Minggu, 01 Januari 2023

Sebuah Refleksi dari Tulisan Kawan ! "Geometri Transformasi 2023"

Gambar hanya pemanis dari mereka yang manis-manis.

Libur panjang seharusnya menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu untuk menorehkan tulisan-tulisan yang berjubel dalam otak. Tapi, hingga tersisa beberapa hari lagi liburan, saya baru membuat satu tulisan. 

Liburan ini saya habiskan beberapa hari di kampung istri Karangasem, beberapa hari di Denpasar dan beberapa hari di Singaraja dan menyisakan sepekan lagi saya habiskan kembali di kampung istri sekaligus menghantarkan anak kedua yang sekolah di sana.

Sembari ngopi saya buka WA Group sekolah dan ada tulisan menarik yang dibuat oleh kawan sejawat, namanya Fajarisma dan dia adalah seorang guru mata pelajaran matematika. 

Sungguh saya tertarik dengan tulisannya yang menjabarkan ilmu matematika khususnya Geometri yang ia kaitkan dengan transformasi kehidupan kita, judul tulisannya "  Geometri Transformasi 2023 ". Jujur saya tertarik dengan ilmu matematika yang sangat penuh keajaiban yang banyak belum terbongkar. 

Sambil menyeruput kopi hitam pait buatan istri, saya buka link tulisannya yang ia kirim melalui Web sekolah kami yaitu smamuhammadiyah2singaraja.sch.id. 

Cukup enak cara dia menulis, simple dan mudah dipahami. Pada tulisannya kali ini, setelah membaca dari awal yang sangat khas, kalau saya bayangkan dia sedang membaca tulisannya, medok jawanya akan sangat terdengar. 

Dia memulai inti tulisannya dengan membagi empat materi fokus yaitu Refleksi, Rotasi, Translasi, dan Dilatasi. 

Menarik, sekali lagi menarik mata pelajaran yang satu ini. Sungguh didalamnya terdapat nilai-nilai dan gambaran sisi kehidupan yang kita mungkin tidak ketahui. Jujur mendengar kata Refleksi bukanlah kata asing ditelinga saya. Namun, menjadi menarik disaat seorang guru Matematika menjabarkannya dalam sebuah tulisan yang ia kaitkan dengan ilmu Geometri. Memang kita harus banyak-banyak merefleksi diri atas apa yang sudah kita lakukan baik kaitannya dengan tahun baru maupun tidak. Karena Refleksi sejatinya adalah evaluasi atas apa yang sudah kita lakukan selama ini.

Pun dengan kata Rotasi. Hidup memang harus terus berputar dan bergerak, dan yakinkan diri dimanapun dan bagaimanapun akhir transit kita dari proses perputaran itu harus kita terima dan jalani untuk selanjutnya kita Refleksikan atau evaluasi kembali.

Aspek ketiga adalah Translasi. Translasi dalam pengertian matematika adalah perpindahan dari tempat bidang awal ke tempat lain. Artinya dalam kehidupan, kita harus yakin dan percaya bahwa perubahan pasti senantiasa akan terjadi dalam kehidupan kita. Apapun bentuk perubahan itu kita harus siap menjalaninya.

Pada bagian aspek terakhir yaitu Dilatasi. Arti Dilatasi adalah pengali dengan tujuan untuk memperbesar atau memperkecil suatu bidang.

Pada bagian ini saya agak bingung mengaitkannya dengan kehidupan kita, tapi menurut saya Dilatasi bisa saja kita artikan berbagai rencana yang kita buat dalam kehidupan kita yang kadang kita ingin memperbesar atau meningkatkan mutu kehidupan kita atau mengontrolnya kita sesuaikan dengan kondisi penghasilan kita. 

Hehehe...Matematika memang unik pun pengajarnya juga harus bisa seunik mata pelajarannya. 

EdPenaMu

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar