Sabtu, 31 Desember 2022

Geometri Transformasi 2023

Geometri Transformasi 2023

fajar007.blogspot.com

Jika masih ingat masa SMP atau SMA kita mau tidak mau belajar matematika, yang salah satu materi pokok yakni Geometri Transformasi. Dalam matematika, geometri merupakan ilmu yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Sedangkan, transformasi dapat diartikan sebagai perubahan rupa. Atau mudahnya perubahan. 

Hilangkan saja geometrinya, lalu mari kita bertransformasi. Agar istilah geometri tidak ada lagi. Lalu judulnya pun boleh lah dirubah transformasi 2023.

Transformasi adalah perubahan, di dunia maya maupun nyata, banyak pastinya kata-kata motivasi yang mendorong kita agar dalam hidup ini selalu melakukan perubahan, yaitu sebuah perubahan hidup yang jauh lebih baik. Kita kembali lagi pada pelajaran matematika tadi. Materi pokok geometri transformasi.

Pada materi ini, terbagi empat materi lagi yang isinya meliputi refleksi, rotasi, translasi, serta dilatasi. 

Pada momen spesial tahun baru 2023 ini. Coba sejenak, kita mengulas sederhana dari  4 materi tadi. Yaitu ada refleksi, translalsi, rotasi, hingga dilatasi.

Pastinya kita tidak membahas 4 hal ini, dari aspek matematika, namun dapat diejawantahkan dengan arti lain yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dalam menyongsong tahun baru 2023.

Yang pertama yaitu refleksi. Arti kata refleksi adalah pencerminan. Cermin berfungsi untuk melihat diri kita dalam dimensi lain yang berupa bayangan. Sehingga dapat dipastikan penampakan bayangan kita mirip dengan aslinya. Dalam sebuah cermin ketika berkaca, tujuan lainnya adalah melihat bagian mana mulai wajah hingga bawah, apakah ada sesuatu yang kurang. Dengan demikian, hal yang dirasa kurang, maka harus segera diperbaiki. Ambil contoh, selesai mandi, lalu berbaju, dan terakhir bercermin. Disaat inilah kita bersolek, menyisir rambut, sampai terlihat elok. Lalu berangkat aktifitas.

Persis dengan kehidupan yang kita jalani saat ini, apa yang menjadi tujuan, terkadang belum tentu tercapai secara sempurna. Sehingga refleksi merupakan bagian dari hidup kita. Bercermin dengan masa lalu, bukan berarti terus selalu terbayangi akan masa lalu yang menunda kesuksesan kita. Justru dengan merefleksi diri inilah, kita tau sisi lemah apa yang menghambat capaian selama ini. 

Misal saja, kita yang dulu sering menunda sholat, lantas sekarang harus lebih tepat waktu, mungkin kurang bersedekah, mulai sekarang senang bersedekah, yang belum tercapai cita-citanya menjadi sukses secara financial dan sebagainya, semoga kali ini makin berlimpah rejekinya. Maka teruslah untuk merefleksi diri kita, menilai atau mengevaluasi untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. 

Aspek kedua adalah rotasi. Rotasi adalah perputaran. Hidup itu berputar, ibarat roda pada sisi katupnya saat berputar kadang berada diatas, disamping kanan kiri, bahkan sampai berada dibawah. Seperti itulah kondisi hidup. Ada senang, ada susah, ada sedih, ada bahagia, ada gagal, ada sukses. Jika hari ini kita belum sukses dalam menggapai sesuatu yang diinginkan, tetap jalani saja hidup, sambil terus diperjuangkan, berdoa, dan istiqomah menjalani, siapa tau suatu saat Allah akan mengubah secara ajaib keadaan kita lebih baik dari sebelumnya.

Aspek ketiga adalah translasi. Translasi dalam pengertian matematika adalah perpindahan dari tempat bidang awal ke tempat lain bergeser sepersekian satuan. Kehidupan ini pun begitu, bergeser artinya berhijrah, menjadi lebih baik untuk mencari sesuatu yang sesuai dengan impian. Tak hanya berupa pencarian materi semata, namun translasi kehidupan lebih pada aspek pergeseran nilai pribadi. Dari sombong menjadi lebih humble, awalnya cuek, jadi makin punya pribadi yang simpati, empati, suka memberikan ide terbaik, serta solusi cerdas dalam kehidupan sehari-hari.

Pada bagian aspek terakhir yaitu dilatasi. Arti daripada dilatasi adalah pengali dengan tujuan untuk memperbesar atau memperkecil suatu bidang. Di bagian ini, dilatasi kehidupan sangat perlu dilakukan. Untuk mengukur kemampuan kita dalam mencapai target apakah benar diupayakan secara maksimal atau sekedarnya saja. Contoh gampangnya saja, dalam 5 tahun kedepan kita ingin punya rumah meskipun sederhana, lalu  usaha untuk mendapatkannya harus kerja keras dengan mengoptimalkan profesi kita sampai ahli dalam bidangnya, disertai doa siapa tau akan ada keajaiban terjadi yang tak disangka-sangka sebelumnya. Dan tentunya banyak kisah lain yang sadar atau tidak, selama kita terus melakukan transformasi kehidupan tiap hari dalam hidup lebih baik, atas ijin Allah, segala apa yang kita impikan semuanya akan terwujud. 

Semoga pada tahun 2023 ini, yang menjadi angan-angan pada tahun lalu, benar-benar menjadi kenyataan. Serta atas arahan Allah SWT dan keberkahannya, kita menjadi manusia yang selalu istiqomah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Sukses selalu, rejeki berlimpah, Aamiin.

By : Ahmad Fajarisma

Jumat, 30 Desember 2022

Hari Baru

Hari Baru

fajar007.blogspot.com


Saya menulis dengan spontan mengambil judul yang tidak enak jika dilihat sepintas. Semoga saja saat mendalami membaca, niscaya akan nikmat memaknainya.

Ada tahun baru, karena kita terpola dalam pikiran bahwa angka yang bertransformasi dari 2022 menjadi 2023. Saya kira dari tahun ke tahun yang pasti terjadi dalam bentuk ujud adalah perubahan usia, raga, fisik, bahkan jiwa. 

Tahun baru ya begitu saja, simbolnya petasan menggelegar terdengar dimana-mana. Menanti detik, menit, jam dari 31  Desember 2022 sampai tiba 1 januari 2023. 

Lantas, mengapa kita harus menanti tahun baru, yang justru sebagai umat islam sudah punya tahun baru sendiri, yakni tahun hijriah. boleh jadi dibilang 2 kali kita bertahun baru.

Kita sadari bahwa jangan hanya menanti tahun baru saja sekedar berhalusinasi untuk mencapai keinginan, tanpa ada komit serta konsisten untuk mencapainya.

Menurut saya, lebih baik hari baru daripada tahun baru, terlalu lama jika kita menanti momen tahun baru untuk merestorasi impian² kita yang belum maksimal tergapai. 

Kita sebagai manusia, intinya adalah sikap istiqomah. Dengan cara rutin, disiplin, dilakukan terus menerus maka apapun cita-cita yang direncanakan akan terwujud satu demi satu.

Maka dari itu, istiqomah adalah sikap paling luar biasa untuk ditambatkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan begitu rincian impian kita yang sudah tersirat maupun tertulis dapat perlahan terwujud.

Tahun baru jangan ditunggu, jadikan tiap hari adalah hari baru yang siap disambut tiap waktu. Dimana ada perubahan pada sebuah pribadi yang makin baik, senantiasa berbenah, menjadi makin soleh, rajin, arif, cakap, terampil, pintar, bermanfaat bagi orang sekitar, senang berbagi, dan akhlak mulia lainnya.

Semoga kita semakin menjadi pribadi yang tiap hari terbarukan.

By : Ahmad Fajarisma

Rabu, 21 Desember 2022

Fenomena TWIBBON ! Sebuah Dukungan Moral dan Kebersamaan.

Fenomena TWIBBON ! Sebuah Dukungan Moral dan Kebersamaan.

EdPenaMu


SMAMUDARAJA.SCH.ID. Kemajuan teknologi saat ini telah mempermudah semua aktifitas dan gerak sosial kita. Banyak fasilitas kemajuan teknologi digital saat ini yang mempermudah gerakan kita khususnya dalam hal promosi atau kampanye atas kegiatan yang kita lakukan.

Salah satunya adalah Twibbonize, atau yang akrab disebut twibbon. Twibbon merupakan ruang bagi kreator atau masyarakat umum untuk mempromosikan kegiatan kampanye mereka. Dengan twibbonize, kita bisa mengunggah bingkai foto buatan sendiri, menuliskan caption, hingga membagikan informasi terkait kampanye atau kegiatan yang tengah kita digarap melalui link dan lain-lain di media sosial.

Khususnya menjelang mendekati pergantian tahun pelajaran baru di dunia pendidikan. Masa-masa ini akan banyak dibuat twibbon yang gencar mengkampanyekan atau mempromosikan sekolah masing-masing. Tidak ketinggalan juga bagi SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Melalui twibbon ini diharapkan akan tersampaikan secara masive keberadaan sekolah kita dengan berbagai programnya. Hal ini bisa terjadi jika seluruh warga sekolah mau dengan cepat dan bersemangat memasang foto mereka masing-masing di twibbon yang sudah disiapkan, dan dengan bersemangat pula menyebarkan twibbon masing-masing ke semua media sosial yang kita miliki.

Secara tidak langsung keberadaan twibbon akan melatih semangat kebersamaan kita dalam saling dukung dan bersama-sama melangkah untuk kemajuan bersama.


BEBERAPA TWIBBON PPDB SMAMUDARAJA 2023








Sabtu, 17 Desember 2022

Gelar BAKSOS,  PDM Buleleng Sambut Musyda 2023.

Gelar BAKSOS, PDM Buleleng Sambut Musyda 2023.

EdPenaMu


SMAMUDARAJA.SCH.ID. Memeriahkan dan menyemarakkan pelaksanaan Musyawarah Daerah PDM dan PDA Buleleng yang direncanakan akan digelar bulan Februari tahun depan, hari ini Sabtu (17/12) 2022 menggelar kegiatan Bhakti Sosial berupa Sunatan Massal, Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan gratis.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara PDM Buleleng bersama AMCF atau Asia Muslim Charity Foundation dan didukung oleh PMI Buleleng serta LazisMu Bali yang mengirimkan 4 orang tenaga kesehatan dari Fakultas Kedokteran Udayana.

Pada kegiatan sunatan massal ada yang menarik, karena dari 12 orang yang dikhitan terdapat 1 anak Non Muslim yang disunat yaitu anak dari warga Hindu (Bali) ikut berkhitan yang digelar di Kompleks Perguruan Muhammadiyah Singaraja.

Setelah dikonfirmasi, Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Buleleng menyatakan memang benar peserta sunatan massal diikuti oleh 12 anak dan salah satu anak dari warga Hindu.

“Walaupun dia Hindu ikut khitan, karena dulu orangtuanya di usia 30 tahun dulu juga khitan. Dia mengatakan khitan itu baik untuk Kesehatan,” ujar Sudarmo.

Sementara itu peserta kegiatan donor darah diikuti oleh 19 orang yang berasal dari orang tua anak yang dikhitan maupun masyarakat yang cek kesehatan dan tentunya dari kader Muhammadiyah yang bertugas.

Sedangkan untuk cek kesehatan gratis diikuti 50 oleh orang peserta, yang meliputi cek kesehatan asam urat, gula darah dan kolesterol. Dan kegiatan Cek Kesehatan gratis ini atas kerjasama dengan AMCF, PMI dan LazisMu Bali.

Terkait pendanaan kegiatan semuanya didapat dari bantuan dari AMCF, LazisMu Bali dan penggalangan dana yang dilakukan oleh PDM/PDA Buleleng, kader, warga dan simpatisan Muhammadiyah Buleleng.

FOTO KEGIATAN BAKSOS PDM BULELENG







Kamis, 15 Desember 2022

Silaturahmi Orang Tua Siswa SMAMUDA RAJA Pada Pembagian Raport Semester I 2022.

Silaturahmi Orang Tua Siswa SMAMUDA RAJA Pada Pembagian Raport Semester I 2022.

EdPenaMu
SMAMUDARAJA.SCH.ID. Mengawali acara pembagian raport siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Singaraja hari ini Jumat (16/12) 2022, sebelumnya diawali dengan pertemuan atau silaturahmi antara orang tua siswa  bersama Kepala Sekolah dan para Wakil Kepala Sekolah. 

Pertemuan ini mengudang seluruh orang tua siswa peserta didik SMA Muhammadiyah 2 Singaraja yang diadakan di Masjid Al-Manar ditengah-tengah komplek perguruan Muhammadiyah Singaraja. 

Tujuan pertemuan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi diantara orang tua dan pihak sekolah, memaparkan program sekolah dan membicarakan secara umum perkembangan akademik dan non akademik anak-anak mereka.

" terima kasih bapak dan ibu para orang tua siswa bisa meluangkan waktu untuk hadir pada pertemuan kita hari ini. Selain mempererat hubungan silaturahmi diantara kita, kami juga ingin menyampaikan program sekolah yang telah kita jalankan selama 1 semester ini." Ucap Edy selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Dalam pertemuan yang cukup banyak dihadiri oleh orang tua siswa, Kepala Sekolah juga mengajak para orang tua siswa agar lebih peduli dengan perkembangan pendidikan anak-anaknya. 

" saya mengajak bapak-bapak dan ibu-ibu untuk lebih perhatian dan peduli dengan perkembangan pendidikan anak-anak kita, mengingat dalam proses pembelajaran tatap muka secara full day ini, waktu anak-anak lebih banyak berada disekolah." imbuh sosok yang juga komandan KOKAM Wilayah Bali ini.

Pada kesempatan silaturahmi bersama orang tua ini, Pimpinan Ranting SMA Muhammadiyah 2 Singaraja dilibatkan sebagai perangkat acara mulai dari MC dan pembaca Ayat Suci Alquran. 

FOTO KEGIATAN SILATURAHMI ORANG TUA SISWA DAN RAPOTAN

Rabu, 14 Desember 2022

Aksi Bersih- Bersih Pelabuhan, Menutup Class Meeting SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Aksi Bersih- Bersih Pelabuhan, Menutup Class Meeting SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu
SMAMUDARAJA.SCH.ID. Dengan semangat 45 anak-anak berangkat dengan berjalan kaki dari sekolah menuju Ex. Pelabuhan Buleleng untuk bersama-sama melakukan giat bersih-bersih sebagai rangkaian terakhir kegiatan Class Meeting dan Semarak Musyda PDM dan PDA Buleleng.

Diawali dengan breafing dan doa bersama, semua siswa sudah bersiap dan berkumpul di sekolah sejak pukul 06.30. 

" saat perjalanan menuju ke Pelabuhan tolong jaga sikap dan kata-kata, tunjukkan kalian adalah anak- anak atau insan berkemajuan dan berakhlak mulia, anak-anak kader Muhammadiyah yang menjaga akhlak dan sikap dimanapun berada." Ujar Anshar selaku Waka Kesiswaan.

Tepat pukul 07.30 seluruh siswa berjalan beriringan dengan rapi menuju Ex. Pelabuhan Buleleng. Dikomandoi oleh Salsa Nabila Vat Ketua PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, seluruh siswa langsung melakukan bersih-bersih dari ujung barat sampai timur Pelabuhan. 

Sedikit mengingat kembali program PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja paska PAS Ganjil, Pimpinan Ranting IPM menyelenggarakan beberapa kegiatan yang dimulai dari hari Senin (12/12) sampai hari Kamis (14/12) 2022. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah Lomba Bola tembak, lomba tarik tambang, lomba badminton dan diakhiri dengan kegiatan bersih-bersih di area Ex. Pelabuhan Buleleng. 

Mengakhiri kegiatan hari ini, masih di area Ex. Pelabuhan Buleleng PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja membagikan hadiah-hadiah bagi para pemenang disetiap lomba yang diadakan.

FOTO KEGIATAN BERSIH-BERSIH EX. PELABUHAN BULELENG.


Selasa, 13 Desember 2022

PODCAST XVI ! Korelasi Visi Sekolah Dengan Implementasi Kurikulum Merdeka.

PODCAST XVI ! Korelasi Visi Sekolah Dengan Implementasi Kurikulum Merdeka.

EdPenaMu
SMAMUDARAJA.SCH.ID. Ditengah-tengah kesibukan paska PAS Semester 1 yang dipenuhi dengan berbagai kegiatan lomba dan kegiatan lainnya bagi para siswa, para guru juga khususnya para wali disibukkan dengan merekap nilai dan memasukannya ke dalam rapor. Namun dibalik semua kesibukan, kegiatan Podcast SMAMUDARAJA tetap berjalan dan kali ini memasuki episode ke 16, Podcast SMAMUDARAJA mendatangkan nara sumber seorang Pengawas Managerial Sekolah. 

Adalah ibu I Ketut Widawati, M.Pd, beliau adalah Pengawas Managerial SMA Muhammadiyah 2 Singaraja yang sangat bersemangat dan sangat sabar memberikan bimbingan managerial dan non managerial kepada SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Mengambil tema " Korelasi Visi Sekolah dengan Implementasi Kurikulum Merdeka ", Podcast episode ke 16 ini masih setia di moderatori oleh guru Sosiologi ibu Bunga Mustika, M.Pd.

Dalam kesempatan Podcast khusus ini Bu Wida menjelaskan bagaimana semangat perubahan atau semangat berkemajuan yang ada dalam IKM harus dihubungkan dengan Visi SMA Muhammadiyah 2 Singaraja yaitu insan Berkemajuan dan Berakhlak Mulia.
" IKM atau Implementasi Kurikulum Merdeka itu pada dasarnya adalah semangat perubahan yang berkemajuan, yang dulu terlalu banyak, dalam IKM sekarang diminimalisir, anak-anak peserta didik lebih diarahkan bagaimana anak-anak paham teori dan juga memiliki sikap dan karakter profile pelajar Pancasila." Ulasnya dalam podcast.
 
" lalu bagaimana strategi sekolah agar visi sekolah yang sudah ada benar-benar bisa mengaplikasikan semangat kurikulum yang ada? jawabannya adalah TAULADAN dari Kepala Sekolah, para guru dan pegawai Sekolah. Para guru terutama wajib hukumnya harus menjadi Role Model bagi siswa, harus menjadi tauladan dan contoh bagi para siswa." Imbuhnya yang masih dengan setia ditemani oleh host kebanggaan Podcast SMAMUDA RAJA.
Mengakhiri Podcast SMAMUDARAJA episode ke 16 ini, Bu Widawati menegaskan pentingnya konsistensi dalam melaksanakan program atau amanah. 

" lakukan apa yang sudah kita programkan dengan serius dan komitmen, jangan berfikir hasil yang penting lakukan dulu dengan sungguh-sungguh, yakinlah sesuatu yang kita lakukan sungguh-sungguh akan memberikan manfaat bagi kita." Tuturnya mengakhiri. 
TARIK TAMBANG ! GIAT HARI KE 2 CLASS MEETING SMA MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA

TARIK TAMBANG ! GIAT HARI KE 2 CLASS MEETING SMA MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA

EdPenaMu
SMAMUDARAJA.SCH.ID. Mentari pagi sudah semakin meninggi, namun semangat anak-anak SMA Muhammadiyah 2 Singaraja tetap semangat menyelesaikan kegiatan lomba tarik tambang antar kelas yang digagas oleh Pimpinan Ranting IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Dengan semangat 45 para peserta lomba sangat serius dalam mewakili kelas mereka masing-masing walau hadiah yang diperebutkan sangat sederhana. 

" kami tidak memperebutkan hadiahnya pak, tapi kami ingin bergembira dalam semua rangkaian kegiatan ini," teriak Salsa siswa kelas XII IPS yang kebetulan juga sebagai Ketua PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Riuh rendah semakin melatarbelakangi suasana lomba yang semakin ramai. Terlebih kegaiatan lomba tarik tambang ini menjadi tontonan gratis bagi adik-adik mereka SD Muhammadiyah yang sedang beristirahat. 

DOKUMENTASI LOMBA TARIK TAMBANG


Senin, 12 Desember 2022

Rapat Evaluasi Akhir Tahun SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Rapat Evaluasi Akhir Tahun SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

EdPenaMu
SMAMUDARAJA.SCH.ID. Mengakhiri perjalanan tahun 2022 yang beberapa hari lagi akan berakhir dan menutup semester 1 yang dilaksanakan secara tatap muka full day selama 6 bulan, hari ini Selasa (13/12) 2022 diadakan rapat evaluasi oleh seluruh Dewan guru dan pegawai SMA Muhammadiyah 2 Singaraja. 

Dalam rapat evaluasi kali ini dimaksudkan untuk dapat menemukan kelemahan-kelemahan dan kekurangan salam 6 bulan di semester 1 ini yang kita lakukan, tentunya menjadi bahan evaluasi sehingga di semester ke 2 kita dapat melakukan perubahan manuju yang lebih baik atau berkemajuan sesuai dengan visi sekolah.

DM. Edy Suprayitno selaku Kepala Sekolah mengingatkan para guru khususnya untuk lebih menjadi model atau tauladan bagi seluruh siswa terkait dengan semangat berkemajuan dan mencetak kader yang berakhlak mulia. 

" kita harus benar-benar mengawal visi sekolah kita kapanpun dan dimanapun kita berada. Guru harus lebih disiplin dibandingkan siswa, karena dia ( guru ) akan dijadikan contoh oleh para siswanya." Ungkapnya.

Pada kesempatan rapat evaluasi ini banyak guru yang memberikan masukan dan evaluasi terkait segala sesuatu yang telah kita laksanakan selama 6 bulan ini khususnya dan selama setahun kebersamaan yang sudah kita lalui bersama. 

Akhirnya semua berharap tahun depan dan memasuki semester ke 2 ini semua menjadi lebih baik dan berkemajuan. 

FOTO KEGIATAN RAPAT AKHIR TAHUN 2022.


EdPenaMu

 FJKJSFHJDFLJLjflSDLFLsdhfscbm 

sEJARAH

sEJARAH

EdPenaMu

 


Tampak Depan Sekolah

SEJARAH SEKOLAH

 

SMA Muhammadiyah 2 Singaraja berdiri pada bulan Juli 1987 dan sekolah ini memiliki izin operasional tanggal 1 Juli 1988. Surat Permohonan pendirian sekolah baru yang diajukan oleh Majelis Pendidikan dan Kebudayaan Singaraja dengan surat tanggal 26 April 1988 no. E-1/161/IV/1988 berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah tanggal 23 Februari 1983 no. 018/C/Kep/183.

Dalam rangka menyiapkan biaya pembangunan fisik, pada awalnya SMA Muhammadiyah 2 Singaraja ini berkantor di SMP Muhammadiyah 2 Singaraja, yang beralamat di jalan Jatayu. Ruang belajar berada di alamat Jalan Camar yang saat itu di pimpin seorang Kepala Sekolah yang bernama Drs. Saleh Marecan ( 1987 ). 

SMA Muhammadiyah 2 Singaraja berlokasi di Jalan Camar No. 8, Kecamatan Buleleng Kalurahan Kaliuntu dengan luas lahan 992.Kondisi awal sangat memprihatinkan karena ketika memulai tahun pelajaran 1987/1988, semua fasilitas fisik belum maks. Seperti Ruang kelas, kantor, dan toilet. Semuanya sedang dalam proses penyelesaian.

Kegiatan belajar dilaksanakan seadanya.Setelah 4 bulan, secara bertahap fasilitas fisik selesai dikerjakan.Seluruh warga sekolah bahu-membahu mengelola ruang belajar, bangku, meja, dan peralatan yang lainnya sesuai dengan ketersediaan fasilitas fisik.Semangat harus terus digelorakan pada seluruh warga sekolah sehingga selalu memberikan pelayanan yang terbaik dengan penuh keiklasan, ketulusan, cinta dan kasih sayang kepada seluruh peserta didik.Rasa kekeluargaan begitu kental antara seluruh warga sekolah, sehingga hampir semua tantangan dapat diselesaikan secara kekeluargaan.untuk memberikan motivasi kepada seluruh warga sekolah.

berprestasi tumbuh pada seluruh warga sekolah. Secara bertahap, pelan namun pasti, prestasi demi prestasi bermunculan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi, 

Kini tahun telah berlalu dan zamanpun telah berubah dan dirubah pula oleh adanya pandemi corona yang entah sampai kapan berakhir. Dalam suasana pandemi, SMA MUHAMMADIYAH terus dan tetap eksis memberikan harapan kepada orang tua bahwa hidup harus terus bergerak dan tetap memberikan yang terbaik bagi kehidupan. "Terbuang" hanyalah sebuah kata yang justru didalamnya banyak ada harapan yang begitu besar dan terang benderang akan arah tujuan anak2 kita kemana berlabuh. 

SMA MUHAMMADIYAH 2 SINGARAJA adalah sekolah sang pencerah yang senantiasa tetap memberikan harapan dan pencerah akan masa depan anak2 kita yang berlandaskan pada iman dan taqwa.

Visi Misi SMA Muhammadiyah 2 Singaraja

Visi Misi SMA Muhammadiyah 2 Singaraja

EdPenaMu

  Visi SMA Muhammadiyah 2 Singaraja :

"Insan Berkemajuan & Berakhlak Mulia"




Misi Sekolah :

  1. Melaksankan pendidikan dan pelayanan kepada siswa untuk membentuk diri yang mandiri, kritis dan berakhlak mulia. 
  2. Meningkatkan rasa keimanan melalui penghayatan dan pengamalan ajaran agama Islam, sebagai pedoman dalam berfikir, berkata dan bertindak; 
  3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan dengan efisien, efektif dan inovatif sehingga siswa menjadi kritis dan dapat berkembang dengan optimal. 
  4. Membina kerja sama yang saling menguntungkan dengan pihak-pihak terkait untuk mencapai tujuan. 
  5. Meningkatkan disiplin administrasi, mutupendidikan dan pengawasan yang berkesinambungan. 

Minggu, 11 Desember 2022

PR IPM SMAMUDA RAJA Gelar Berbagai Kegiatan Paska PAS GANJIL.

PR IPM SMAMUDA RAJA Gelar Berbagai Kegiatan Paska PAS GANJIL.

EdPenaMu
SMAMUDARAJA.SCH.ID. Memasuki jeda semester ganjil tahun ajaran 2022/2023, setelah mentuntaskan semua rangkaian Penilaian Akhir Semester Ganjil atau PAS dan agenda Remidi yang dijadwalkan selama sepekan setelah PAS, PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja menggelar kegiatan-kegiatan yang dikaitkan juga dengan Semarak Musyda PDM dan PDA Buleleng yang akan digelar bulan February nanti. 

Dengan diawali menggelar rapat mengundang Kepala Sekolah pada hari Senin (5/13) 2022, Ketua PR IPM SMA Muhammadiyah 2 Singaraja memaparkan rencana kegiatan Class Meeting yang akan mereka selenggarakan setelah pelaksanaan PAS dan Remidi ini. 

Kegiatan ini di bagi menjadi 2 tahap, yang pertama adalah kegiatan-kegiatan dimasa Remidi, dimana setiap harinya seluruh siswa masuk seperti biasa dipukul 07.00 dan diwarnai dengan Muraja'ah bersama selama 1 jam dan dilanjutkan dengan nasehat-nasehat yang disampaikan secara bergantian oleh waka-waka dan masing-masing wali kelas. Kemudian dilanjutkan dengan mengikuti Remidi bagi siswa yang remidi dan bersih-bersih bagih dan pengayaan bagi siswa yang tidak remidi. 

Memasuki tahap kedua dimulai hari Senin (12/12) 2022 dengan menggelar lomba-lomba antar kelas, kemudian dihari Selasa (13/12) dilanjutkan dengan menggelar Pelatihan Pertolongan Pertama bagi seluruh siswa yang akan disampaikan oleh salah satu relawan MDMC Buleleng yang telah tersertifikasi MFR yang diselenggarakan oleh BASARNAS Denpasar. 
Dalam rangka tetap menjaga kebersihan lingkungan Perguruan Muhammadiyah SD, SMP dan SMA, hari Rabu (14/12) akan digelar bersih-bersih lingkungan diarea Perguruan Muhammadiyah. Dan di penghujung hari pelaksanaan Class Meeting yaitu di hari kamis (15/12) akan dilaksanakan bersih-bersih di ex Pelabuhan Buleleng sebagai wujud syiar kita di lingkungan masyarakat Singaraja pada umumnya.

Selanjutnya pada hari jumat (16/12) 2022 akan dilaksanakan pembagian raport yang akan dihadiri oleh seluruh orang tua siswa SMA Muhammadiyah 2 Singaraja.

Sabtu, 10 Desember 2022

Semangat Berkemajuan mengakhiri Pengajian dan Pembinaan Bersama Oleh PDM Buleleng.

Semangat Berkemajuan mengakhiri Pengajian dan Pembinaan Bersama Oleh PDM Buleleng.

EdPenaMu


SMAMUDARAJA.SCH.ID. Memasuki akhir bulan Desember 2022, dipenghujung tahun ini, kembali PDM Buleleng menggelar Pengajian dan Pembinaan bagi seluruh guru dan pegawai pendidikan di perguruan Muhammadiyah Buleleng.

Pengajian dan pembinaan ini adalah bentuk dan wadah silaturahmi bagi seluruh pegawai dan guru yang mengabdi di perguruan Muhammadiyah Buleleng dari tingkat TK sampai SMA. Dalam pengajian ini Ketua PDM Buleleng ayahanda Ali Susanto, M.Pd, sering mengangkat tema-tema yang dapat memotivasi dan memberikan semangat kita dalam berMuhammadiyah khususnya didunia pendidikan.

Khusus untuk episode kali ini Sabtu (10/12) 2022 pengajian yang diadakan di Masjid Al Manar didalam kompleks Sekolah SD dan SMA Muhammadiyah mengambil tema " insan berkemajuan dan berakhlak mulia " yang sekaligus sebagai Visi SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, dan sekaligus juga SMA Muhammadiyah 2 Singaraja selaku tuan rumah pengajian kali ini.

Membuka pengajian pagi Sabtu ini ayahanda Ali memulai dengan memaparkan makna berkemajuan yang dimaksud dalam Visi SMA Muhammadiyah 2 Singaraja adalah bahwa Muhammadiyah berusaha menguraikan sikap yang selama ini membelenggu pemahaman islam dalam satu pandangan sempit anti perubahan. Ini memberi makna bahwa dalam berkemajuan kita harus open mainded atau terbuka dengan segala perubahan yang terjadi dan tidak kaku dalam bermuamalah.

Melanjutkan tauziah dalam kajian Sabtu ini yang merupakan pengajian terakhir di tahun 2022, kembali ayahanda Ali memaparkan ciri-ciri islam berkemajuan yang seharusnya diusung oleh semua AUM Pendidikan Muhammadiyah Buleleng ini.

Sebagai sekolah Muhammadiyah yang memiliki Visi mewujudkan  Insan berkemajuan dan berakhlak mulia yang memang senada dengan semangat berMuhammadiyah, kita wajib memiliki ciri-ciri sekolah yang berkemajuan yaitu antara lain :

1. Tauhid menjadi landasan kuat dalam berIslam tanpa embel-embel apapun.
2. Senantiasa setiap gerak dan aktifitasnya bersumber pada alquran dan sunnah.
3. Menghidupkan ijtihad dan tajdid.
4. Mengembangkan semangat Washatiyah. Islam Wasathiyah adalah Islam Berkemajuan, yang memiliki pengertian secara umum adalah jalan tengah, berada diantara dua sisi, tidak condong ke kiri atau condong ke kanan.
5. Mewujudkan rahmat bagi seluruh alam.

Dipenghujung pengajian ayahanda Ali menyampaikan bahwa tujuan dari Insan berkemajuan dan akhlak mulia seharusnya akan mencetak 2 karakter pelajar yaitu :

1. Pelajar Cerdas dengan ciri-ciri,
memiliki keberanian, objective, menerima kenyataan, menerima kesalahan dan siap menangguhkan keputusan atau keinginan.

2. Pelajar Berkemajuan yang memiliki ciri-ciri, memiliki nilai2 dasar pada dirinya, membangun relasi sosial dan kemanusiaan dan tidak akan melupakan nilai2 keagamaan.

Diakhir pengajian seluruh peserta pengajian dan pembinaan makan bersama sederhana namun penuh keakraban. 

Minggu, 04 Desember 2022

PKKS SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, Semangat Berkemajuan.

PKKS SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, Semangat Berkemajuan.

EdPenaMu

SMAMUDARAJA.SCH.ID. Tim Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) melakukan penilaian kerja kepala sekolah SMA Muhammadiyah 2 Singaraja pada Rabu, 30 November 2022

Tim Penilaian menerangkan bahwa PKKS merupakan penilaian kinerja kepala sekolah oleh tim Assessor dari tingkat provinsi melalui Kantor Cabang Dinas (KCD) dan Kabupaten.

Ibu Ketut Widawati, S.Pd., M.Pd juga menerangkan dua jenis yang dinilai dalam PKKS yaitu jenis penilaian formatif dan sumatif. Penilaian formatif dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Juli. Sedangkan penilaian sumatif pada bulan Juli sampai Desember.

Pada kesempatan pembukaan PKKS Widawati menyampaikan apresiasinya atas sambutan dan persiapan yang sudah dilakukan hari ini. 

Kepala sekolah SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, DM. Edy Suprayitno, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada tim Asesor PKKS Provinsi dan Kabupaten serta seluruh dewan guru.

"Kelihatan PKKS ini berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan, mudah-mudahan ke depan kita bisa memaksimalkan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, dan yang terpenting dalam PKKS ini adalah bukan bagaimana nilai yang akan kita dapatkan, tapi bagaimana kita melakukan pembenahan-pembenahan setelah penilaian ini"ungkap kepala sekolah.

Lanjut Pak Edy, masukan-masukan dari Asesor ke sekolah ini sangat berharga dan kami ucapkan terima kasih.

Dipenghujung PKKS disampaikan resume dari hasil penilaian oleh Ibu Widawati didampingi bu Marjani dan Kepala Sekolah. 

" saya ucapkan selamat kepada bapak-bapak dan ibu-ibu SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, karena di kali ketiga PKKS ini kami melihat perubahan yang sangat signifikan walau masih ada perbaikan-perbaikan yang harus dilakukan. Terus lakukan pembenahan dengan membuka komunikasi yang intensif antara Kepala Sekolah dan guru. Jangan menunda-nunda pekerjaan dan tetap komitmen." Pungkas bu Wida.