Minggu, 29 Januari 2023

Percepatan Waktu

Percepatan Waktu

fajar007.blogspot.com

Rasanya hari-hari makin cepat, perputaran bumi mengelilingi matahari kian bergerak kencang.

Apakah benar demikian, padahal baru saja hari minggu berlalu, ketemu lagi hari minggu, dan besoknya senin bertemu kembali. Berlangsung akhir-akhir ini gesit sekali perputaran waktu itu. Mungkin tidak hanya saya, anda pun merasakannya.

Apa yang menjadi sebab hal ini bisa terjadi, sepertinya rasa kesenangan, kesibukan, dan bermacam-macam agenda yang kita jalani, membuat waktu berlalu begitu saja.

1 hari 24 jam seakan tinggal 23 jam saja. Ada penyusutan waktu, Nampaknya ada penyusutan waktu. Yang jelas setiap percepatan waktu yang berangsur-angsur terjadi dalam kehidupan ini, mari kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat. 

Menurut beberapa pengamatan, Bumi dilaporkan berputar lebih cepat dan membuat waktu berasa lebih cepat. Ini terjadi  tahun 2020 hingga saat ini dan membuatnya tercatat menjadi hari terpendek sejak pencatatan waktu menggunakan jam atom. Saat ini jam atom digunakan sebagai patokan standarisasi waktu secara internasional, karena tingkat akurasi yang sangat baik serta tingkat kesalahan yang kecil. Saat ini terdapat sekitar 400 jam atom di seluruh dunia yang dimiliki oleh 70 lembaga metrologi dan observatorium di Indonesia ada terdapat pada LIPI.

Ketika kita diam, tak melakukan kegiatan apapun, pasti waktu itu akan terasa lama bahkan membosankan. Namun saat kita bergelut dengan kesibukan yang padat, waktu berlalu begitu cepat.  

Nyatanya, meski banyak di rumah saja dan bahkan sebagian waktu dihabiskan untuk rebahan, banyak di antara kita yang merasa waktu terasa begitu cepat berlalu.

Waktu cepat juga dikaitkan dengan semakin usia bumi menua, dan rasanya kiamat makin dekat. 

Kita tak perlu khawatir denga cepatnya waktu, yang akhirnya membuat kita menjadi panik dengan keadaan. Misal waktu kian cepat, banyak saudara diantara kita meninggal dipanggil Allah SWT, lalu kian cepatnya waktu kita merasa kurang akan rejeki yang dilimpahkan ke kita, padahal hal ini adalah urusan Allah, kita sebagai manusia hanya bisa terus berusaha dan berbenah diri untuk menjadi lebih baik.

Cepatnya waktu semoga kita tidak sia-sia dalam mengisinya. Tentunya kita selalu memanfaakan waktu selama hidup ini, dengan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi semuanya. Tetap terus belajar dan serta mengembangkan diri untuk mempersiapkan kehidupan kekal nanti.

By : Ahmad Fajarisma

Kamis, 26 Januari 2023

Pembinaan Sekolah Yang Menggembirakan  dan Menyenangkan.

Pembinaan Sekolah Yang Menggembirakan dan Menyenangkan.

EdPenaMu
Suasana Pembinaan oleh Ibu Ketut Widawati, M.Pd di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Dengan wajah sumringah yang senantiasa berbalut semangat Ibu Ketut Widawati, M.Pd entah kebeberapa kalinya beliau datang ke sekolah kami SMA Muhammadiyah 2 Singaraja guna melakukan kunjungan pembinaan sebagai usaha pelaksanaan tugas beliau sebagai Pengawas Managerial di sekolah kami.

Kami selaku Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum menerima dan mendampingi beliau di ruang Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Dengan gaya beliau yang khas penuh kesabaran dan senantiasa dipenuhi semangat membina, ibu Wida demikian biasa bliau kami sapa memberikan kami pengarahan dan masukan terkait berbagai hal yang harus kami lakukan dalam mengemban amanah sebagai apapun kami disekolah ini. 
Satu hal yang menjadi ciri dan ke khasan nasehat beliau yang saya selaku Kepala Sekolah minim pengalaman ini yang saya catat dalam benak saya adalah " lakukan semuanya dari hal-hal kecil namun istiqamah atau komitment dan konsisten. Lalu kita sebagai pendidik harus menjadi tauladan dalam segenap gerak dan langkah kita." 

Demikianlah bliau senantiasa menjadi sosok Pengawas yang sangat bertanggung jawab dan penuh perhatian dengan setiap kami sekolah yang dibinanya. 
Google Maps

Google Maps

fajar007.blogspot.com

Semua orang pasti tidak asing dengan google maps, mungkin hanya di daerah tertentu yang tidak tahu google maps. Bahkan google maps sendiri terkadang belum sempat menjangkau daerah yang pelosok sekalipun.

Google maps sangat membantu bagi seseorang untuk mencari suatu lokasi yang akan dituju. Mode disediakan dengan beberapa versi. Antara lain berkendara mobil, motor, kereta api, bahkan pejalan kaki. Namun sampai saat ini, rating untuk pengguna pejalan kaki tidak ada. Atau sedikit yang menggunakan. Bisa jadi seorang pengelana dapat memanfaatkannya. 

Cepat atau lambatnya aplikasi ini dalam mendeteksi lokasi,  tergantung apakah tujuan kita jelas, familiar, sering dikunjungi orang. Respon cepat google maps akan segera menemukan daerah yang menjadi tujuan kita. Misalnya saja, menentukan lokasi kota singaraja menuju seririt. Mudah familiar pastinya.

Pada google maps,  akan ditunjukkan jarak dan waktu tempuh sebagai prediksi sampai di tempat tujuan. 

Apakah kita pernah menaksir atau mencoba menghitung-hitung dengan sederhana, berapa kecepatan rata-rata jika di dalam google maps ditunjukkan jarak serta waktu tempuhnya. Saya yakin tidak semua dari kita mencoba. Ini bisa dilakukan, dengan maksud agar dapat berhati-hati dalam perjalanan.

Sebagai contoh, saat kita gunakan google maps, jarak singaraja seririt adalah 21 km, lalu waktu tempuh 33 menit.  Idealnya jika menggunakan kecepatan rata-rata dengan rumus fisika itu, maka kecepatan rata-rata itu sama dengan jarak dibagi waktu. 

Diketahui jarak singaraja ke seririt melalui google maps yaitu 21 km, waktu 33 menit, kita konversi dulu ke jam, hasilnya 0,55 jam. Dari sini bisa kita masukkan pada rumus, sehingga kecepatan diperoleh jarak dibagi waktu = 21 km / 0,55 jam sama dengan 38,18 km/jam.

Kecepatan rata-rata inilah, menjadi acuan bahwa perjalanan yang kita lakukan idealnya tidak lebih dari nilai itu. Sehingga tingkat kemanan dalam berkendara bisa terukur. Biasa kita perhatikan, saat berkendara motor, orang melaju dengan kencang, minim 60 km/jam. Sehingga dengan laju ini, prediksi lebih cepat tiba di tujuan. Memang, resikonya lebih tinggi, karena diperjalan kita tidak tahu apakah kondisi jalan lancar, padat, atau ada halangan. 

Perhitungan kecepatan rata-rata inilah, sebagai ukuran minimal, ketika berkendara agar lebih waspada untuk mengatur kecepatan motor kita. 

Coba perhatikan, jadwal tiket kereta, tercantum jam berangkat dan tiba bisa dipastikan tepat waktu. Inilah penerapan yang moderen dari google maps dengan memperhitungan kecepatan yang dirumuskan dengan jarak dibagi waktu.

Google maps, setidaknya mempermudah urusan kita untuk mencari lokasi yang ingin menjadi tujuan, meskipun pernah diantara kita dipandu dengan arah tujuan yang salah, itu minim.

By : Ahmad Fajarisma

Selasa, 24 Januari 2023

Matematika Relasi

Matematika Relasi

fajar007.blogspot.com

Siapa yang sudah pernah belajar relasi di matematika ?semoga kita semua pernah merasakan. 

Relasi adalah hubungan, seperti antara kakak dengan adik, hubungan saudara kandung, hubungan kerja, dan sebagainya. Relasi ini dalam kehidupan sehari-sehari sangat penting. Tujuannya agar kita memiliki banyak sahabat, keluarga, dan pengaruh besarnya adalah jika kita ada masalah, maka dapat saling membantu diantara sesama.

Pada konsep matematika relasi adalah suatu yang menyatakan hubungan atau kaitan yang khas antara dua himpunan. Misal himpunan A relasi dengan himpunan B. Atau sebaliknya, dan relasi ini dalam matematika, setiap bilangan pada himpunan A wajib berpasangan satu-satu dengan himpunan B. Sehingga tidak ada bilangan yang lepas sendirian.  

Relasi bermanfaat untuk mengetahui hubungan antara dua kelompok 'sesuatu', relasi juga mempermudah pengelompokan 'sesuatu' tersebut berdasarkan suatu hal. Anggota yang saling berpasangan dinyatakan dalam bentuk relasi himpunan A dan himpunan B. Contoh sederhananya adalah Kartu Keluarga.

Dengan belajar relasi, kita pun bisa mengetahui, bahwa pentingnya relasi itu dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga bagaimana membentuk relasi yang baik, misalnya mau mendengarkan rekan kerja, percayalah dengan rekan kerja, saling menghormati antar sesama pekerja, saling memberi semangat, jangan pernah menyalahkan, jangan sombong, bekerja sama.

Memiliki relasi yang banyak mampu membuat kita menjadi lebih paham terhadap bermacam-macam sikap orang. Hal ini dapat membantu kita dalam berpikiran lebih terbuka untuk menerima setiap kekurangan yang dimiliki oleh orang-orang.

Terakhir, Manfaat yang diperoleh dari membangun relasi di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari yaitu dengan adanya relasi yang tepat, sejumlah keinginan bisa tercapai. Lalu dengan adanya relasi bisa membuat anda terbebas dari masalah, dan dengan relasi juga bisa membuat hubungan baik dengan teman lama akan berguna nantinya.

Setidaknya ini adalah gambaran relasi pada konsep matematika yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. 

Maaf jika tulisan ini kurang jelas jika dipahami, semoga pada materi lain ada yang lebih menarik lagi untuk dibahas pastinya. 

By : Ahmad Fajarisma

Senin, 23 Januari 2023

Peluang Kejadian

Peluang Kejadian

fajar007.blogspot.com

Sesungguhnya hidup itu penuh peluang kejadian, yang tanpa kita sadari atau tidak sering dihadapi pada kehidupan sehari-hari. 

Ada pepatah mengatakan, peluang tidak datang untuk kedua kalinya. Menurut istilah lain, peluang itu bisa saja dicapai untuk kedua kalinya.

Belajar soal peluang di matematika disebut probabilitas. Artinya harga angka yang menunjukkan seberapa besar kemungkinan suatu peristiwa atau kejadian akan terjadi. Nilai peluang di antara 0 dan 1. Peluang kejadian 0 artinya kejadian tersebut tidak mungkin terjadi. Sedangkan peluang kejadian 1 artinya kejadian tersebut pasti terjadi. Ada pula peluang ½ yakni bisa jadi bisa tidak, alias ragu.

Sebagai contoh, peluang kejadian 0, adalah suatu kejadian yang tidak mungkin terjadi, cowok melahirkan, ikan habitatnya di darat, sapi bertelur, katak beranak. Kemudian gambaran peluang kejadian 1 yakni suatu peluang kejadian yang sudah pasti terjadi, meliputi, matahari terbit dari timur, tenggelam ke barat, ibu melahirkan, sapi beranak, ayam bertelur, dan sejenisnya. Peluang kejadian 1 ini, adalah suatu kejadian yang pasti telah terjadi secara hukum Allah.

Lalu kejadian yang sifatnya masih meraba-raba atau peluang kejadian ½ bersifat seperti ramalan. Seperti cuaca besok belum tentu hujan, atau boleh jadi terang. Memprediksi jenis kelamin lahirnya anak, mengajukan sebuah lamaran pekerjaan yang antara diterima atau ditolak, dan sebagainya.

 Peluang juga punya banyak manfaat dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya membantu pengambilan keputusan yang tepat, memperkirakan hal yang akan terjadi, hingga meminimalisir kerugian.

Saat berdagang, setiap penjual tidak ingin produknya semua rugi, pasti ingin untung dan lebih laris lagi. Begitu juga dengan tujuan kehidupan, pasti tersusun tujuan yang ingin dicapai. Dari setiap pencapaian itu, mungkin ada sebagian terwujud, atau belum. 

Begitupun dengan sebuah musyawarah, disana akan banyak kejadian yang semula berupa saran-saran, lalu diputuskan dengan sebuah kesepakatan. Bentuk peluang seperti ini, merupakan peluang kejadian yang belum pasti lalu dibuatlah keputusan untuk dipastikan target-target yang akan dijalankan.

Peluang perlu untuk dipelajari terutama karena membantu kita untuk menilai sebuah situasi yang kita hadapi.

Mari kita temukan peluang-peluang yang baik dalam kehidupan ini, agar makin sukses hidup kita baik dunia maupun di akherat. Aamiin.

By : Ahmad Fajarisma

Sabtu, 21 Januari 2023

Matematika Cinta

Matematika Cinta

fajar007.blogspot.com

Ketika kita mencintai seseorang, pastikan saja apakah cintanya berlipat atau hanya sekedarnya saja. Cinta itu harus tulus, tanpa kebencian. Namun ada juga seorang filsuf cinta yang bilang, cinta itu timbul karena benci, benci karena cinta. Ah betulkah itu. 

Saat pakar matematika mengurusi masalah cinta, dia pun mengolah dengan sebuah angka sebagai bentuk ungkapan cinta pada yang dicintainya.

Berbicara soal cinta, panjang ujung pangkalnya, ini salah satu pernyataan sebagian orang. Cinta membuat kita ada.

Belajar matematika pun harus penuh cinta. Jika tidak cinta sulit untuk menerima, materi matematika yang mudah sekalipun.

Ada beberapa penggemar matematika, yang merumuskan ungkapan cinta

Ungkapan itu digambarkan dalam bentuk operasi hitung, yang kita kenal bentuk simbolnya +, -, x, :. 

Begini ilustrasinya, jika keduanya saling mencintai (+) + (+) hasilnya akan makin tumbuh cinta sejati di dalamnya. Cinta itu akan senantiasa tumbuh dan makin saling menyayangi satu sama lain. 

Selanjutnya,  (+) + (-) artinya satu cinta, sementara kondisi yang dicintainya tidak sekalipun mencintainya. Salah satu diantaranya akan menjauh. Begitu juga sebaliknya (-) + (+). 

Satu lagi,  keduanya tidak mencintai, bisa kita simbolkan dengan (-) + (-) dipastikan tidak ada korelasi cinta diantara keduanya. 

Lalu, bagaimana dengan operasi perkalian, pembagian, serta pengurangan. 

Silahkan diilustrasikan sendiri, siapa tau anda adalah salah satu dari peramal cinta. Selamat berakhir pekan saudara semua. 

By : Ahmad Fajarisma

Gelar RKTL Di Lovina, PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Lakukan Bersih-bersih Pantai.

Gelar RKTL Di Lovina, PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja Lakukan Bersih-bersih Pantai.

EdPenaMu

Sabtu (21/1) 2023, mengambil lokasi di pantai Lovina Singaraja, PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja mengadakan kegiatan Rencana Kegiatan Tindak Lanjut (RKTL) yang merupakan rentetan dari kegiatan Taruna Melati 1 yang telah mereka adakan. 

Program Taruna Melati 1 ini adalah program wajib yang harus para siswa baru ikuti pada awal menjadi siswa di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Namun untuk pelaksanaan RKTL yang berupa kegiatan outing dan bersih-bersih pantai Lovina ini mereka adakan disemester 2 pada bulan Januari ini.

Mengambil tema " Clarity " para Pimpinan Ranting IPM dan anggota baru yang menjadi peserta ingin menegaskan dan memperjelas komitmen mereka dalam menjadi pimpinan dan anggota IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. Sebagai simbol dari tema mereka melakukan bersih-bersih di area pantai Lovina dimana mereka mengadakan kegiatan. 

Diikuti oleh 20 orang anggota dan ditemani oleh 15 Pimpinan Ranting mereka berangkat dari sekolah tepat pukul 07.00 dengan menggunakan 2 mobil dan selebihnya beberapa para siswa yang menjadi Pimpinan menggunakan sepeda motor. 

" Semoga kegiatan RKTL ini dapat menjadi pengikat tali silaturahmi diantara kita semua para Pimpinan dan seluruh anggota baru IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, dan lebih meneguhkan dan memperhelas komitmen kita dalam menjalanlan organisasi." Pungkas Salsa selaku Ketua PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

FOTO GIAT RKTL

Kamis, 19 Januari 2023

Fadli Habibie

Fadli Habibie

fajar007.blogspot.com


Fadli adalah nama siswa SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, habibie kita tau figur teknokrat indonesia pembuat pesawat N-250 Gatot Kaca yang terbang pertama kali di bumi nusantara.

Fadli sangat ngefans berat dengan sosok presiden ketiga ini, bahkan disaat saya mengajar matematika, dia sesekali mengalihkan perhatiannya melirik buku bacaan yang selalu setia dibawanya. Saya pun penasaran, semula dibaca sambil sembunyi-bunyi, tapi sekarang dengan percaya diri dijinjing depan dadanya. Judul bukunya inspirasi dan motivasi BJ Habibie. 

Mungkin, selama hampir 6 bulan ini, keikutsertaan dia dalam kegiatan ekstra Aeromodelling menjadikannya kesengsem. Dari 12 peserta, tereliminasi secara alami menjadi 4. 4 inilah tim perkasa yang siap mengharumkan nama sekolah Insya Allah. Ada fadli, eko, shinta, andika. Mereka setia mengikuti ekstra bergengsi ini dibawah bimbingan pak dodi irianto. Beliau berawal dari hobi, yang akhirnya benar-benar menjadi spesialis pelatih ekstra aeromodelling. 


Pak dodi di sekolah kami sebagai ketua dikdasmen, jabatan diluar adalah ketua aeromodelling se kabupaten buleleng. Sudah ada kurang lebih 10 pesawat rakitan yang beliau miliki. Dan pernah kami undang jadi narasumber podcast yang sampai sekarang telah meluncur di episode 18. Semoga makin maju.

Telaten, kesabaran dan keuletan beliau menjadi idaman dari 4 siswa yang bertahan ini.

Keteladanan inilah yang memikat fadli untuk istiqomah mengikuti ekstra aeromodelling bersama pak dodi. Memang fadli nampak beda dari 3 rekan lainnya, ini yang sekilas mata saya amati. 

Targetnya dari 4 siswa dibawah bimbingan pak dodi, mereka bisa merakit pesawat remote sampai jadi, itupun sudah lega. 

Memang modal perangkat pesawat aeromodelling, paling murah saja 1 jutaan, dan bisa melayang ke udara dengan jangkauan standar. 

Mimpi fadli, jika ada modal sendiri, dia akan membuat pesawat rakitan, yang kelak bisa terbang mirip seperti karya pak dodi, dan satu hal lagi bodi pesawat mini ini, bertuliskan smamudaraja. 

Semoga terkabul impian fadli, suatu saat nanti bila ada momen adu ketangkasan merakit pesawat aeromodelling, fadli dan teman-temannya dapat turut berpartisipasi. Fadli pun ingin buat pesawat kecil, yang bisa ditunggangi sendiri untuk keliling mengitari kemanapun dia mau. 

By : Ahmad Fajarisma

Rabu, 18 Januari 2023

Tak Hingga

Tak Hingga

fajar007.blogspot.com

Sesuatu yang besar, baik nilainya positif atau negatif sekalipun boleh lah disebut tak hingga. Ini konsep pasrah, ikhlas. Sering dijumpai dalam suatu wacana lain, bahwa 1 dibagi 0 hasilnya tak hingga. 

Lantas dihubungkan dengan konsep doa, yang bisa kita artikan bahwa, 1 adalah esa, tuhan satu, Allah SWT. 0 adalah saat kondisi pasrah, alias berserah. Disaat berdoa situasi 1 dibagi 0 bahwa tatkala kita berdoa benar-benar yakin kepada Allah yang esa serta maha segala-galanya maka jaminannya adalah terkabulnya doa yang tak terhingga nilainya. 

Lalu tak terhingga ini, adalah suatu sifat misteri, yang oleh manusia tak tahu secara kasat mata dapat dilihat langsung. Konsep berdoa inilah, saat kita benar memasrahkan diri kita kepada Allah, tanpa disadari, suatu saat doa kita akan terijabahi tak terhingga nantinya.

Ada yang bertanya, jika dihubungkan dengan konsep teori bilangan, misalkan dalam bentuk variabel a/b=c, kemudian kita ingin mencari a maka b x c.

Pada kasus pembagian dengan nol, misalkan 1/0=x, di mana x adalah hasil dari hasil bagi 1 dengan nol, harusnya bisa dinyatakan dengan bentuk X×0=1. Maka, bilangan berapa yang jika dikalikan dengan nol akan bernilai 1?

Kita sama-sama tahu bahwa perkalian dengan nol pasti bernilai nol. Jadi tidak ada satupun bilangan yang jika dikalikan dengan nol akan bernilai 1. Sehingga bentuk pembagian dengan nol disebut dengan tak terdefinisi, bukan tak hingga.

Namun, dalam teori logika matematika, tak terhingga menjangkau besar yang tak ternilai, begitupun tak terdefinisikan artinya tidak kita ketahui kepastian akhirnya. 

Bisa dihubungkan secara sederhana, betul bahwa tak hingga dalam berdoa inilah kita bisa lihat bahwa 1 dibagi 0 sama dengan tak hingga. Tak hingga yang artinya kita tak tahu bahwa doa kita terkabulkan secara langsung ataukah Allah berkehendak dengan jalan lainnya.

Indahnya belajar matematika dengan mengkorelasikan dalam fenomena kehidupan sehari-sehari. 

By : Ahmad Fajarisma

Selasa, 17 Januari 2023

Doa Kita

Doa Kita

fajar007.blogspot.com

Kalian sore ini pulanglah, esok kembali ke sekolah. 

Hari-harimu masih panjang, untuk berjuang meraih masa depan.

Jangan kenal lelah, selama usia muda masih kuat untuk menimba ilmu. 

Guru hanya sebatas memberi pengetahuan, kalianlah yang meresapi dan menjalani.

Saat pulang kerumah, abdikan dirimu pada kedua orang tua. Rendahkan hatimu untuk tunaikan tugasnya.

Istirahtlah sejenak untuk mengobati lelah seharian, saat malam tiba ambil buku pelajaran, lalu pelajari sebentar agar esok siap berjumpa di sekolah kembali.

Jika sempat sepertiga malam bangkit dari mimpi, ambillah air wudhu, lalu kerjakan 2 rakaat secara istiqomah. Dan sampaikan segala citamu kepada Allah SWT dengan penuh harapan serta keyakinan.

Hanya kepada Allah kita menyembah, dan hanya kepada Allah kita memohon pertolongan. 

Semoga kita semua, mendapat lindungan dari Allah SWT, diberikan kesehatan, dan berkah berlimpah selalu, Aamiin. 

By : Ahmad Fajarisma

Senin, 16 Januari 2023

Bahasa Matematika

Bahasa Matematika

fajar007.blogspot.com

Mengajar matematika itu, perlu terampil beretorika. Persis seperti guru bahasa indonesia, yang pandai mengolah kata. 

Saya sendiri, dahulu jarang suka ngomong. Hanya sekedarnya saja, apalagi kalau menyampaikan materi  lebih sering menulis di papan, lalu menyuruh siswa menyalin di buku, terkhir memberikan hadiah soal. 

Banyak dari siswa bingung, materi belum begitu jelas dipaparkan. Pelit sekali untuk dijelaskan. Ya begitu, saya sangat abai sekali, tapi ada juga yang paham, memang dasarnya si anak sudah pintar. 

Banyak dari siswa merasa kesulitan dengan persoalan matematika, entah dasarnya memang tidak suka, atau guru saja yang belum bisa merayu agar siswa benar-benar cinta dengan matematika.

Matematika dirasa susah oleh banyak orang karena membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Banyaknya hafalan dan konsep pengerjaan matematika memerlukan ketekunan dan kesabaran untuk bisa memahami matematika. Kesabaran dan ketekunan inilah yang tidak dimiliki setiap siswa.

Selain ketekunan dan seringnya mencoba persoalan matematika, memang guru matematika harus lihai untuk memberikan penjelasan agar dapat mudah diserap oleh siswa.

Bahasa matematika inilah yang biasanya secara sederhana dalam matematika ada beberapa istilah yang bisa disampaikan, misalnya pengertian variabel, fungsi, logika matematika, operasi hitung matemaitka, dan teori bilangan dasar. 

Bahasa matematika itu memang sulit untuk dipahami, sebagaimana mungkin tulisan ini sulit untuk dimengerti. Bahasa matematika lebih sering menggunakan simbol, lambang, pola, maupun gambar yang harus dipahami dengan mendalam.

Lalu kita, agar mudah memahami bahasa matematika, harus sering berlatih, ubah mindset bahwa matematika itu tidak rumit, cari atau buat suasana belajar jadi menyenangkan, buat catatan rumus dengan rapi, pahami rumus, bukan hafal rumus, Cari trik untuk mengerjakan soal, 

kerjakan latihan soal dengan teratur, jangan ragu tanya kepada guru atau teman yang sudah memahami lebih awal.

Bahasa matematika tidak seindah bahasa cinta, selamat berkarya. 

By : Ahmad Fajarisma

Minggu, 15 Januari 2023

MUSWIL PWM Bali Belum Beruntung, MUSWIL PWA 'AISYIYAH Berakhir Penuh Kegembiraan.

MUSWIL PWM Bali Belum Beruntung, MUSWIL PWA 'AISYIYAH Berakhir Penuh Kegembiraan.

EdPenaMu

DENPASAR, SMAMUDARAJA.SCH.ID. Setelah menyelenggarakan berbagai kegiatan menyambut Muktamar dan sekaligus memeriahkan kegiatan Musyawarah Wilayah PWM Bali, akhirnya hari ini Sabtu-Ahad (14-15/1) 2023 digelar Muswil ke-12 Muhammadiyah dan 'Aisyiyah Bali, mengambil tempat di Hotel Inna Bali jalan Veteran Denpasar. 

Agenda Muswil PWM dan PWA Bali kali ini dimulai pada pagi hari yang diawali dengan Muspimwil V. 

Pada Muspimwil V yang dibuka oleh Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dibahas beberapa agenda pada Sidang Pleno I yang terdiri dari beberapa agenda antara lain, Pembacaan Tatib Muspimwil V, Penetapan Calon Semwntara menjadi Calon Tetap, Penetapan Cara Pemilihan Langsung atau Formatur dan diakhiri dengan penutupan.

Dari bakal calon Pimpinan Wilayah Muhammadiyah yang keseluruhannya berjumlah 50 orang  akhirnya terpilih sebanyak 33 orang yang dipilih oleh Musyawirin sebanyak 63 suara yang berasal dari 13 suara PWM, 14 suara Ortom dan 36 suara dari PDM se-Bali. Adapun sistem pemilihan yang digunakan pada Muswil kali ini menggunakan sistem E-Voting. 

Memasuki agenda Muswil XII setelah pelaksanaan Muspimwil yang menghasilkan ketetapan 33 nama calon Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Bali, pada siang hari setelah rehat diadakan acara Pembukaan Muswil XII yang juga dibuka oleh Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M. Si. 
Pada kesempatan pembukaan dihadiri oleh Gubernur Bali, Ketua MUI Bali dan oleh beberapa undangan dari berbagai organisasi keagamaan, beberapa Ketua Partai, dan organisasi lintas agama.

Agenda selanjutnya dilanjutkan dengan penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Ketua PWM Bali periode 2015-2020 dan diikuti dengan tanggapan dari seluruh peserta Muswil XII yang akhirnya berujung dengan diterimanya LPJ yang disampaikan walau dengan beberapa catatan. 

Pelaksanaan Muswil ke 12 hari kedua Ahad (15/1) 2023 dimulai dengan sidang komisi dan pembahasannya yang dilalui cukup berdinamika hingga pukul 11.00 pelaksanaan sidang komisi berakhir. Kemudian agenda dilanjutkan yang merupakan agenda utama dalam perhelatan Muswil ke 12 ini yaitu pemilihan anggota Formatur PWM Bali periode 2022 - 2027. 

Adapun pemilihan kedua ini adalah kelanjutan dari pemilihan yang dilakukan kemarin malam dengan menghasilkan 33 nama yang menjadi calon tetap sementara. Dan setelah melalui proses pemilihan lahirlah 11 nama yang memperoleh suara terbanyak. Namun dikarenakan suara terbanyak urutan nomor 11 memperoleh suara yang sama dengan urutan nomor 12 yaitu 44 suara, akhirnya disepakati jumlah PWM Bali periode 2022-2027 berjumlah 13 orang dengan memasukkan bapak H. Yusuf dengan 44 suara dan saudara H. Azizuddin, MA di urutan ke 13 dengan jumlah suara 43. Namun untuk penetepan Ketua PWM Bali periode 2022-2027 yang dilakukan oleh team Formatur terpilih mengalami deadlock. 

" selanjutnya Panlih akan meminta arahan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah terkait kondisi deadlock yang dialami dalam proses penentuan Ketua," ungkap Ustadz Hamsun selaku Ketua Panlih Muswil ke 12 PWM Bali.

Sementara dalam Musyawarah 'Aisyiyah Bali yang digelar diruangan yang berbeda berjalan dengan lancar yang akhirnya menetapkan Ketua PWA periode 2022-2027 ibu Hj. Ir  Sari Prasetya Angkasa dan sebagai Sekretaris ibu Erna Trisnawati. 











Sabtu, 14 Januari 2023

Aritmatika Sosial

Aritmatika Sosial

fajar007.blogspot.com

Diskon suatu barang merupakan gambaran aritmatika sosial yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Selain diskon, kita juga dapat menjumpai contoh aritmatika sosial pada kegiatan jual-beli.

Menurut artinya, aritmatika sosial adalah cabang ilmu dari matematika yang berkonsentrasi pada korelasi eksponen antara angka dengan suatu objek tertentu. Lalu seiring berjalannya waktu dan perkembangannya, hal ini diasosiasikan sebagai permasalahan sosial dalam konteks finansial dan jual-beli.

Kita mengenal berat bersih (netto), rabat (potongan), untung, rugi, ini bagian dari aritmatika sosial. Di suatu kemasan produk, sering kita jumpai tulisan netto 100 gram, ini artinya berat bersih dari isi produk itu 100 gram atau 1 ons. 

Aritmatika sendiri, jika dipahami secara sederhana, hanya seputar perhitungan berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian. Sehingga dalam penerapan sehari-hari kita menjumpai fenomena jual beli, transaksi keuangan, apalagi istilah bank yang berhubungan dengan ekonomi, seperti bunga, kredit, debet dan sejenisnya maka lebih kompleks disebut aritmatika sosial.

Mari kita sedikit belajar sekilas, tentang untung rugi suatu barang yang dapat kita bandingkan, antara rumah dengan kendaraan. 

Misalnya, Harga kendaraan yang kita beli, jika sekarang 1 unit motor seharga 20 juta, 2 tahun yang akan datang jika dijual lagi akan murah. Bisa jadi separuh dari harga beli, maka dibilang rugi. Mengapa demikian. Aritmatika sosial bersahabat dengan hukum ekonomi, yang berbunyi permintaan besar, maka persediaan harus seimbang. Di sektor perusahaan otomotif, produksi motor sangat banyak, sehingga orang kalangan menengah cukup bisa membeli motor, sehingga kebutuhan dapat cukup tersedia, itulah saat dijual kembali akan rugi. 

Beda dengan properti atau misal rumah, tahun ini kita beli dengan harga 100 juta. Jika 3 tahun akan datang dijual lagi, bisa 3 kali lipat berkisar 300 juta. Jadi untung kita. Alasan sederhana semakin naiknya aspek properti yaitu di saat penduduk yang membutuhkan hunian semakin bertambah, lahan dan ketersediaan rumah tidak meningkat. Kondisi over demand inilah yang menyebabkan harga rumah jadi lebih mahal.

Asyik kan belajar aritmatika sosial. Semoga impian-impian kita tercapai, cukup dulu untuk membahas arimatika sosial dengan contoh sederhana tadi. Selamat berakhir pekan. 

By : Ahmad Fajarisma

Kamis, 12 Januari 2023

Gerilya PPDB

Gerilya PPDB

fajar007.blogspot.com

Sudah saatnya kita menjemput bola. Melirik sekolah sebelah, jangan kalah strategi untuk meramu amunisi. Apa itu, gencar promosi, menarik hati agar mendapatkan calon siswa baru nanti.

Seorang pedagang, bila ingin laris jualannya, harus rutin memasarkan. Apalagi kalau urusan diskon gede-gedean, banyak diborong pembeli.

Sekolah pun begitu, justru selevel swasta wajib start awal promosinya. Gencar membuat amunisi, mengolah kata-kata menarik, agar menuai calon peserta didik baru.

Tahun ini, tahun optimis, kita harus bisa meningkatkan grafik panen siswa lebih dari tahun lalu. 2 tahun sebelumnya pecah di 43 siswa, meski dalam perjalannya ada yang pindah sekolah, sebab ikut orang tua tuntutan kerja, itupun tidak banyak, hanya 2 siswa. Dan masih di angka 40 peserta. Tahun 2022 sedikit menurun, separuh dari tahun sebelumnya, yakni kita dapat menggaet siswa 20.

Tahun ini, harapan kita semua bisa melonjak grafiknya. Tentu dengan persiapan yang matang, terobosan menarik, dan solid pada kepanitiaan.

Saya yakin, di sekolah sekelas swasta yang ingin maju, setiap guru dianjurkan menjadi penjual. Mempromosikan program unggulan sekolah, melalui medsos, langsung tatap muka, sebar brosur, pasang spanduk, dan cara-cara elegan lainnya. Yang belum pernah kita coba, menjemput calon siswa baru dengan bersilaturrahmi ke rumah orang tua siswa. Ini bisa kita coba.

Semoga harapan kita semua, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja di tahun ajaran baru nanti, akan panen siswa baru 2 atau bahkan 3 kali lipat nanti. Aamiin kan saja. 

By : Ahmad Fajarisma

Vector Kehidupan

Vector Kehidupan

fajar007.blogspot.com

Mengajar di kelas IPA, ada suatu pelajaran matematika peminatan yang berjudul vector. 

Sebagian siswa mengeluh, materi ini sulit, perlu paham konsep gambar garis dan sudut. Mereka lebih senang menghitung daripada menggambar. Meski di materi ini juga ada hitungannya. 

Setiap mengajar, lebih banyak saya mengawali cerita, baik itu hanya perihal kehidupan, maupun menyangkut pautkan persoalan matematika dengan kehidupan. 

Tentang vector, berangkat dari pemahaman awal, bahwa definisi menurut teori matematika, vector adalah suatu besaran yang memiliki nilai dan arah. Vektor dapat digambarkan dalam bentuk garis lurus yang mempunyai panjang dan arah. 

Intinya, vector merupakan suatu hal yang memiliki besaran dan arah. Jika besaran tersebut dinyatakan dalam bentuk berat, maka jika suatu benda tersebut semakin memiliki beban berat, maka pengaruh terhadap arah dalam bertahan menumpu beban tersebut lebih kuat. 

Ibarat contoh dalam pencapaian suatu hal yang ingin lebih besar dalam suatu kehidupan, maka arah tujuan dalam pencapaian tersebut banyak rintangan yang akan dihadapinya. 

Manfaat vektor dalam kehidupan sehari-hari yaitu seperti menerbangkan layang-layang. Vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah.

Seperti saat kita bermain layang-layang, apakah posisi layang-layang ketika sudah terbang di atas berada sejajar dengan kepala kita ? Tentu tidak, malah justru miring, sehingga bisa kita lihat keberadaan layang-layang itu. Jika kita tarik dalam ilustrasi kehidupan, semakin layang-layang tinggi terbang, maka akan besar dihempas angin diatas sana. 

Begitu juga kehidupan, saat kita ingin mencapai keberhasilan, akan banyak badai kesulitan yang dihadapi. 

Vector kehidupan, menjadi pelajaran baik bagi kita, sebuah pencapaian yang maksimal, akan dilakukan dengan penuh perjuangan. Sehingga butuh waktu, tenaga, pikiran yang ekstra, untuk mencapai tiap-tiap keinginan itu. Selamat berjuang terus. Besar keinginan, arahnya akan penuh liku-liku kehidupan yang membersamainya. Nikmati saja. 

By : Ahmad Fajarisma

Rabu, 11 Januari 2023

Podcast Rindu

Podcast Rindu

fajar007.blogspot.com

Kita telah mengobati rindu dengan pertemuan pertama, di saat masuk sekolah mengadakan rapat guru bersama. 

Rindu itupun masih terngiang, belum plong, biar legowo alias lega hilang rindunya, maka kami bangkitkan lagi podcast yang telah 3 minggu tidur sebab libur. 

Rasanya ini bernostalgia, saat podcast berjalan tadi, ini mengenang masa awal dulu memulai.

Saya bersama pak edi,  berbincang membahas semangat tahun baru. Syukur juga semua properti podcast kami pun juga terbarukan, bila ingat kala itu, media podcast sangat sederhana. 1 mic untuk berdua, syuting hanya sekedarnya . Lalu dengan yakinnya, hasil sekali shoot langsung live upload youtube sekolah. 

Berjalannya waktu, episode ke episode, semua kekurangan kita evaluasi bareng. Tim media podcast kami menyebutnya. Saya ditunjuk sebagai koordinator. 

Diawal itu, trial and error penyiaran podcast sekolah, ada saja pasang surut berjalannya. Ingin seminggu 2 kali, hanya 2 minggu saja berjalan. Lalu dibuat 1 minggu saja sekali, Alhasil berjalan. Namun sempat vacum hingga sebulan. Karena problem alat, dan redupnya niat, plus sibuknya agenda dari kita-kita tim. 

Selanjutnya, kita bertekad terus saja jalani podcast, bagaimana pun keadaannya, tetap  mengudara. Saya, pak anshar di tim audio, pak dayat bagian editing video, sama-sama punya stamina kuat untuk menjadikan podcast kita berjalan saja, hasil urusan belakang.  Intinya yakni istiqomah atau terus eksis.

Pada kesempatan kedua siaran podcast ini, saya bersama pak edi, beliau menyampaikan semangat tahun baru harus seirama dengan perubahan sikap kita yang jauh lebih baik. Meningkatkan disiplin, ikhlas, kerja keras, cerdas, serta yang terpenting istiqomah untuk menjalaninya. 

Semoga podcast SMA Muhammadiyah 2 Singaraja senantiasa mengudara, dari generasi ke generasi. Aamiin.

Oh ya, podcast episode ini, silahkan ditunggu.

By : Ahmad Fajarisma 

Senin, 09 Januari 2023

Bincang Asik dan Cerdas Bersama Ketua DIKDASMEN PDM Buleleng.

Bincang Asik dan Cerdas Bersama Ketua DIKDASMEN PDM Buleleng.

EdPenaMu
Derit kipas angin di ruangan berukuran 5 x 6 menemani obrolan kami yang sangat asik dan mencerahkan. 

Pak Dody Irianto selaku Ketua Dikdasmen PDM Buleleng menyempatkan diri hari ini, entah kesekian kalinya duduk berbincang ringan bersama saya selaku Kepala SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Dengan beralaskan karpet kami lesehan duduk bersila memperbincangkan berbagai hal. Bincang ini adalah bincang kader (ala saya) yang membincangkan beberapa hal terkait loyalitas atau kesetiaan seorang kader atas organisasinya. Kesetiaan adalah kunci dari gerak seorang kader, apapun tugas dan fungsinya. Tanpa kesetiaan atau loyalitas, kerja seorang kader akan tidak maksimal dan akan menghasilkan banyak tuntutan dan keluhan.

Kipas angin masih saja berputar dan tetap menemani obrolan kami yang kini membahas giat ekstra aeromodeling yang sekaligus bliau ampu. Selain sebagai Ketua Dikdasmen beliau juga menjadi Ketua PASI atau Persatuan Aeromodeling Seluruh Indonesia Kabupaten Buleleng. Beruntung SMA Muhammadiyah 2 Singaraja memiliki Ketua Dikdasmen yang juga sebagai Ketua PASI Buleleng, hingga bliau bisa menurunkan ilmu dan ketrampilan bliau dalam bidang Aeromodeling kepada anak-anak kami SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Sangat menyenangkan perbincangan atau diskusi kami, selain sekaligus melakukan pembinaan kepada kami khususnya saya, perbincangan ini lebih terlihat sebagai perbincangan antar kader walau memiliki tugas dan fungsi berbeda, (antar pembina dan yang dibina) namun suasana yang ada lebih terlihat seperti sharing dan tukar fikiran antar dua orang yang menjadi bagian dari sebuah organisasi.

Tidak terasa hampir 2 jam kami berbincang-bincang, hingga karakteristik berbagai pemimpin bliau paparkan untuk bisa saya jadikan cermin atau gambaran ideal dimanapun kita berkiprah nantinya. 

Suasana diluar halaman sekolah tampak sepi dikarenakan anak-anak masih melaksanakan proses pembelajaran di masing-masing kelas dan kamipun mengakhiri obrolan santai yang sangat asik dan penuh inspirasi. 
Rapat Rindu

Rapat Rindu

fajar007.blogspot.com

Ini bukan sekedar rapat kerja, tapi mengobati kangen diantara guru. Membahas kandungan rapat kerja itu sudah biasa, kalau nggosip lain ceritanya.

3 minggu liburan, merupakan waktu yang lama, full tidak ada obrolan sedikitpun, entah via wa, sms, atau apalah yang tentunya membahas perkembangan sekolah. 

Hari senin kemarin itu, ibarat membuka lembaran baru lagi. Setelah libur lumayan panjang. 

Sebagian guru sudah hadir, meski beberapa belum. Siswa pun begitu, sudah mulai semua masuk. Tidak ada pelajaran, hanya bersih-bersih kelas, menyapu serta merapikannya.

Hawa tahun baru masih terngiang, suasana kantor kerja kami pun dibuat segar. Dengan formasi beda dari sebelumnya. Harapannya berpengaruh dengan semangat kerja untuk jauh lebih baik lagi.

Di hari pertama, guru bersama siswa kami mintai bantuan untuk menggeser meja, kursi yang ada di kantor guru. Semuanya berubah, pemandangan lebih leluasa bisa kita rasakan bersama. 

Setelah semua beres tertata rapi, sejam kemudian Bapak Kepala Sekolah mengumpulkan semua guru yang hadir saat itu untuk koordinasi bersama. Sekedar pembahasan evaluasi tahun lalu seputar pembelajaran, dan impian masa depan untuk kemajuan sekolah, agar visi misi dapat tercapai dengan optimal pastinya. Ini adalah bagian rindu kami dalam diskusi sederhana setelah sekian lama tak bertemu. Syukur rindu telah terobati.

By : Ahmad Fajarisma

Lalapan Bengkel

Lalapan Bengkel

fajar007.blogspot.com

Bagi warga singaraja, mungkin sudah tau, kalau pagi bengkel, malamnya berjajar rombong jualan. Bengkelnya bernama sama jaya, ramai, khusus melayani roda empat. Servisnya telaten, akurat. Pernah 2 kali saya memperbaiki mobil disana.

Suku cadang beberapa mobil tersedia, hingga pelanggan begitu nyaman jika melakukan servis di bengkel sama jaya. Ini gambaran pagi hingga sore pukul 4. 

Lalu sejam kemudian, berkisar pukul 5, para pedagang mulai siap menata rombong jualannya.

Cak ibad, salah satu lalapan yang familiar bagi warga yang pernah mencicipi menu di warung tenda ini. Awalnya saya tidak pernah tahu, kalau ada deretan para pedagan mangkal di depan emperan bengkel ini. Temanlah yang merekomendasi. Penasaran, suatu saat bersama keluarga kami kemari untuk mencoba mampir santap makan disini.

Menunya enak, murah, tempatnya santai, pinggir jalan, bisa sambil makan lirik sana-sini. Yang spesial bagi saya lele bakarnya, istri suka ayam bumbu padang, dan ibu mertua bebek gorengnya. 

Sekali tahu akan rasanya, bisa 3 kali seingat saya mampir di warung ini tiap main ke singaraja bersama keluarga.

Makin malam makin ramai, tak hanya warung cak ibad saja jadi singgahan pembeli, sebelahnya ada juga jual nasgor, sebelahnya lagi tahu tek, sampingnya molen dan onde-onde mini, kanannya terbul plus martabak, sampai yang paling ujung empek-empek. 

3 kali kunjung ke warung tenda ini, saya sudah cicipi semua, kecuali empek-empek, yang entah penasaran rasanya. 

Berwisata kulinerlah agar hidup kita sehat, bergizi, dan bahagia, namun jangan terlalu berlebihan ya. 

By : Ahmad Fajarisma

Minggu, 08 Januari 2023

Semangat Harimau

Semangat Harimau

fajar007.blogspot.com

Tatapan harimau itu tajam, kukunya runcing yang siap digunakan untuk menerkam. Apalagi giginya semuanya taring. 

Saat harimau lapar, incaran yang berada didepannya siap jadi santapan. 

Kita tahu, betapa kuat dan lincahnya harimau, apa yang dia inginkan sangat berambisi untuk didapatkan. 

Kita dapat mengambil pelajaran dari karakter harimau ini, yang kuat, lincah, disiplin, ambisi tinggi, dan semangat pantang menyerah.

Belajar dari sifat harimau ini, mari kita awali hari ini dengan memulai aktifitas penuh semangat, wujudkan cita-cita semaksimal mungkin, pantang menyerah, terus berbenah, dan pastinya istiqomah dalam menjalaninya.

Semoga kita selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT, Aamiin. 

By : Ahmad Fajarisma

Sabtu, 07 Januari 2023

Etek-etek

Etek-etek

fajar007.blogspot.com

Orang menyebutnya lato. Saya sendiri lebih enak bilang etek-etek. Kalaupun otok-otok, kok tidak cocok. Apalagi utuk-utuk, itik-itik, atak-atak.

Mainan ini viral, bisa melupakan bermain gawai sekalipun, saking asyiknya berlato, ada paguyuban lato, atau komunitas bermain lato. 

2 butir bulat, lalu diikat tali, yang panjang, bagian atasnya untuk pegangan, dimainkanlah dengan menggoyangkan ke arah naik turun, jika kedua bola itu saling menyentuh, bunyilah lato-lato. Ups salah etek-etek.

Di sepanjang jalan seririt, berderet orang jualan etek-etek. Penjual menanti keberuntungan jika ada anak-anak yang beli. Bisa satu anak 2 pasang lato sekalipun diborong. Wah sampai segitunya.

Di tempat desa kami, ada jam tertentu yang kadang secara serentak bunyi lato meriah sekali. Sampai anak kedua saya berlari lihat keluar rumah, girangnya bukan main. Sesekali menangis minta ingin dibelikan. Namun tidak saya turuti. Mau gimana lagi masih usia 2 tahun. Bukan malah lihai main, bisa jadi itu 2 biji bulatnya kena jidat anak saya.

Ternyata, permainan lato ini ada yang dilombakan, jika semakin cepat menggoyangkannya, maka itulah juaranya. Ada juga sambil menggerakkan dengan gaya tangannya miring samping kiri maupun kanan, ada-ada sajalah mereka.

Saya pernah mencoba, bermain etek-etek, kalau masih awam, bisa tidak pas, alias meleset bola kecil itu, jadi tak berbunyi etek-etek. Butuh konsentrasi, awalan yang bagus, dan ayunan simetris sehingga menghasil bunyi merdu etek-etek. 

Dari anak-anak, dewasa, bahkan tua gemar juga mainan lato ini. Sampai suatu saat, saya menjumpai sekardus besar isi lato-lato di kantor sekolah tempat bekerja istri. Itulah hasil rampasan siswa-siswinya yang kecanduan bermain etek-etek.

Sungguh lato-lato mengembalikan jaman bagai roda berputar, kembali bermain cara tradisional, meski banyak pun di tengah-tengah perkembangan jaman yang beragam permainan modern ini.

By : Ahmad Fajarisma

Karakteristik Kader Muhammadiyah Militan. (Sebuah Kontemplasi)

Karakteristik Kader Muhammadiyah Militan. (Sebuah Kontemplasi)

EdPenaMu


Membaca tema acara dialogue yang diadakan oleh PWM Bali hari ini ; " Karakteristik Kader Muhammadiyah Militan ", sungguh saya sangat tertarik dan berbagai pemikiran muncul dalam benak saya tentang bagaimana karakter seorang kader Muhammadiyah yang akan dianggap MILITAN.

Memperhatikan tema ini saya akhirnya diajak merenung dan introspeksi, sudahkah diri ini bisa dianggap kader Muhammadiyah yang militan ?, mengingat semua yang bergiat dan beraktifitas di Muhammadiyah baik yang berbayar ( dapat gaji ) maupun mereka yang non berbayar ( Relawan dan simpatisan murni ) menganggap atau merasa dirinya kader Muhammadiyah. Dan bagi mereka yang sedikit agak lama bergiat akan dianggap sebagai kader militan Muhammadiyah.

Kader Muhammadiyah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kader artinya, mereka yang sedang dipersiapkan oleh sebuah organisasi untuk kelak menjadi pemimpin di organisasi tersebut. Jadi bagi siapa saja yang sedang bergiat dan beraktifitas dalam sebuah organisasi mereka adalah kader dari organisasi tersebut. Namun, pastinya dari beberapa atau banyak kader yang ada, mereka memiliki kwalitas yang berbeda-beda, baik mereka (kader) yang berasal dari AUM yang setiap bulannya di bayar maupun kader yang tidak berasal dari AUM.

Kader Muhammadiyah Militan.

Lalu muncul tagline atau status untuk seorang kader Muhammadiyah yaitu Kader Militan. Atau lebih tepatnya status itu mungkin hanya sebuah harapan, bahwa akan muncul dan lahir dari kader-kader yang berbayar dan non berbayar itu kader-kader militan. Ketika dia pekerja di AUM baik sebagai pegawai, guru dan kepala sekolah, mereka fokus melaksanakan tugas kesehari-hariannya namun tetap memposisikan dirinya sebagai RELAWAN MUHAMMADIYAH atau PENGGERAK MUHAMMADIYAH, sehingga mereka akan tetap bisa DIGERAKAN dan MENGGERAKKAN MUHAMMADIYAH. Pun-ketika mereka sudah menjadi anggota Pimpinan, mereka akan fokus menghabiskan waktu dan fikiran mereka hanya untuk Perserikatan Muhammadiyah bukan masih mendua dengan organisasi lainnya.

Pertanyaannya...apakah harus seperti yang tersampaikan diatas yang merupakan bagian dari "Karakteristik Kader Muhammadiyah Militan"?. Kalau bisa disederhanakan sekaligus mengambil beberapa "maklumat" para senior dan sesepuh Muhammadiyah yang sempat memberikan masehat kepada saya seperti ini.

" Kalau menjadi guru di sekolah Muhammadiyah, jadilah GURU MUHAMMADIYAH, bukan GURU di MUHAMMADIYAH, pun-Pegawai apalagi Kepala Sekolah."

Hehehe...tentu apa yang saya tulis ini hanya perspektif saya belaka dan sangat jauh dari Karakteristik Kader Muhammadiyah Militan yang nanti akan dibahas.

RDM 070123 selepas Subuh.

Kamis, 05 Januari 2023

Potong Rambut

Potong Rambut

fajar007.blogspot.com


Ingin beban pikiran lepas dari isi kepala anda, boleh lah rekreasi atau healing. Ada juga kelakar dari teman, silahkan saja potong rambut, pasti beban di kepala juga makin ringan. 

Betul apa betul ? Entahlah...tapi memang, punya rambut pendek itu, terasa ringan di kepala, efeknya menjalar ke seluruh tubuh, seger, ringan, lebih ganteng. Lalu bagaimana dengan gondrong apa rasanya berat kalau dibuat beraktifitas. Hanya orang yang punya rambut panjang yang tau. Kalau pria gondrong mungkin saja berat, tapi kalau sudah dirasa nyaman ya jalani. 

ini khusus pria, menyambut masuk hari kerja, mari kita sama-sama potong rambut. Boleh gundul, gaya tentara, ukuran 3 centi, atau mungkin ingin mengkilat mirip saolin, boleh saja. Yang jelas, bagi para pekerja kantoran, eksekutif, ataupun pegawai di suatu perusahaan, wajib untuk memperhatikan performa mereka. Apalagi hal potong rambut ini, styleny berbeda-beda.

Usut punya usut, potong rambut punya manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti ; penampilan selalu nampak segar, membuat wajah tampak lebih proporsional, meminimalkan risiko kerusakan rambut, mencegah rambut kusut, menyingkat waktu perawatan rambut, menstimulasi pertumbuhan rambut sehat, membuat rambut tampak lebih tebal, proses menata rambut jadi lebih mudah. 

Dari banyak manfaat itu, jadwalkanlah untuk rutin potong rambut, apalagi kita bekerja di kantoran, perhatikan selalu ukuran rambut agar nampak terjaga kerapiannya. Yuks potong rambut sebelum memulai aktifitas di kantor masing-masing. 

By : Ahmad Fajarisma

Rabu, 04 Januari 2023

Mie Ayam Pak Dadi

Mie Ayam Pak Dadi

fajar007.blogspot.com

Mie dadi yang tak pernah sepi, setiap hari ada saja penikmat mie ayam ini. Nama ownernya pak dadi. Orangnya gemuk, perutnya gendut mirip badut, berkumis, dan saat melayani pelanggan yang mau beli, selalu pakai topi. Mungkin ini ciri khasnya. Tapi saya lebih suka paras yang berkumis itu. Persis pak raden.

Lokasinya di seririt, arah barat sebelum SPBU loka paksa. dari singaraja tempat jualannya di sebelah kanan jalan, depan apotek keluarga. Dulu pak dadi jualan mie ayam hanya menggunakan rombong sambil di dorong, lalu mangkal di suatu tempat. Awalnya sepi, namun berkat ketekunan dan kesabaran yang kini membuatnya tak sepi lagi. 

Dari jualan rombong beberapa tahun dijalani, lalu naik ke level rumahan. Memanfaatkan ruang kosong dari rumah orang. Mungkin si pemilik rumah ini, meluangkan garasi rumahnya daripada menganggur lebih baik disewakan untuk jualan. Pak dadi lah melirik, dan disewa. Entah berapa saat itu.

Bagi pak dadi nyaman bisa berjualan di sebuah garasi, lebih lebar, jika ada pembeli duduklah mereka di kursi-kursi yang disediakan. Menunya mie ayam, ada juga baksonya. Per porsi dibandrol 10.000 saja. Jika nambah gorengan 1000 rupiah. 

Berjalannya waktu, jualan pak dadi laris, mungkin berkisar 2 - 3 tahun menempati garasi orang itu. Namun waktu berkata lain, si pemilik rumah ijin ke pak dadi, bahwa  garasi ini akan dipakai sendiri untuk sesuatu yang menjadi rencana si tuan rumah. 

Pak dadi harus berlapang dada. Sambil meminta waktu untuk diberi kesempatan mencari lokasi yang enak lagi. Dicarilah ruko, lokasinya yang saat ini jauh lebih luas, ada emperan depan ruko itu, dibuatlah kursi meja kecil untuk pembeli yang makan ditempat. Di sisi lain, dalam ruko pun disediakan lesehan yang bisa digunakan pembeli makan disana. 

2 bulan, 5 bulan, sampai 1 tahun malah lebih ramai lagi di tempat baru ini. Pengunjung berdatangan dari berbagai daerah. Sekalipun warga singaraja hanya sekedar mencicipi mie ayam pak dadi, harus mengorbankan waktu makan di tempat pak dadi. 

Mie ayam pak dadi, tidak kalah saing rasanya dengan jualan mie merk lainnya, mesti ada di kota singaraja mie gacoan, mie kober, dan jenis nama dagang mie  apapun itu. 

Pembeli yang berdatangan tiap harinya bisa puluhan hingga ratusan. Bayangkan jika 1 hari 100 pembeli dikalikan 10.000 saja per porsi, wah 1 jt per hari yang di dapat pak dadi. Itupun bisa lebih. 

Jika dilihat sepintas, enak sekali pendapatan yang diperoleh pak dadi saat ini. Tapi itu sebanding dengan perjuangan pak dadi di masa sebelumnya. Pak dadi asal solo, mie ayamnya jadi idaman banyak warga bali. 

Saya pribadi, tidak terlalu hobi makan mie ayam. Sejak istri selalu minta ditemani untuk santap mie, jadinya ikutan makan mie, bagi dia menu mie ayam bikin nagih katanya. 

Siapa tau saudara sekalian penasaran dengan mie ayam pak dadi, silahkan saja sekali waktu berkunjung kesana. Sekali lagi, meski saya tidak gemar makan mie ayam, keakraban saya dengan pak dadi persis selezat rasa mienya. 

Pak dadi mie ayam khas solo, orangnya gendut, oh iy satu lagi, dia punya 1 anak, putri, gembul juga lho. 🙂

By : Ahmad Fajarisma

Selasa, 03 Januari 2023

2023 = 7 Kebetulan

2023 = 7 Kebetulan

fajar007.blogspot.com

Coba saja bilangan 2023 jika dipisah menjadi satuan semua, jika dijumlahkan akan terbentuk notasi seperti ini : 2023 = 2 + 0 + 2 + 3 menghasilkan nilai 7 satuan. 

Betul kan ?sebuah penjumlahan yang mudah pastinya. Lalu apa yang akan saya bahas dalam tulisan ini tentang 2023 sama dengan suatu 7 kebetulan ?

Baiklah, 7 kebetulan ini berhubungan dengan sebagaian fenomena yang unik di kehidupan sehari-sehari, baik itu yang berasal dari istilah saja, atau mengambil dari sumber tertentu.

Kita perhatikan salah satu 7 kebetulan yang pertama, yakni simak betul isi ayat surat Al-Fatihah yakni berjumlah 7 ayat. Suatu kebetulan yang luar biasa ya. Tahun 2023 jika diurai menjadi satuan lalu dijumlahkan menghasilkan 7 satuan. Suatu hal 7 kebetulan yang luar biasa pada bagian pertama ini. 

Secara mendalam, kita tahu bahwa makna yang terkandung dalam 7 ayat di surat Al-Fatihah ini luar biasa. Al-Fatihah artinya berisi pujian dan doa kepada Allah SWT. Selain itu, surat Al-Fatihah memiliki keutamaan yaitu jika tiap dibacakan mendapat pahala seperti membaca sepertiga Al-Qur'an. Dan ia seolah telah menyedekahkan emas di jalan Allah SWT.

Mari berselancar lagi ke 7 kebetulan berikutnya, pada bagian juz 30, ambil surat Al-Ma'un, surat ini terdiri dari 7 ayat. Kandungan surat ini secara garis besar menggambarkan tentang kemunafikan, ketidaktulusan dan kepura-puraan. Hal ini mendeskripsikan tentang manusia yang mendustakan agama, lalai dalam sholat, dan bersifat riya. Maka belajar dari surat ini, dapat kita ambil hikmahnya yang pertama yaitu, tidak berdusta pada agama, mengingatkan kita agar tidak mudah membawa-bawa agama untuk kepentingan atau keuntungan pribadi. Kedua, tidak menghardik anak yatim, islam sendiri mewajibkan kita untuk memuliakan anak yatim. Ketiga, tidak membiarkan orang yang kekurangan. Keempat, tidak gemar menampak-nampakkan atau memperlihatkan sesuatu kepada orang lain atas kemewahan dirinya. Serta kelima, tidak malas untuk memberikan sumbangsih atau sedekah kepada siapapun dan kapanpun itu.

Lalu 2023 sama dengan 7 kebetulan ini, saya mengeksplorasi dengan bahasa lain, bahwa dulu saya membaca sebuah buku yang ini buka persoalan ilmu ramalan angka, namun unik juga jika dikorelasikan dengan pengetahuan alam semesta. Bahwa angka 7 adalah simbol kebersamaan, oleh karena itu, angka 7 dianggap pertanda baik dalam hubungan. Angka 7 merupakan sinyal angka semesta yang mengkombinasikan surga. Ini ilmu numerologi, dan jangan terlalu mendalami, khawatir jika akan muncul unsur TBC (Tahayul, Bid'ah, Churafat) nanti. 

Cukup disini dulu saya membahas tulisan ini, yang entah, judulnya menarik apa tidak, semoga saja membawa pesan indah dari bahasa sederhana ini. Intinya bahwa suatu kebetulan angka 2023 yang saya uraikan, kemudian dijumlahkan sama dengan 7 itu, semoga membawa kebaikan-kebaikan di tahun 2023. Dan satu hal lagi, bahwa 7 menjadi brand terkemuka di dunia sebagai suatu sebutan fenomena menarik yakni 7 keajaiban dunia. Ini menjadi kata yang lama dari dulu hingga sekarang.

Terakhir di tahun 2023 ini, semoga Allah SWT senantiasa menganugerahkan rahmat-Nya, lindungan, kesehatan, keharmonisan, keselamatan, kelapangan rejeki, jodoh, karir, wafat husnul khotimah, dan kebaikan-kebaikan lainnya. Aamiin. 

By : Ahmad Fajarisma

Minggu, 01 Januari 2023

Ketagihan Libur

Ketagihan Libur

fajar007.blogspot.com

Kalau sudah libur, pasti tergiur. Pingin nambah lagi, dan lagi.

Ibarat makan ayam geprek sambal bawang, pedesnya bikin nagih. Itupun kalau suka pedes.

Kurang sepekan lagi kita dimanja oleh libur. Pas tanggal 9 masuk. Memulai aktifitas kembali dengan berjubel kesibukan. Ini  deskripsi di tempat kerja kami, entah pada tempat lainnya. Lebih panjang libur atau sudah masuk duluan, bahkan tidak libur sama sekali.

liburan kali ini benar-benar asyik saya warnai, khususnya saya buat tulisan ini sambil mengkisahkan seputar mengisi waktu liburan bersama famili.

Bagaimana dengan anda ?semoga bisa menikmati liburan dengan bahagia, dan berkah ya. 

Sudah 5 tahun, saya merindukan kota jawa. Disana ada keluarga dari Bapak yang masih hidup, mbah putri, orang tua dari bapak. Alhamdulillah selama liburan kemarin, betul-betul kami niatkan untuk anjang sana mengobati kerinduan bertemu mbah putri. 

Maklum hampir 5 tahun tidak bertemu, sejak pandemi kala itu yang juga menjadi hambatan kami untuk silaturrahmi. Ya, syukurnya kali ini pas di akhir tahun dengan libur panjang bisa berkunjung kesana. 

Perjalanan ditempuh 8 jam, dari bali ke pasuruan. 3 jam ny melalui penyebrangan sisanya perjalanan banyuwangi ke pasuruan. 

Banyak perubahan selama saya menoleh kanan kiri sepanjang jalan. Yang kami lintasi adalah jalan jalur tengah, bukan utara ataupun jalur lintas selatan. Jalur tengah itu meliputi beberapa kabupaten pokok, seperti banyuwangi, jember, lumajang, klakah, probolinggo, leces, pasuruan, malang. Jika melalui jalur selatan atau utara pasti ada perbedaan yang akan dilalui pada tiap kabupaten itu.

Saya, istri, 2 anak, dan bapak, dengan mengendarai mobil, meluncur santai sembari menikmati banyak hal diperjalan. Ibu kebetulan tidak ikut. Agak kurang enak badan saat itu, jadi kita berlima saja sowan ke keluarga di pasuruan. 

Perjalanan selama 5 jam ini, ada beberapa saat tertentu kami berhenti sambil rehat di suatu masjid, dan pom bensin yang menyediakan rest area. 

Sepertinya apa yang saya lihat sepanjang jalan, fasilitas umum sudah mulai banyak memanjakan para pengemudi. Di salah satu SPBU daerah lumajang saja, bagus sekali, tersedia mushola, mini market, dan jasa pijat refleksi. Tapi saya belum tertarik untuk merasakan pijatan saat itu. 

Ada daerah tertentu juga, mungkin bagi anda melihat hal ini, belum terbiasa. Hampir sebagian saat melintasi beberapa daerah, saya menjumpai orang meminta sumbangan untuk renovasi masjid, itu dilakukan di tengah jalan. Ternyata pemandangan seperti ini, sudah puluhan tahun sejak saya SD hingga sekarang ada.

Ada lagi, polisi sukarela, yang kerjanya,pagi, siang, malam, adanya di daerah gunung kemitir, masih kawasan kabupaten banyuwangi, dan hampir masuk area jember. Disini ada orang desa yang tiap hari kerjanya mengarahkan para pengemudi melintasi jalan berkelok-kelok, sambil tangannya mengayun-ayun, memberitahu agar pengemudi berhati-hati saat menikung. Mereka ini adalah warga sana, yang naik bukit, menuju jalan raya berliku, saya sebut seperti itu. Sebab jalan ini memang berkelok-kelok, bersebelahan jurang, dan warga yang menjadi polisi ikhlas ini saya sebut sebagai orang yang naik bukit, rumahnya justru di jurang.

Alhamdulillah perjalanan selama 5 jam sudah kami lalui, 3 hari di rumah mbah pasuruan sudah cukup untuk melepas rindu disana. Dan kamipun kembali ke banyuwangi, menghabiskan sisa liburan bersama ortu. Lalu beberapa hari kemudian kami balik ke bali, sebab istri lebih dahulu masuk kerja. 

Wah cepat sekali waktu, seperti masuk lorong waktu, masuk langsung ketemu tempat tujuan, keluar pun begitu, semoga saja ada waktu liburan lagi yang panjang pastinya. 

Liburan ini bikin nagih, selamat berlibur saudara semua, semoga bahagia selalu bersama keluarga tercinta, Aamiin.

By : Ahmad Fajarisma

Sebuah Refleksi dari Tulisan Kawan ! "Geometri Transformasi 2023"

Sebuah Refleksi dari Tulisan Kawan ! "Geometri Transformasi 2023"

EdPenaMu
Gambar hanya pemanis dari mereka yang manis-manis.

Libur panjang seharusnya menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu untuk menorehkan tulisan-tulisan yang berjubel dalam otak. Tapi, hingga tersisa beberapa hari lagi liburan, saya baru membuat satu tulisan. 

Liburan ini saya habiskan beberapa hari di kampung istri Karangasem, beberapa hari di Denpasar dan beberapa hari di Singaraja dan menyisakan sepekan lagi saya habiskan kembali di kampung istri sekaligus menghantarkan anak kedua yang sekolah di sana.

Sembari ngopi saya buka WA Group sekolah dan ada tulisan menarik yang dibuat oleh kawan sejawat, namanya Fajarisma dan dia adalah seorang guru mata pelajaran matematika. 

Sungguh saya tertarik dengan tulisannya yang menjabarkan ilmu matematika khususnya Geometri yang ia kaitkan dengan transformasi kehidupan kita, judul tulisannya "  Geometri Transformasi 2023 ". Jujur saya tertarik dengan ilmu matematika yang sangat penuh keajaiban yang banyak belum terbongkar. 

Sambil menyeruput kopi hitam pait buatan istri, saya buka link tulisannya yang ia kirim melalui Web sekolah kami yaitu smamuhammadiyah2singaraja.sch.id. 

Cukup enak cara dia menulis, simple dan mudah dipahami. Pada tulisannya kali ini, setelah membaca dari awal yang sangat khas, kalau saya bayangkan dia sedang membaca tulisannya, medok jawanya akan sangat terdengar. 

Dia memulai inti tulisannya dengan membagi empat materi fokus yaitu Refleksi, Rotasi, Translasi, dan Dilatasi. 

Menarik, sekali lagi menarik mata pelajaran yang satu ini. Sungguh didalamnya terdapat nilai-nilai dan gambaran sisi kehidupan yang kita mungkin tidak ketahui. Jujur mendengar kata Refleksi bukanlah kata asing ditelinga saya. Namun, menjadi menarik disaat seorang guru Matematika menjabarkannya dalam sebuah tulisan yang ia kaitkan dengan ilmu Geometri. Memang kita harus banyak-banyak merefleksi diri atas apa yang sudah kita lakukan baik kaitannya dengan tahun baru maupun tidak. Karena Refleksi sejatinya adalah evaluasi atas apa yang sudah kita lakukan selama ini.

Pun dengan kata Rotasi. Hidup memang harus terus berputar dan bergerak, dan yakinkan diri dimanapun dan bagaimanapun akhir transit kita dari proses perputaran itu harus kita terima dan jalani untuk selanjutnya kita Refleksikan atau evaluasi kembali.

Aspek ketiga adalah Translasi. Translasi dalam pengertian matematika adalah perpindahan dari tempat bidang awal ke tempat lain. Artinya dalam kehidupan, kita harus yakin dan percaya bahwa perubahan pasti senantiasa akan terjadi dalam kehidupan kita. Apapun bentuk perubahan itu kita harus siap menjalaninya.

Pada bagian aspek terakhir yaitu Dilatasi. Arti Dilatasi adalah pengali dengan tujuan untuk memperbesar atau memperkecil suatu bidang.

Pada bagian ini saya agak bingung mengaitkannya dengan kehidupan kita, tapi menurut saya Dilatasi bisa saja kita artikan berbagai rencana yang kita buat dalam kehidupan kita yang kadang kita ingin memperbesar atau meningkatkan mutu kehidupan kita atau mengontrolnya kita sesuaikan dengan kondisi penghasilan kita. 

Hehehe...Matematika memang unik pun pengajarnya juga harus bisa seunik mata pelajarannya.