Rabu, 31 Agustus 2022

Nimbrung di Perpustakaan

Sepertinya mereka ini punya cara, untuk apa ? sekedar merebahkan badan dan meluruhkan kejenuhan. Sasaran tepat bagi siswa berteduh di perpustakaan. Dingin, tidak sama jika berada di ruang kelas, meskipun hanya nimbrung untuk mengulur waktu. Perpustakaan serasa rumah sendiri, Apalagi di jam panas saat siang hari.

Beberapa guru padahal sudah sering mengingatkan, agar usai sholat dhuhur lekas masuk kelas. Melahap makan siangnya, lanjut giat belajar lagi. Namun, mereka membalas teguran guru dengan senyum, nyengir tapi tetap ada nilai kesopanan. Memang, perpustakaan sejauh ini, jarang digunakan untuk tempat nongkrong akademik, malah lebih sering dipakai ajang nggosip siswa-siswi, tidur-tiduran, hingga lelap terbawa mimpi. Ada beberapa siswa seperti itu. 

Bercengkrama Di Perpustakaan
Guru pun akhirnya memaklumi, meski satu sisi geram melihat tingkah mereka itu, yang penting dalam batas kewajaran dan tahu etika sebagai siswa yang baik. Sebagaimana Jargon sekolah siswa berakhlak mulia. Wajar lelahnya mereka ini, Full Day School dari pukul 07.00 sampai 16.00. Di terjang lagi dengan hawa kota singaraja yang panas, gerah, 500 meter ke arah utara dekat pantai lokasi sekolah. Angin pantai memang sejuk, apalagi saat masuk celah jendela kelas, sepoi-sepoi terasa. Jika siswa meresponnya tidak baik, akan dirasa seperti pengantar tidur. Apalagi perpustakaan memang dingin, tidak sejuk tapi coll karena AC ada diruangan ini, bersebelahan dengan kantor guru. Pantas mereka sangat menikmati. 

Syukurnya siswa-siswi di kami, sangat menikmati proses pembelajaran ini, menerapkan Full Day Scholl telah berjalan  2 bulan lebih, sejak juli awal masuk tahun ajaran baru 2022-2023. Harapannya sekolah dengan cara seperti ini, agar maksimal siswa-siswi berada di sekolah. Dan tentunya 15 jam diluar sana bisa berkumpul bersama keluarga, sisanya 9 jam mengumpulkan ilmu di sekolah bersama guru. 

Semoga mereka semua sehat selalu, dan mendapatkan lindungan dari Allah SWT, Aamiin.

"Semangat selalu siswa-siswi smamudaraja"


fajar007.blogspot.com

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar