Jumat, 09 September 2022

1 = 2 Betulkah ?

Dalam suatu kesempatan, marilah kita coba perhatikan hal yang menarik pada suatu pola bilangan ini. Pak fajar adalah guru matematika, suatu ketika melihat angka unik, tapi ini boleh dibilang mengecoh, atau kalau diperhatikan dengan cara menyusun secara aljabar cukup masuk akal juga.

1 = 2, menurut anda, pasti yang namanya sama dengan cocoknya adalah a = a, atau harusnya a = b itu salah, bisa dibilang a tidak sama dengan b. Betul kan ? Jadi 1 = 2 itu pasti pernyataan yang salah. 

Lalu disini pak fajar, mencoba melalui beberapa permainan persamaan, menggunakan teori kuadrat, dan memadukan operasi bilangan pada ruas kanan maupun kiri, kita bisa lihat runtutan atau coretannya pada ilustrasi gambar dibawah ini :


Simak aja dengan seksama, paham atau tidak, jika diperhatikan baik-baik, algoritma dari pernyataan 1 = 2 itu akhirnya betul bahwa satu sama dengan dua. Bisa jadi kalau dibuat variabel a = b, x = y, atau jantan = betina, hehe.

Pada akhirnya, ini adalah sebuah permainan belaka, diolah sedemikian rupa bilangan tersebut, sehingga jadinya ibarat kedua bilangan jika disamakan akan menjadi bisa sama, karena permainan teori persamaan, persamaan kuadrat, dan menggunakan fungsi kuadrat. 

Semoga tidak bermanfaat, dan selalu semangat belajar sahabat smamudaraja. ๐Ÿ˜Š


fajar007.blogspot.com

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar