Jumat, 31 Maret 2023

Pendidikan dalam Ramadhan

Pendidikan dalam Ramadhan

fajar007.blogspot.com


Ramadan 1444 H sudah berjalan besok memasuki 10 hari. Momen dimana segenap umat Islam “terlibat” dalam melaksanakan berbagai kewajiban agama. Besar-kecil, tua-muda, laki-laki dan perempuan semua larut dalam suasana relijius yang tercipta ketika bulan sabit (hilal) muncul menandai permulaan Ramadan, atau ketika Menteri Agama Republik Indonesia menyampaikan pidato yang menyatakan bahwa 1 Ramadan sudah “datang.”

Disambut tabuhan beduk, tarawih dimulai, sahur, kemudian salat subuh dan sebagainya sehingga kita benar-benar telah memasuki bulan Ramadan. Pertanyaan utamanya adalah apakah Ramadan “hanya” serangkaian ritual yang setiap tahun kita laksanakan dan berakhir saat Takbir Idul Fitri berkumandang? Kemudian apa implikasi yang diharapkan dari ibadah puasa di bulan Ramadan termasuk pengalaman keagamaan yang kita alami? 

Dalam Buku “Dialog Ramadhan bersama Cak Nur’ diungkapkan bahwa: Bulan Puasa adalah bulan penuh hikmah. Orang-orang Islam tanpa perlu dipaksa biasanya muncul sendiri kesadarannya bahwa sebagai insan beragama mereka memiliki konsekuensi dari sifat keagamaan yang dipeluknya berupa berbagai kewajiban yang harus ditunaikan, baik kepada Tuhan maupun kepada manusia. Mereka yang “kurang terbiasa” dengan berbagai ritual keagamaan seperti salat misalnya, barangkali di bulan Ramadan akan “mikir dua kali kalau mau bolong”, karena sering mendengar berbagai ucapan seperti: “Tidak ada gunanya puasa kalau tidak salat’, “Puasa kalau nggak salat pahalanya nggak dicatet” dan sebagainya.  Dan aspek lain, puasa adalah menahan, yakni harus tahan dengan haus, lapar, dan satu hal penting nafsu birahi.

Secara fitrah manusia adalah makhluk beragama, secara naluri manusia baik sadar atau tidak pada hakikatnya selalu meyakini adanya eksistensi Tuhan Yang Maha Kuasa. Walaupun secara pernyataan ada yang tidak mengakui adanya eksistensi Tuhan, tetapi sekali lagi itu hanya pernyataan lisan. Secara hakiki ia tetap meyakini adanya kekuatan di luar kekuatannya yang tidak mungkin dilampaui dan memiliki kekuatan Yang Maha. Pada diri manusia juga terdapat naluri untuk mencintai dan dicintai secara spiritual. Keinginan ini tidak mungkin dapat terpenuhi kecuali melalui kegiatan dan ritus keagamaan. Bahkan naluri ini memiliki porsi yang cukup besar dalam jajaran naluri yang dimiliki manusia.

Sejatinya manusia akan menampakan diri kepada apa yang disebut dengan Sifat-sifat keTuhanan. Sifat-sifat keTuhanan ini tidak akan ditemui manusia tanpa mengalami berbagai proses dan pengalaman serta refleksi berpikir tentang eksistensi dirinya dalam spektrum kosmologis. Proses inilah yang saya sebut sebagai Proses Tarbiyah.

Hal yang paling sederhana kita lakukan sehari-hari adalah melakukan sesuatu yang mampu meningkatkan kualitas hidup kita. Dalam hal ini tentunya akan sia-sia jika berpuasa dengan berbagai konsekuensi lapar dan menahan dari sesuatu yang halal di siang hari jika tidak ada perubahan dalam tingkah laku, akal budi, sifat-sifat kita.  Jadi, Puasa merupakan proses memfungsikan Fitrah kehidupan.  Orang yang belum mampu memaknai puasa di bulan Ramadan sebagai sebuah proses Tarbiyah berarti telah kehilangan satu elemen dalam hidupnya yang cukup substansial, paling tidak telah kehilangan kesempatan dan kesadaran secara personal untuk memperbaiki diri sebagai manusia menuju Rabb-nya melalui sifat-sifat keTuhanan yang bisa didekati manusia. Selamat bertarbiyah di bulan Ramadan.

Semoga dalam puasa ini, kita mendapatkan fadilah di dalamnya, yang kita tahu, ada momen spesial Lailatul Qadar, Pengampunan akan dosa, Ijabahnya Doa, dan dibukakannya pintu surga. Aamiin.

By : Ahmad Fajarisma

Kamis, 23 Maret 2023

Puasa, US, Piket Kelas dan Robicon.

Puasa, US, Piket Kelas dan Robicon.

EdPenaMu

Horeeee, seakan teriakan itu keluar dari mulut para siswa SMA Muhammadiyah 2 Singaraja pada hari Jumat (17/3) setelah menyelesaikan Penilaian Tengah Semester Genap dan segera menikmati libur awal puasa selama 5 hari ditambah libur hari Sabtu dan Ahad.

*PUASA*

Tepat di hari Kamis (23/3) puasa awal Ramadhan 1444 Hijriyah kami awali dengan sehari sebelumnya shalat taraweh yang kebetulan bersamaan dengan malam Nyepi bagi saudara kita umat Hindu. 

Alhamdulillah Allah masih mempertemukan kita dengan puasa Ramadhan yang penuh dengan ampunan, pahala dan rahmat Allah SWT. Semoga dibulan suci Ramadhan ini kita semua keluarga besar SMA Muhammadiyah 2 Singaraja senantiasa diberikan kesehatan, rezeki serta diringankan langkah kita guna dapat menjalankan amalan-amalan dan Allah lipat gandakan pahalanya. 

Tak terasa hari pertama Ramadhan telah kita lalui, semoga puasa-puasa berikutnya tetap dapat kita lalui dipenuhi dengan kegiatan yang bernilai ibadah dan pahala yang berlimpah. 

*UJIAN SEKOLAH*

Pekan depan sembari tetap berpuasa siswa kelas XII akan menghadapi Ujian Sekolah yang merupakan salah satu penentu kelulusan bagi mereka. Ujian Sekolah ini adalah pengganti Ujian Nasional atau UN yang telah diganti sejak Pandemi Covid 19 terjadi menjadi Ujian Sekolah atau US. 

Ujian Sekolah ini diadakan selama 8 hari mulai tanggal 27 Maret sampai tanggal 5 April 2023. 

Yakinkan diri kalian anak-anak, bulan ini ketika kalian melaksanakan Ujian Sekolah sambil menunaikan ibadah Puasa, sesungguhnya kalian sedang berada di tengah-tengah medan Jihad yang insyaaAllah Allah jaminkan pahala Syorga bagi kalian. 

*PIKET KELAS*

Sementara siswa kelas XII dengan segudang ladang pahala yang diberikan Allah pada mereka, siswa kelas X dan XI juga Allah berikan ladang pahala yang sama berlimpahnya dengan melaksanakan amanah Piket Kelas disetiap hari sebelum pelaksanaan Ujian Sekolah. 

Berangkatlah kalian di pagi hari sebelum pelaksanaan US dengan niat melaksanakan amanah piket kelas sehingga pelaksanaan US dapat berjalan dengan nyaman dan 
menyenangkan bagi kelas XII yang akan melaksanakan Ujian Sekolah. 

Yakinlah, Allah tidak akan menyia- nyiakan usaha dan pelayanan kalian apalagi kalian lakukan itu semua di bulan Suci Ramadahan. 

*ROBICON*

Lalu apa hubungannya Puasa, US dan Piket Kelas yang kalian lakukan dengan ROBICON yang lagi ngetrend hari ini gegara kasus anak pejabat pajak yang sedang bermasalah hukum? Tentu tidak ada. Selamat PUASA, US dan PIKET KELAS. 

Rabu, 22 Maret 2023

INFO UJIAN SEKOLAH 2023

INFO UJIAN SEKOLAH 2023

fajar007.blogspot.com

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Kepada seluruh siswa kelas XII yang berbahagia, pada hari Senin, 27 Maret 2023 hingga Rabu, 5 April 2023 akan dilaksanakan Ujian Sekolah. Tentunya persiapan matang dengan tekun belajar sudah dilakukan secara maksimal. 

Semoga dalam melaksanakan Ujian Sekolah nanti berjalan lancar dan sukses, serta memperolah nilai baik. Dibawah ini, panitia berikan acuan untuk disimak perihal info Ujian Sekolah yang antara lain silahkan diklik pada bagian dibawah ini ;

JADWAL MAPEL UJIAN SEKOLAH

JADWAL PENGAWAS UJIAN SEKOLAH

DENAH RUANG 1

DENAH RUANG 2

TATA TERTIB PENGAWAS & PESERTA

Selamat menempuh Ujian Sekolah pada Tahun Ajaran 2022/2023. Kerjakan dengan mandiri, teliti, serta penuh percaya diri. 

والسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُه

Salam Hormat, 

Panitia Ujian Sekolah

Selasa, 21 Maret 2023

Arak Ogoh-ogoh, Krame Hindu Siap Sambut Nyepi Esok Hari.

Arak Ogoh-ogoh, Krame Hindu Siap Sambut Nyepi Esok Hari.

EdPenaMu


SMAMUDARAJA.SCH.ID. Perempatan jalan di tengah Kota Singaraja antara jalan Pramuka dan Ponogoro, sore ini (21/3) 2023 penuh sesak dengan kerumunan masyarakat kota Singaraja yang ingin menyaksikan pawai ogoh-ogoh yang dihelat oleh Krame ( Masyarakat ) Hindu yang merupakan rangkaian dari hari raya tahun baru Nyepi Tahun Ćaka 1945 yang jatuh pada hari Rabu (22/3) esok hari.

Mengambil start dari depan taman Kota Singaraja puluhan Ogoh-ogoh diarak dengan cara  diangkat oleh puluhan pemuda dari banjar masing-masing menuju arah perempatan jalan Pramuka, dimana disepanjang jalan telah dipenuhi oleh masyarakat kota yang berdesak-desakan berbaris dari segala suku dan agama.

Pawai ogoh-ogoh di tengah kota Singaraja ini adalah gabungan dari beberapa banjar yang ada di seputaran Kota Singaraja yang dihelat mulai pukul 17.00 sampai pukul 20.00.

Acara mengarak ogoh-ogoh yang dilakukan sehari sebelum perayaan tahun baru Nyepi tahun ćaka 1945 ini adalah sebuah symbol membersihkan dunia dari roh-roh jahat sebelum esok harinya masyarakat Hindu merayakan Brata Penyepian, ujar salah satu pecalang saat di konfirmasi.

Nyepi sendiri adalah hari raya Tahun baru Ćaka bagi umat Hindu dimana ditahun 2023 ini telah memasuki tahun Ćaka 1945. Dan disaat Nyepi esok hari, umat Hindu akan berpuasa dengan tidak melakukan 4 hal atau kegiatan yang biasa disebut Catur Brata Penyepian. Catur Brata Penyepian yaitu 4 pantangan yang wajib dilaksanakan dan dipatuhi umat Hindu, di antaranya amati karya, amati geni, amati lelungan, dan amati lelanguan. Uangkap Pecalang yang tidak mau disebut namanya.

Sementara disaat umat Hindu merayakan hari raya Nyepi, bertepatan juga umat Islam di malam Nyepi akan melaksanakan shalat taraweh perdana yang dilanjutkan dengan puasa hari pertama pada keesokan harinya.

Dengan komunikasi dan koordinasi yang telah dibangun antar pemimpin agama masing-masing bersama pemerintah setempat, pelaksanaan taraweh dan Nyepi dapat dilaksanakan secara bersama-sama tentunya pelaksanaan shalat taraweh dapat menyesuaikan dengan suasana Nyepi yang sedang berlangsung di malam harinya.

Masyarakat Islam Singaraja Khususnya dan Bali pada umumnya dihimbau dapat melaksanakan shalat taraweh di rumah masing-masing atau di masjid/mushala terdekat dengan berjalan kaki dan mengatur pencahayaan serta tidak menggunakan suara speaker luar yang menggema. Hal ini dilakukan agar masing-masing umat yang sedang beribadah dapat saling menjaga dan bertoleransi. 

Senin, 20 Maret 2023

Jeda Tengah Semester, SD Muhammadiyah Singaraja Gelar Karya dan Apresiasi Seni  Siswa.

Jeda Tengah Semester, SD Muhammadiyah Singaraja Gelar Karya dan Apresiasi Seni Siswa.

EdPenaMu
Dalam mengisi jeda semester genap 2023-2024, hari ini (21/3) 2023 SD MUHAMMADIYAH SINGARAJA menggelar Pentas Seni dan Expo ( Gelar Karya ) siswa siswi SD Muhammadiyah  Singaraja. 

Kegiatan yang digelar di halaman sekolah ini dipenuhi oleh seluruh siswa SD Muhammadiyah Singaraja yang turut menyaksikan berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan. Dengan diiringi suara musik yang menggema, sekumpulan siswa dan siswa menari mewakili kelas masing-masing. 

Ada yang menari, membaca puisi, bernyanyi bersama, drama dan tampak juga digelar karya siswa-siswi SD Muhammadiyah Singaraja yang dipajang diatas meja panjang yang telah disiapkan.

Gelar Karya ini merupakan hasil kerja seluruh siswa dan siswi SD Muhammadiyah Singaraja yang termasuk dalam mata pelajaran Kewirausahaan. Dan kegiatan ini adalah implementasi dari 5P atau Project Penguatan Profile Pelajar Pancasila yang sekaligus menjadi tema dari kegiatan hari ini.
Kwarda HW Buleleng Mendapat Kunjungan Dari Kwarwil HW Bali.

Kwarda HW Buleleng Mendapat Kunjungan Dari Kwarwil HW Bali.

EdPenaMu
SMAMUDARAJA.SCH.ID. Pagi ini pukul 09.30 Kwartir Daerah atau Kwarda HW Buleleng kedatangan beberapa orang Pimpinan Wilayah HW Bali atau Kwarwil HW Bali.

Maksud kedatangan para Pimpinan Wilayah HW Bali ini adalah dalam rangka mensosialisasikan rencana pelaksanaan Muktamar HW yang akan dilaksanakan tahun ini tepatnya tanggal 26-29 Juli 2023 di Malang.

Pertemuan yang diadakan di ruang guru SD Muhammadiyah Singaraja ini dihadiri oleh seluruh pimpinan Kwarda HW Buleleng dan 3 Pimpinan Kabilah SD, SMP dan SMA Muhammadiyah Singaraja. 

Pada pertemuan tersebut disampaikan harapan agar Kwarda Buleleng dan 3 Kabilah yang dimilikinya dapar ikut dan meramaikan pelaksanaan Muktamar tahun ini.

" kami berharap Kwarda HW Buleleng dapat hadir dan menggunakan hak suaranya sehingga kita semua ikut berperan dalam proses perbaikan dan pengembangan HW yang kita cintai ini di masa yang akan datang." Ucap Ramanda Cik Ujang yang juga sekaligus Ketua Kwarwil HW Bali.

Pada sesi akhir sosialisasi seluruh yang hadir melakukan sesi foto bersama di ruang tunggu SD Muhammadiyah Singaraja. 

FOTO-FOTO GIAT SOSIALISASI KWARTIR HW BALI.

Rabu, 15 Maret 2023

SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Terima Kunjungan Dosen Sosiologi Undiksa Singaraja.

SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Terima Kunjungan Dosen Sosiologi Undiksa Singaraja.

EdPenaMu

SMAMUDARAJA.SCH.ID. Pagi ini Rabu (15/3) SMA Muhammadiyah 2 Singaraja kedatangan salah satu Dosen Undiksa mata Kuliah Sosiologi yang bernama Alif Alfi Syahrin, M.Pd, dan kebetulan istri beliau yang bernama Bunga Mustika, M.Pd juga seorang guru di sekolah ini dengan mengampu mata pelajaran yang juga sosiologi. 

Kedatangan bliau yang utama adalah dalam rangka silaturahmi dan sekaligus meminta ijin untuk dapat melakukan penelitian dan sekaligus pengabdian di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Diterima oleh Kepala Sekolah dan ditemani oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, keinginan Pak Alif untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja sangat diterima dan akan didukung hingga rencana ini yang akan dilaksankan nanti pada awal tahun ajaran baru 2023/2024 dapat terlaksana sesuai dengan rencana.

" kami sangat berterima kasih pak Alif mau menjadikan sekolah kami sebagai lokasi dilaksanakannya penelitian dan pengabdian bagi bapak dan team, semoga kami bisa membantu dan mendukung semua kebutuhan terkait pelaksanaan penelitian dan pengabdian yang akan dilaksanakan." Tutur Edy Suprayitno.

" saya juga berterima kasih, kami diterima dengan baik, semoga rencana ini dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi sekolah khususnya dan sudah pasti bagi tugas kami juga." Timpalnya.

Sekedar diketahui bapak Alif juga adalah kader Pemuda Muhammadiyah yang aktif dikegiatan Pemuda Muhammadiyah Buleleng. Selain di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja bliau melaksanakan penelitian dan pengabdian, hal serupa juga akan dilaksanakan di MAN Patang, Buleleng. 

Jumat, 10 Maret 2023

Pekan Depan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Gelar PTS dan Ujian Sekolah Praktek.

Pekan Depan SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Gelar PTS dan Ujian Sekolah Praktek.

EdPenaMu
SMAMUDARAJA.SCH.ID. Memasuki semester ke 2 yang sudah berjalan selama 3 bulan, ini berarti anak-anak sudah akan segera menghadapi Penilaian Tengah Semester. 

PTS Semester 2 yang akan digelar selama sepekan ini akan dimulai pada hari Senin (13/3) hingga (17/3) 2023. 

Latifah, S.Pd selaku Ketua Panitia menyampaikan jumat (10/3), bahwa persiapan pelaksanaan PTS sudah merampungkan hampir 99%, tinggal mengatur bangku dan memasukkan semua soal di amplop masing-masing yang telah disediakan. 


Sementara persiapan Ujian Sekolah Praktek yang juga digelar dihari yang sama yaitu Senin (13/3) juga sudah rampung karena hanya menentukan jadwal bagi masing-masing Mata Pelajaran yang mengadakan Ujian praktek. Dan untuk Ujian Sekolah akan digelat pada tanggal 27 Maret hingga 3 April 2023.

Sekedar informasi tambahan, hingga kini sejak tahun ajaran baru 2022/2023 SMA Muhammadiyah 2 Singaraja telah menerapkan proses pembelajaran tatap muka penuh atau full day yang dihelat dari hari Senin hingga Jumat, mulai pukul 07.00 sampai shalat Ashar berjamaah berakhir. 



Rabu, 08 Maret 2023

Selasa, 07 Maret 2023

Ngobrol Pintar Bersama Ketua Dan Sekretaris Baru PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Ngobrol Pintar Bersama Ketua Dan Sekretaris Baru PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu

 

SMAMUDARAJA.SCH.ID, Rabu (8/3) 2023 Podcast SMAMUDARAJA episode ke 26 mengundang Ketua dan sekretaris baru periode 2023 - 2024, Faiz Aqilansyah selaku Ketua dan Yuni Safitri selaku Sekretaris. 

Selaku Ketua Faiz Aqilansyah yang merupakan salah satu anggota SATIN atau Satuan Inti PMR PMI Kabupaten Buleleng dan juga mantan Ketua Bidang Organisasi PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja menyatakan dirinya tidak mentarget sebagai Ketua, karena prinsipnya sebagai apapun kita di organisasi harus siap dan amanah.

Faiz yang juga salah satu anggota PD IPM Buleleng yang masih duduk di kelas XI IPA ini juga telah menyusun personalia kepengurusan baru PR IPM untuk setahun kedepan, dengan memposisikan orang-orang yang telah ikut bergerak dan berdinamika di PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Sementara Yuni Safitri siswi kelas XI IPS yang ditugaskan sebagai sekretaris menyatakan kesiapannya dalam mengawal Ketua terpilih sebagai Sekretaris. Yuni yang memiliki bakat menggambar dan ketrampilan lainnya akan berusaha semaksimal mungkin bergerak dan berkarya dalam mengemban amanah untuk memajukan IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Pada kesempatan terakhir mereka berdua berkomitmen untuk dapat menjadi contoh dan tauladan bagi anggota IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dan senantiasa mendukung dan mengawal program  sekolah demi cita-cita seluruh siswa SMA Muhammadiyah 2 Singaraja


Minggu, 05 Maret 2023

Faiz Aqilansyah Pimpin PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Periode 2023-2024.

Faiz Aqilansyah Pimpin PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Periode 2023-2024.

EdPenaMu
Kepala Sekolah bersama Mantan Ketua dan Ketua Terpilih.

SMAMUDARAJA, Sabtu (4/3) 2023, mengambil tempat disalah satu ruang kelas SMA Muhammadiyah 2 Singaraja PR IPM mengadakan Musyawarah Ranting yang ke 3. 

Dengan tema " Berawal dari Kemampuan, menjadi sebuah identitas " Musyran III ini akan dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai pada hari Sabtu hingga Senin (6/3) 2023 dimana pada hari senin akan diadakan agenda pemilihan pimpinan dengan cara pemungutan suara secara digital. 

Saat pembukaan yang dihadiri oleh Ketua Dikdasmen PDM Buleleng, Kepala Sekolah, Pembina Sekolah dari Dikdasmen dan para undangan lainnya, Ketua Dikdasmen memberikan motivasi saat sambutan dan sekaligus membuka kepada para Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja yang akan segera digantikan. 

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan saat memberikan sambutan kembali mengingatkan kepada segenap PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja agar tetap semangat dan mengoptimalkan sisa-sisa waktu pengabdian sebagai pimpinan Ranting kepada IPM dan sekolah.

" melihat tema Musyran III yang kalian angkat hari ini yaitu " Berawal dari Kemampuan, menjadi sebuah identitas " tentu ini jangan hanya dijadikan slogan yang akhirnya tanpa makna, tapi harus dijadikan semangat perubahan yang berkemajuan." Imbuh guru pengampu mata pelajaran PKn ini.

Memasuki agenda sidang yang di bagi menjadi 10 kali sidang Pleno, antara lain : sidang Pleno I mendengarkan Pidato Iftitah dari Ketua Umum PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, sidang Pleno II membahas pemilihan Presidium sidang, sidang Pleno III tentang Pembahasan Tatib Musyran dan Pemilihan dan sidang Pleno IV mendengarkan Laporan Pertanggungjawaban Ketua PR IPM. 

Sementara untuk sidang Pleno V hingga VIII yang membahas tanggapan atas LPJ Ketua, penetapan anggota sidang komisi, penyampaian hasil sidang komisi, dan penetapan anggota formatur dilanjutkan kembali setelah istirahat shalt dan makan. Untuk sidang Pleno IX yang berisikan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan pada hari Senin (6/3) dan dilanjutkan dengan sidang Pleno X atau terakhir yang berisikan agenda pembacaan hasil pemungutan suara.

Setelah melalui proses yang cukup melelahkan akhirnya proses Musyawarah Ranting yang memiliki agenda utama pergantian kepengurusan berakhir dan menetapkan Ipmawan Faiz Aqilansyah kelas XI IPA sebagai Ketua, dan Ipmawati Yuni Safitri kelas XI IPS sebagai Sekretaris. 

Menutup pelaksanaan Musyawarah Ranting IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Senin (6/3) 2023 pukul 13.15, Edy Suprayitno selaku Kepala Sekolah mengucapkan terima kasih kepada Alfiarida Salsa Nabila Vat dan jajaran yang telah mendedikasikan dirinya sebagai Ketua dan Pimpinan PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Dan memberi pesan kepada Faiz Aqilansyah sebagai Ketua terpilih agar bersungguh-sungguh dan penuh semangat dalam mengemban tugas sebagai Ketua PR IPM periode 2023-2024.

FOTO-FOTO GIAT MUSYRAN III :

Police Goes to School di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Police Goes to School di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu
Pembina Upacara Iptu Putu Arwati

Senin (6/3) 2023, Kepolisian Republik Indonesia Polersta Buleleng menugaskan salah satu anggotanya yakni Iptu Putu Arwati menjadi Pembina Upacara dalam Upacara bendera yang rutin setiap hari Senin kami selenggarakan. 

Kegiatan ini merupakan program yang dicanangkan oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo yang bertajuk Polisi Goes To School. Program ini bertujuan untuk lebih mendekatkan masyarakat khususnya pelajar Indonesia dengan Polisi Republik Indonesia. 

Dalam amanatnya saat upacara bendera yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, para guru dan seluruh siswa kelas 10 hingga 12 SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, Iptu Putu Arwati menyampaikan banyak hal terkait tata tertib berlalu lintas, pentingnya semangat dalam belajar hingga menjelaskan betapa berbahayanya Obat-obatan terlarang dari Narkotika hingga turunan-turunannya. 

" bahkan Obat-obatan terlarang dalam hal ini sabu-sabu sudah diproduksi dalam bentuk permen dan bahkan dalam bentuk herbal, maka hati-hatilah dalam mengkonsumsi permen2an dan termasuk perlu diteliti sekalai saat akan mengkonsumsi obat-obatan herbal." Jelas bliau penuh semangat.

Sesuai pelaksanaan upacara bendera seluruh team Kepolisian yang membersamai Iptu Putu Arwati melakukan sesi foto bersama dengan seluruh keluarga besar SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

FOTO GIAT UPACARA BENDERA SENIN, 6 MARET 2023 :

Rabu, 01 Maret 2023

Kunjungan Babinkamtib Desa Kaliuntu

Kunjungan Babinkamtib Desa Kaliuntu

EdPenaMu

 


Hari ini ketika pagi masih beranjak dan aktifitas sekolah sudah mulai bergeliat, sekolah kami kedatangan bapak Babinkamtib Desa Kaliuntu bernama bapak Pelda I Made Bob yang merupakan Babinkamtib yang baru bertugas di desa Kaliuntu.

Dengan ramah dan penuh keakraban bapak Made datang dan kami sambut terima di ruang kepala sekolah. Dalam obrolan kami yang sangat renyah dan akrab, pak Made yang sebelumnya berdinas di Gilimanuk banyak menggali informasi terkait kondisi sekolah kami dan proses belajar mengajar yang terjadi di sekolah kami.

Selaku Babinkamtib pak Made sangat antusias dan fasih dalam menjelaskan betapa hubungan masyarakat apalagi masyarakat sekolah terhadap kondisifitas masyarakat disekitarnya. 

Dalam kesempatan pertemuan itu, kami selaku Kepala Sekolah juga sangat mengapresiasi dan membuka pintu selebar-lebarnya atas program Police Goes to School yang di canangkan oleh bapak Kapolri. Dan pada hari Senin tanggal 6 February 2023 giliran sekolah kami yang akan didatangi bapak Polisi dan berkesempatan akan menjadi Pembina Upacara. 

Semoga Kepolisian RI ini dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga dapat dikembangkan dalam bentuk kerjasama lainnya.