Selasa, 24 Januari 2023

Matematika Relasi

Siapa yang sudah pernah belajar relasi di matematika ?semoga kita semua pernah merasakan. 

Relasi adalah hubungan, seperti antara kakak dengan adik, hubungan saudara kandung, hubungan kerja, dan sebagainya. Relasi ini dalam kehidupan sehari-sehari sangat penting. Tujuannya agar kita memiliki banyak sahabat, keluarga, dan pengaruh besarnya adalah jika kita ada masalah, maka dapat saling membantu diantara sesama.

Pada konsep matematika relasi adalah suatu yang menyatakan hubungan atau kaitan yang khas antara dua himpunan. Misal himpunan A relasi dengan himpunan B. Atau sebaliknya, dan relasi ini dalam matematika, setiap bilangan pada himpunan A wajib berpasangan satu-satu dengan himpunan B. Sehingga tidak ada bilangan yang lepas sendirian.  

Relasi bermanfaat untuk mengetahui hubungan antara dua kelompok 'sesuatu', relasi juga mempermudah pengelompokan 'sesuatu' tersebut berdasarkan suatu hal. Anggota yang saling berpasangan dinyatakan dalam bentuk relasi himpunan A dan himpunan B. Contoh sederhananya adalah Kartu Keluarga.

Dengan belajar relasi, kita pun bisa mengetahui, bahwa pentingnya relasi itu dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga bagaimana membentuk relasi yang baik, misalnya mau mendengarkan rekan kerja, percayalah dengan rekan kerja, saling menghormati antar sesama pekerja, saling memberi semangat, jangan pernah menyalahkan, jangan sombong, bekerja sama.

Memiliki relasi yang banyak mampu membuat kita menjadi lebih paham terhadap bermacam-macam sikap orang. Hal ini dapat membantu kita dalam berpikiran lebih terbuka untuk menerima setiap kekurangan yang dimiliki oleh orang-orang.

Terakhir, Manfaat yang diperoleh dari membangun relasi di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari yaitu dengan adanya relasi yang tepat, sejumlah keinginan bisa tercapai. Lalu dengan adanya relasi bisa membuat anda terbebas dari masalah, dan dengan relasi juga bisa membuat hubungan baik dengan teman lama akan berguna nantinya.

Setidaknya ini adalah gambaran relasi pada konsep matematika yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. 

Maaf jika tulisan ini kurang jelas jika dipahami, semoga pada materi lain ada yang lebih menarik lagi untuk dibahas pastinya. 

By : Ahmad Fajarisma

fajar007.blogspot.com

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar