Senin, 23 Mei 2022

MERAWAT KADER DIUJUNG WAKTU

 Sekolah Kita

Oleh : Edy Suprayitno

Sudah sangat jamak ketika siswa kelas XII sudah menyelesaikan UJIAN AKHIR NASIONAL ( istilah dulu sebelum Covid 19 menyerang )  dan saat ini UAN atau UN sudah tidak ada lagi diganti UJIAN SEKOLAH atau US, anak-anak akan lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan ngobrol bersama kawan-kawan, mungkin ada yang bermain basket ( kalau ada lapangannya ) dan ada juga sebagian dari mereka habiskan waktu di kantin atau di perpustakaan. Dan itu mereka lakukan hampir setiap hari sampai mereka benar-benar selesai dan tamat dari sekolah. Begitu juga di SMA Muhammadiyah 2 Singaraja, nyaris juga sama dengan kebanyakan sekolah yang ada. Tidak ada yang salah dengan kebiasaan atau kondisi yang terjadi itu, karena semua mata pelajaran mereka sudah habis dan sudah selesai. 

Namun sebagai bagian dari Muhammadiyah sebagai organisasi besar yang mengusung Semangat Berkemajuan, tentu kita harus peka dan mampu memahami berkemajuan yang di maksud. Menjadi bagian dari Amal Usaha Pendidikan Muhammadiyah,  sekolah adalah gerbang utama proses pembelajaran dan kaderisasi yang dilakukan oleh Muhammadiyah. 

Dengan semangat Insan Berkemajuan dan Berakhlak Mulia, SMA Muhammadiyah 2 Singaraja mencoba memberikan pelayanan yang berbeda kepada siswa atau peserta didik kelas XII dengan memberikan berbagai materi yang sifatnya bisa menambahkan keterampilan maupun wawasan mereka disaat mereka nanti benar-benar sudah selesai dan tamat dari sekolah.

Selama empat pekan kedepan mereka akan diberikan materi-materi yang insyaaAllah diharapkan menambah kepercayaan diri mereka dan menagkap peluang-peluang yang mungkin mereka bisa tangkap dari berbagai materi yang diberikan. 

Materi-materi tersebut adalah materi Jurnalistik Dasar yang disampaikan oleh Yahya Umar yang merupakan seorang wartawan senior hingga saat ini. Selanjutnya materi-materi yang masih berhubungan dengan Jurnalistik, yaitu materi Fotografi Dasar dan pelatihan Design Photo Shop yang diharapkan setelah tamat mereka ada bekal yang berhubungan dengan tulis menukis dan fotography sekaligus mengeditnya.

Guna membekali diri mereka dengan semangat wirausaha dan kemampuan membaca peluang usaha, mereka kita bekali dengan semangat wirausaha dengan mengundang owner Coffee Ikhlas dan Shop Manager Atlantik Jaya yang sangat terkenal di Singaraja. Dan mendampingi mereka juga yaitu bagaimana membaca peluang bisnis melalui Media Sosial. 

Sebagai kader-kader Muhammadiyah yang akan tamat dan segera meninggalkan sekolah, untuk tetap menjadikan mereka kader-kader pelangsung dan penyempurna amanah perserikatan,  kita bekali hati dan fikiran mereka dengan motivasi-motivasi seperti bagaimana menapaki dunia perkuliahan dan melanjutkan pengkaderan melalui IMM tentu bagi yang akan kuliah, dan mengenang semangat mereka saat di IPM. 

Tak lupa khusus bagi kader-kader Ipmawati kita hadirkan bunda Dr. Maryam selaku ketua PDA Buleleng untuk sedikit membekali mereka dengan semangat keibuannya namun penuh dengan katangguhan. Sehingga mereka akan menjadi perempuan yang berani dan tangguh dalam menapaki kehidupan nyata nantinya. 

Dipenghujung kegiatan di akhir bulan April, mereka akan kita sirami dengan nasehat-nasehat agama bahwa sejatinya kesuksesan itu semata-mata bisa diraih hanya bersama iman. 


EdPenaMu

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar