Minggu, 09 Oktober 2022

YUK, Literasikan Diri Dalam Keseharian Kita.

SMAMUDARAJA.SCH.ID. Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.(Google)

Di bulan Oktober yang merupakan Bulan Bahasa ini, mari kita semua selaku pendidik maupun yang dididik mencoba memahami apa itu Literasi sesungguhnya. 

Diatas telah kita ketahui bersama dari pencarian Google, Literasi adalah seperangkat kemampuan dan keterampilan individu bukan seperangkat BAKAT atau GIFT individu. Ini artinya Literasi itu harus dilatih, wajib diasah dan musti di sukai. Apa yang disukai? Ya bagian-bagian dari Literasi itu, Membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

Berbicara kemampuan dan ketrampilan, tentu sesuatu yang datangnya tidak tiba-tiba. Kemampuan dan Ketrampilan harus dicari, disukai lalu di asah terus menerus. Ketrampilan dan kemampuan membaca tidak melulu bahwa kita sudah bisa membaca, tapi bagaimana kita bisa memberi makna dan rasa kepada apa yang kita baca, sehingga kita paham dan orang yang mendengarpun ikut mendapat makna. Begitu juga ketrampilan berbicara dan menghitung, semua perlu dilatih secara bersungguh-sungguh dan terus menerus.

Dalam Literasi membaca, berbicara dan menghitung tidak hanya berhubungan dengan sebuah buku atau objek yang menjadi fokus kita saja, tapi Literasi sangat berhubungan dengan bagaimana kita memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sebagai contoh di era milenial seperti saat ini, WA atau WhatsApp yang sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Sudahkah kita melakukan Literasi yang baik dengan perangkat WA kita? Kadang kita sudah membaca pesan seseorang tapi kita tidak pernah memberi respon kepada apa yang sudah kita baca. Sama halnya saat kita berbicara atau memanggil seseorang, setelah berhadap-hadapan akhirnya keduanya membisu tanpa kata. 

Jadi, Literasi dalam kehidupan sehari-hari khususnya disekolah adalah tersenyum saat bertemu kawan atau guru, bertanya disaat menghadapi masalah didalam kelas, istiqamah atau terus menerus belajar sehingga kita mampu memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. 

EdPenaMu

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar