dengan Muhammadiyah di semua tingkat;
h. Tidak merangkap jabatan dengan Pimpinan Muhammadiyah dan amal usahanya, baik vertikal maupun horizontal.

Menjelang pelaksanaan Musyda yang tinggal 4 hari lagi, Panitia Pemilihan telah berhasil menjaring 40 orang nama yang telah ditetapkan menjadi calon sementara Pimpinan Daerah Muhammadyah periode 2022-2027, antara lain ; Muh. Ali Susanto, Soleh Abidin, dr.Rizani, Tedy Suhargo, Imam Syafi'i, Us Husaini, Miwafikni, Uun Asmuni, Sutrisno, M. Idris, Sudarmo, Muliawan, Nyoman Dodi Irianto, Syafrudin Jamil, Ferry Sarjono, Wahyudi, Suryansyah, Yahya Umar, Hidayaturrahman, Teguh Saputra, Bahrudin Basnan, Desrival, Amoeng A. Rahman, M. Khumaidy, Hasyim, Harianto, Sarwanto, Ari Rahman, Mujoko, Bahtiar, Anang Saleh, Ja'far Sumarlin, Ardianto, M. Imron, Mukhlison, Ubrahim, Pervis, Firmansyah, Hendra Masjuri dan M. Alif.

Jumat, 19 Mei 2023

INFO PELAKSANAAN PENILAIAN AKHIR TAHUN 2023

INFO PELAKSANAAN PENILAIAN AKHIR TAHUN 2023

fajar007.blogspot.com

ٱلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ

Dengan mengucapkan بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ, marilah kita dengan penuh usaha yang maksimal, percaya diri, mandiri, serta teliti dalam mengerjakan soal Penilaian Akhir Tahun 2023 ini. Semoga hasil yang diharapkan dapat memperoleh nilai yang baik dan sesuai harapan.

Kami segenap Panitia Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun 2023 mengucapkan selamat menempuh Ujian. Semoga sukses.

Berikut Info PAT 2023 yang terdiri antara lain, Tatib PAT Pengawas & Peserta, Jadwal Mapel PAT, Jadwal Pengawas, Ruang Denah Ujian PAT. Silahkan klik masing-masing Link dibawah ini ;

Jadwal Mapel

Jadwal Pengawas

Tatib PAT Peserta

Tatib PAT Pengawas

Denah Ruang 1

Denah Ruang 2

Denah Ruang 3

Jalan-jalan ke Kota Banjar...
Jalan basah turun hujan...
Tugas kita hanya belajar...
Supaya lulus dalam ujian...

Sukses selalu anak-anak sekalian, "Dont Forget To Happy" 

 والسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ

Salam Hormat,


Panitia PAT 2023

Minggu, 14 Mei 2023

Graduation Day SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Graduation Day SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu
SMAMudaRaja.sch.id. Sabtu pagi (13/5) 2023, perhelatan Wisuda Kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Singaraja digelar di halaman sekolah. 

Mengambil tema " Go Ahead to Cheaf Your Dream " pelaksanaan Wisuda berjalan cukup lancar walau ada beberapa kendala diluar dari semua yang sudah di rencanakan. 

Pada acara tersebut diundang semua dewan guru dan pegawai SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, seluruh Ortom PDM Buleleng, Kepala-Kepala Sekolah Muhammadiyah, Ketua Dikdasmen, Ketua PDM Buleleng, Ketua PDA Buleleng, pembina SMA Muhammadiyah dan pengawas managerial SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Acara wisuda yang disiapkan hanya dalam sepekan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar walau dalam beberapa point terjadi kesalahan-kesalahan yang bersifat teknis. Namun semua bisa diatasi dan akhirnya dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Dipenghujung acara ceremonial acara wisuda, ada beberapa anak-anak kelas 11 menyumbangkan hiburan berupa pembacaan puisi dan peragaan seni beladiri Tapak Suci Putra Muhammadiyah. 

Selamat menempuh kehidupan baru ananda-ananda semoga kalian berhasil meraih semua apapun yang kalian cita-citakan.

" tetaplah menjaga komunikasi dengan Allah (shalat) dan teruslah menjaga semangatmu untuk selalu positif dengan masa depan kalian, maka raihlah suksesmua "

Kamis, 11 Mei 2023

Terus berikhtiar Bersama (Yuk, Sekolah Di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja)

Terus berikhtiar Bersama (Yuk, Sekolah Di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja)

EdPenaMu

Ujian Sekolah disebagian besar sekolah di jenjang SMP sudah berakhir pekan ini termasuk di SMP Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Dalam rangka ikhtiar dan berbagi informasi yang menyenangkan ke calon-calon peserta didik di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, dimulai hari Rabu (10/5) kemarin team PPDB SMA Muhammadiyah 2 Singaraja membuat program khusus bagi ananda-ananda peserta didik kelas 9 SMP berupa pendampingan guna memilih sekolah selanjutnya ke jenjang SMA. 

Kegiatan itu akan dilaksanakan selama 2 hari dalam sepekan hingga tiba waktu penyampaian pengumuman kelulusan nanti dibulan Juni. Hari yang dijadikan pelaksanaan kegiatan pendampingan itu adalah hari Rabu dan Jumat setelah mereka ananda-ananda kelas 9 selesai mendapatkan materi membaca Alquran. 

Pada kesempatan hari Jumat ini, Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja ikut membersamai team PPDB dengan menyampaikan kembali informasi GRATIS UANG GEDUNG yang bisa didapat oleh seluruh siswa kelas 9 yang mau melanjutkan sekolahnya di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Tidak hanya mendapatkan gartis UANG GEDUNG, para ALUMNI atau siswa kelas 9 yang melanjutkan proses belajarnya di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, juga akan diberikan potongan SPP sebesar 50K selama setahun. 

Jadi, tunggu apa lagi ayo segera daftarkan diri kalian di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja sekarang hingga 15 Mei 2023 dan dapatkan GRATIS nya. 

FOTO-FOTO GIAT PPDB DI SMP Muhammadiyah 2 Singaraja.

Dibalik Mengawal Musda X PDM/PDA Buleleng.( Latihan Team Aubade SMP Muhammadiyah 2 Singaraja )

Dibalik Mengawal Musda X PDM/PDA Buleleng.( Latihan Team Aubade SMP Muhammadiyah 2 Singaraja )

EdPenaMu

Jumat (12/5) 2023, suasana halaman SMP Muhammadiyah 2 Singaraja sedikit berbeda. Di panggung sisi kiri halaman ada beberapa siswi yang berbaris rapi yang sedang mempersiapkan diri untuk latihan bernyanyi yang akan ditampilkan saat pembukaan Musyawarah Daerah PDM dan PDA Kabupaten Buleleng yang akan diselenggarakan nanti pada hari Ahad (28/5) 2023.

Para siswi SMP Muhammadiyah 2 Singaraja yang berasal dari kelas 7 dan 8 ini telah memulai latihan bernyanyi sejak beberapa hari yang lalu dibalik kesibukan mereka belajar yang akan mengahadapi Penilaian Akhir Tahun bulan ini. 

Selama mereka latihan adalah pak Ganda yang mendampingi proses pelatihan mereka. Pak Ganda adalah seorang guru ekstra Marching Band di SMP Muhammadiyah 2 Singaraja yang sudah berjalan cukup lama dan sangat berpengalaman dibidang musik. 

Dalam persiapan menjadi pasukan audade pada saat upacara pembukaan MUSDA X PDM/PDA Buleleng, para siswa dilatih menyanyikan lagu antara lain Indonesia Raya, Sang Surya dan Mars 'Aisyiyah. 

Semoga semangat dan keikhlasan ananda-ananda ini mampu menembus semangat pelaku Muhammadiyah dalam menggerakkan Muhammadiyah khususnya di Buleleng.

FOTO-FOTO GIAT LATIHAN AUBADE SMP MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA

Rabu, 10 Mei 2023

Ngobrol MUSDA X Bersama PANLIH.

Ngobrol MUSDA X Bersama PANLIH.

EdPenaMu

 

Suasana ruang Podcast SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, hari ini Kamis (11/5) kembali ramai dengan kedatangan Sekretaris PANLIH ( Panitia Pemilihan ) MUSDA X Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpinan Daerah 'Asisyiyah Kabupaten Buleleng.

Immaduddin Syamil, S.Pd selaku Sekretaris PANLIH MUSDA X PDM dan PDA Kabupaten Buleleng,  kepada Bunga Mustika, M.Pd selaku Host memberikan penjelasan terkait proses penjaringan para calon Pimpinan Daerah Muhammadiyah untuk masa 5 tahun kedepan.

" Sampai saat ini sudah 7 orang yang mengisi kesiapan menjadi Pimpinan Daerah Muhammadiyah yang baru dengan mengisi dan mengembalikan formulir yang kami PANLIH berikan " ungkap guru Bahasa Indonesia SMA Muhammadiyah 2 Singaraja ini.

" harapan kami semakin banyak yang mendaftar sebagai calon PDM akan semakin baik, sehingga kami bisa lebih banyak menseleksi sampai menemukan calon-calon pimpinan yang terbaik." sambung sekretaris Pemuda Muhammadiyah Buleleng ini.

Dalam proses penjaringan para bakal calon PDM Buleleng, PANLIH telah menyebarkan formulir kesiapan menjadi PDM Buleleng untuk 5 tahun kedepan dengan 2 cara.

Pertama, memberikan formulir kepada individu-individu yang berpotensi sebagai PDM kedepan dengan melihat keaktifan dan usia yang bersangkutan.

Kedua, menyebarkan formulir kesiapan sebagai PDM secara acak di media sosial keluarga besar Muhammadiyah Buleleng.

Diakhir sesi Podcast Immad menyampaikan harapan kepada seluruh keluarga besar Muhammadiyah Buleleng agar dengan gembira menyambut MUSDA X ini dengan ikut hadir saat pawai ta'aruf yang akan dilaksanakan sehari sebelum MUSDA yaitu hari Sabtu (27/5) di Eks. Pelabuhan Buleleng.

Selasa, 09 Mei 2023

Menyelesaikan AMANAH

Menyelesaikan AMANAH

EdPenaMu

 


Setelah menyelesaikan semua proses formal yaitu pendidikan, pembelajaran dan pelatihan selama 3 tahun, akhirnya pada hari Jumat (5/5) 2023 seluruh siswa dan siswi kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dinyatakan LULUS.

Ternyata dengan berakhirnya semua proses formal tersebut tidak membuat para peserta didik bisa santai dan leha-leha. Masih ada beberapa agenda yang harus mereka lewati hingga mereka bisa mendapatkan IJAZAH. 

Hampir semua peserta didik wajib menyelesaikan hafalan Alquran yang diamanahkan sejak mereka memulai belajar di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan membaca Alquran sebanyak 1 Juz disaat akan mengambil Ijazah mereka.

Disamping menyelesaikan tugas-tugas seperti diatas, ada sebanyak 12 orang peserta didik yang akan menghadapi UJIAN TULIS BERBASIS KOMPUTER, mereka masih intens melakukan pertemuan-pertemuan guna mempersiapkan diri menghadapi UTBK.

Dan, menjadi akhir semua proses dinamika mereka di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja adalah hari Sabtu (13/5) 2023, dimana mereka akan mengadakan kegiatan GRADUATION yang akan diselenggarakan di Sekolah.

Kamis, 04 Mei 2023

Pengumuman Kelulusan dan Silaturahmi Bersama Orang Tua Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Pengumuman Kelulusan dan Silaturahmi Bersama Orang Tua Siswa Kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu
SMAMUDARAJA.SCH.ID. Ada yang berbeda di akhir tahun ajaran 2022/2023 ini. Hari ini Jumat (5/5) 2023 adalah hari penyampaian pengumuman kelulusan atas hasil Ujian Sekolah yang dilakukan oleh peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Pada proses pengumuman kelulusan tahun ini sekolah memutuskan menyampaikan pengumuman ini melalui tatap muka dengan mengundang semua orang tua peserta didik kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Pada saat memberikan sedikit sambutan didepan orang tua peserta didik, Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja menyampaikan kilas balik sejak anak-anak memulai pembelajaran di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja diawal tahun 2020 hingga hari ini disampaikannya pengumuman kelulusan.

" Alhamdulillah walau dengan kesederhanaan dan dengan fasilitas yang masih belum bisa dikatakan lengkap, kami para pendidik berusaha memberikan pendampingan yang terbaik bagi anak-anak kita. Segala pembenahan dan program-program terobosan kami berikan, seperti membuat podcast dan website sekolah yang pastinya kami peruntukkan mendukung proses pembelajaran yang kami selenggarakan." Ucap Edy Suprayitno yang juga relawan MDMC Bali ini.

" berikutnya setelah mereka menyelesaikan Ujian Sekolah kami hantarkan mereka melaksanakan kegiatan kunjungan belajar ke instansi-instansi baik pemerintah maupun swasta, guna mendapatkan ilmu tambahan dan alternatif pemikiran disaat mereka akan memutuskan untuk melanjutkan kuliah atau mencari pekerjaan." Tambahnya. 

Setelah sekilas sambutan dari Kepala Sekolah, akhirnya Ibu Latifah, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum membacakan pengumuman kelulusan dengan disertai syarat-syarat yang mengikutinya. 
Adapaun hasil pengumuman kelulusan kelas XII SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dinyatakan lulus semuanya. 

Mengakhiri pertemuan orang tua dan sekaligus penyampaian pengumuman kelulusan, diberikan kepada para orang tua siswa untuk menyampaikan pertanyaan ataupun saran dan kritik kepada kami sebagai pelaksana SMA Muhammadiyah 2 Singaraja ini. 

FOTO-FOTO GIAT PENGUMUMAN KELULUSAN 2023.

Rabu, 03 Mei 2023

SMAMUDA RAJA ! MENGAWAL PAT 2023 DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA.

SMAMUDA RAJA ! MENGAWAL PAT 2023 DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA.

EdPenaMu

 


 Memasuki akhir semester 2 Tahun Ajaran 2022/2023 dan mengakhiri liburan panjang hari Idul Fitri 1444 H serta waktu tersisa menjelang pelaksanaan Penilaian Akhir Semester, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja akan menyelenggarakan beberapa kegiatan yang difokuskan guna memberikan pemahaman seluruh Dewan Guru dalam IKM 2023.

Pada awal bulan Mei ini seluruh guru akan fokus mempersiapkan pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun atau PAT hingga pelaksanaan PAT yaitu tanggal 22 - 26 Mei 2023. Selanjutnya akan diadakan Remidi bagi peserta didik yang belum mendapatkan nilai tuntas di masing-masing Mata Pelajaran, dan semua guru wali akan memproses semua nilai untuk di masukkan menjadi nilai akhir rapot bagi semua peserta didik. 

Setelah pembagian rapot semua peserta didik akan menikmati libur panjang kembali selama sebulan penuh dan para guru beserta pegawai akan tetap beraktifitas guna menyambut para pendaftar peserta didik baru tahun ajaran 2023/2024.

Khusus mempersiapkan kelengkapan dan pemahaman para guru dalam penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka tahun 2023, pada tanggal 12 dan 13 Juni 2023 akan dilaksanakan WORK SHOP IKM dan REVIEW KURIKULUM. 

Selama kegiatan " Mengawal IKM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja " Ibu Ketut Widawati, M.Pd selaku Pengawas Managerial sekolah akan mendampingi kita hingga semua proses berakhir.

LUMBA - LUMBA dan BUNGA KRISAN UNGU Semangati MUSDA X PDM dan PDA Buleleng Bulan ini.

LUMBA - LUMBA dan BUNGA KRISAN UNGU Semangati MUSDA X PDM dan PDA Buleleng Bulan ini.

EdPenaMu


SMAMUDARAJA.SCH.ID. Geliat gerak langkah Muhammadiyah di Buleleng sungguh semarak dan menggembirakan. Melihat berbagai perkembangan yang terjadi sungguh narasi Muhammadiyah Islam Berkemajuan benar-benar dibuktikan. Dari pembangunan sekolah dan masjid hingga giat kemasyarakatan yang tidak bisa dianggap enteng oleh pihak manapun. Bagaimana Muhammadiyah Buleleng berperan penting dalam penanggulangan Covid 19 bersatu padu bersama pemerintah. Dan yang terpenting peran Muhammadiyah dalam mengkader dan menanamkan nilai-nilai ideologi gerakan Muhammadiyah kepada kader-kader muda Muhammadiyah mulai dari IPM, IMM dan Pemuda Muhammadiyah.

Mengawali giat 5 tahunan kedepan yaitu Musyawarah Daerah Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan 'Aisyiyah, bulan ini tepatnya nanti pada tanggal 27 - 28 Mei 2023, Muhammadiyah Buleleng akan menggelar Musda X Muhammadiyah dan 'Aisyiyah yang akan digelar di Rumah makan Manalagi Singaraja.

Dihubungi melalui chat WhatsApp Ketua Panitia Musyda X Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Buleleng, Sudarmo membeberkan giat yang mendahului pelaksanaan Musda PDM dan PDA Buleleng yaitu pada tanggal 27 Mei akan didahului dengan pelaksanaan Muspimda PDM Buleleng yang akan dilaksanakan di Komplek Perguruan Muhammadiyah Singaraja. Dan di pagi harinya pada tanggal yang sama akan dilaksanakan aksi sosial berupa  Pawai ta'aruf, Donor Darah dan Cek Kesehatan yang diselenggarakan di eks pelabuhan tua Singaraja-Buleleng.

Mengambil tema "Menggembirakan Dakwah Islam Berkemajuan di Bumi Panji Sakti", pelaksanaan Musda X Muhammadiyah Buleleng akan dihiasi dengan logo Musda yang diwakili oleh ikan Lumba-lumba yang sangat familier dengan suasana perairan Bali Utara.

Makna Logo Musda X PD. Muhammadiyah Buleleng.

1. Logo Muhammadiyah, Gerakan organisasi yang menyinari (mencerahkan) hati dan pikiran masyarakat di mana saja dengan ajaran-ajaran Islam yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-sunnah.

2. Sinar Matahari, sebagai sumber energi terbesar di bumi, yang selalu memberikan manfaat abadi kepada siapapun dengan ikhlas, tanpa mengharap pamrih.

3. Tugu Singa Ambara Raja : icon dari Kabupaten Buleleng. Tugu singa ambara raja di lambangkan singa bersayap yg mencengkram buah jagung gembal, itu melambangkan kekuatan, kesatria, kekuasaan pemimpin Bali Utara yang gagah berani.

4. Ikan Lumba-lumba: menandakan sifat  cerdas, pintar, suka menolong, berjiwa sosial tinggi dan memiliki karakter positif rahmatan lil 'alaamiin. Selain itu melihat dolphin/ lumba-lumba sebagai destinasi utama wisata di Kabupaten Buleleng. Muhammadiyah hadir untuk mendukung pariwisata utama tersebut dengan mempromosikan san mempopulerkan kepenjuru negeri.

5. Ombak Laut : Warga Muhammadiyah tangguh dan kuat dalam menghadapi persoalan diri, persyarikatan dan bangsa, sehingga tercipta masyarakat yang damai dan sejahtera.

6. Bulan : Warga Muhammadiyah selalu siap setiap saat diperlukan walaupun malam hari, tetap bersinar dalam memberikan kebaikan kepasa siapapun. Bulan juga menandakan keanggunan dan kecantikan hati nurani selalu ikhlas berbakti kepada nusa, bangsa dan agama.

7. Dominasi Warna Putih, Biru, Hijau dan kuning : melambamhakan sifat suci, bersih, ikhlas, tenang, meneduhkan dan sejahtera.

Sementara PDA Buleleng juga akan melaksanakan Musyawarah Daerah di hari dan tempat yang sama, dengan logo yang dihiasi oleh bunga Krisan Ungu.

Makna Logo Musda X PD. 'Aisyiyah Buleleng.

1. Logo 'Aisiyah bersinar : Melambangkan syiar 'Aisyiyah yang mencerahkan, kemajuan menatap masa depan, berpikir dan bekerja secara nyata dengan ikhlas lillahi ta'ala.

2. Bunga Krisan Ungu : Menandakan kesetiaan, persahabatan, kebahagiaan, kepercayaan, optimisme dan umur panjang dalam setiap gerak perjuangan.

3. Daun : melambangkan keteduhan dan kehidupan yang bermanfaat bagi sesama dimanapun dan kapanpun. Cinta alam dan melestarikan lingkungan hidup untuk generasi selanjutnya.

4. Empat daun membentuk gambar kupu-kupu : melambangkan tegar, teguh dan gigih pendirian dalam berjuang sampai menjadi makhluk yang sempurna dan bermanfaat. Selalu berfikir dan bertindak positif, menyenangkan,  dan selalu memperbaiki bila ada kerusakan.

5. Dominasi Warna kuning, hijau dan ungu : menandakan keteguhan hati dalam beribadah, kasih sayang, kehangatan dalam bersahabat, kesejahteraan, cerdas, bijaksana dan anggun dalam bertindak dan bertutur kata.

Selasa, 02 Mei 2023

HALAL BIHALAL CIVITAS SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

HALAL BIHALAL CIVITAS SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu

 


Setelah selama 2 pekan menghabiskan liburan Idul Fitri di rumah dan di kampung halaman masing-masing. Hari Selasa (2/5) 2023, seluruh civitas SMA Muhammadiyah 2 Singaraja kembali melanjutkan aktifitas pembelajaran yang sebelumnya diawali kegiatan apel dan sekaligus halal bihalal disegenap guru, pegawai dan seluruh siswa SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Pada pelaksanaan apel dan halal bihalal yang diselenggarakan di halaman sekolah yang dihadiri oleh seluruh peserta didik, guru dan pegawai, Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh peserta didik yang hadir. 

" satu hal yang harus kita lakukan bersama-sama paska bulan suci Ramadhan adalah, mari kita tetap istiqamah melakukan dan melanjutkan semua hal-hal baik yang kita kerjakan saat Ramadahan kemarin. Karena sangat sesuai dengan Visi Sekolah kita yaitu " Insan berkemajuan berakhlak mulia ". Dengan gemblengan Ramadhan selama sebulan, hari ini dan seterusnya kita harus menjadi insan yang berkemajuan dalam hal akhlak, berkemajuan dalam hal disiplin dan berkemajuan dalam hal semangat melanjutkan amanah yang ada dipundak kita masing-masing." tutur Edy Suprayitno selaku Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Masih dalam suasana halal bihalal, Edy meneruskan sembari berharap mari semua salah dan khilaf yang pernah ada diantara kita baik disengaja maupun tidak kita lebur dan ikhlaskan hari ini. Dan semoga Allah mempertemukan kita semua bersama dengan Ramadhan tahun depan.

" khusus untuk ananda-ananda kelas 12 semoga semua lulus dan berhasil mencapai apapun yang kalian rencanakan dan cita-citakan setelah menamatkan sekolah kalian dari SMA Muhammadiyah 2 Singaraja." lanjutnya.

Akhirnya acara apel dan halal bihalal diakhiri dengan acara bersalam salaman antara semua peserta didik, guru dan pegawai SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.


FOTO-FOTO GIAT HALAL BIHALAL