Sabtu, 24 September 2022

Menanti Nilai

Sepertinya, sebagian dari siswa pasti penasaran dengan hasil PTS 5 hari lalu. Kemungkinan juga cuek, atau pasrah berapapun nilai didapat siap menerima dengan lapang dada. 

Nilai sedang diproses, dikoreksi oleh guru, lalu akan diinformasikan ke masing-masing siswa. Agar lega mendapatkan nilai yang diharapkan. Atau malah sebagian malu untuk disebutkan. 

Hasil dari Penilaian Tengah Semester ini, dipaparkan murni alias nilai asli. Tak ada remidi. Jika ada yang mendapat nilai kurang dari ketuntasan minimal ya itu syukuri saja. Mungkin siswa tersebut sedang kurang maksimal belajar, atau sudah giat belajar namun kondisi psikis kurang baik.

Umumnya siswa dalam mengerjakan soal yang terjadi adalah sering tidak teliti atau grogi, kurang percaya diri apalagi. Bisa saja pengaruh teman sebelahnya, jawaban yang sudah pasti menjadi ragu untuk di silang.

Hal ini sering kali sebagian besar siswa dimanapun itu, menghadapi suatu ujian adalah hal yang menegangkan, atau ada saja siswa malah tak punya rasa khawatir sedikitpun tentang jenis soal yang akan mereka hadapi.  Tergantung dari penyikapan dan persiapan siswa tersebut.

Nilai Tengah Semester akan dilaporkan dalam bentuk penerimaan nilai raport tengah semester, yang siswa nanti akan mendapatkan selembar kertas berisi nilai, meliputi angka perolehan pengetahuan dan keterampilan. Nilai ini akan dikalkulasi dari penghimpunan nilai tugas, ulangan harian, praktek dan nilai sikap selama mengikuti pelajaran dikelas, serta keaktifan. Sehingga alhasil berupa nilai akhir dengan disertakan predikat A, B, C, atau D.

Raport Penilaian Tengah Semester akan diserah terimakan langsung kepada siswa untuk dilaporkan kepada orang tua, agar mengetahui perkembangan sejauh mana putra-putrinya menguasai pelajaran di sekolah. Semoga siswa SMA Muhammadiyah 2 Singaraja mendapatkan nilai yang terbaik. Aamiin.

fajar007.blogspot.com

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar