Senin, 23 Januari 2023

Peluang Kejadian

Sesungguhnya hidup itu penuh peluang kejadian, yang tanpa kita sadari atau tidak sering dihadapi pada kehidupan sehari-hari. 

Ada pepatah mengatakan, peluang tidak datang untuk kedua kalinya. Menurut istilah lain, peluang itu bisa saja dicapai untuk kedua kalinya.

Belajar soal peluang di matematika disebut probabilitas. Artinya harga angka yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan suatu peristiwa atau kejadian akan terjadi. Nilai peluang di antara 0 dan 1. Peluang kejadian 0 artinya kejadian tersebut tidak mungkin terjadi. Sedangkan peluang kejadian 1 artinya kejadian tersebut pasti terjadi. Ada pula peluang ½ yakni bisa jadi bisa tidak, alias ragu.

Sebagai contoh, peluang kejadian 0, adalah suatu kejadian yang tidak mungkin terjadi, cowok melahirkan, ikan habitatnya di darat, sapi bertelur, katak beranak. Kemudian gambaran peluang kejadian 1 yakni suatu peluang kejadian yang sudah pasti terjadi, meliputi, matahari terbit dari timur, tenggelam ke barat, ibu melahirkan, sapi beranak, ayam bertelur, dan sejenisnya. Peluang kejadian 1 ini, adalah suatu kejadian yang pasti telah terjadi secara hukum Allah.

Lalu kejadian yang sifatnya masih meraba-raba atau peluang kejadian ½ bersifat seperti ramalan. Seperti cuaca besok belum tentu hujan, atau boleh jadi terang. Memprediksi jenis kelamin lahirnya anak, mengajukan sebuah lamaran pekerjaan yang antara diterima atau ditolak, dan sebagainya.

 Peluang juga punya banyak manfaat dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya membantu pengambilan keputusan yang tepat, memperkirakan hal yang akan terjadi, hingga meminimalisir kerugian.

Saat berdagang, setiap penjual tidak ingin produknya semua rugi, pasti ingin untung dan lebih laris lagi. Begitu juga dengan tujuan kehidupan, pasti tersusun tujuan yang ingin dicapai. Dari setiap pencapaian itu, mungkin ada sebagian terwujud, atau belum. 

Begitupun dengan sebuah musyawarah, disana akan banyak kejadian yang semula berupa saran-saran, lalu diputuskan dengan sebuah kesepakatan. Bentuk peluang seperti ini, merupakan peluang kejadian yang belum pasti lalu dibuatlah keputusan untuk dipastikan target-target yang akan dijalankan.

Peluang perlu untuk dipelajari terutama karena membantu kita untuk menilai sebuah situasi yang kita hadapi.

Mari kita temukan peluang-peluang yang baik dalam kehidupan ini, agar makin sukses hidup kita baik dunia maupun di akherat. Aamiin.

By : Ahmad Fajarisma

fajar007.blogspot.com

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar